Selain Kekuatan, Kepribadian Si Pembela ISFJ juga Punya Kelemahan, Apa Saja?
Karakter ISFJ sang Pembela. (16 Personality)
13:22
1 April 2024

Selain Kekuatan, Kepribadian Si Pembela ISFJ juga Punya Kelemahan, Apa Saja?

- Kepribadian seseorang tidak hanya mencerminkan bagaimana mereka berinteraksi dengan dunia, tetapi juga memengaruhi bagaimana mereka memahami dan menanggapi lingkungan sekitarnya. Salah satu tipe MBTI yang menarik untuk dijelajahi adalah ISFJ, atau yang lebih dikenal sebagai "Sang Pembela." ISFJ memiliki karakteristik yang unik dan menarik, serta kekuatan dan kelemahan yang perlu dipahami lebih dalam.

Melansir dari 16Personalities, berikut kekuatan tipe kepribadian ISFJ:

1. Suportif

ISFJ senang membantu orang lain dan suka berbagi pengetahuan serta perhatian kepada siapa pun yang memerlukannya. Mereka cenderung memilih kerja sama tim daripada persaingan, berusaha menciptakan win-win solutions untuk semua pihak.

2. Dapat Diandalkan

Kepribadian ISFJ cenderung teliti dan hati-hati daripada melakukan tugas secara sporadis dan penuh semangat, yang bisa membuat segala sesuatu setengah selesai.

Mereka konsisten dalam pendekatannya, memastikan pekerjaan dilakukan dengan standar tinggi, bahkan melebihi yang diharapkan. Lebih lanjut, banyak ISFJ yang merasa bahwa mempertahankan disiplin dan keandalan menjadi lebih mudah seiring berjalannya waktu.

3. Observant

ISFJ memiliki bakat dalam memperhatikan hal-hal, terutama tentang orang lain. Mereka dapat menangkap detail-detail kecil dari perkataan dan tindakan seseorang, memberikan wawasan yang tak terduga tentang kehidupan dan emosi orang lain.

4. Antusias

Ketika memiliki tujuan yang jelas, ISFJ menggunakan semua bakat mereka untuk mengabdi pada sesuatu yang diyakini akan membawa perubahan positif dalam kehidupan masyarakat.

5. Pekerja Keras

ISFJ tidak hanya menyelesaikan tugas mereka, mereka bangga melakukan lebih dari yang diharapkan. Mereka sering kali memiliki keterikatan emosional terhadap proyek dan organisasi tempat mereka berdedikasi, dan mereka tak kenal lelah sampai mereka melakukan bagian mereka, bahkan untuk membantu.

6. Keterampilan Praktis yang Baik

Kepribadian ISFJ menggabungkan sifat altruistik dan kepraktisan yang jarang ditemukan. Mereka tidak hanya berkeinginan untuk membantu orang lain. Mereka bertindak dengan sukarela, siap menyingsingkan lengan baju dan melakukan yang diperlukan untuk mendukung teman, keluarga, dan siapa pun yang memerlukannya.

Kelemahan ISFJ

1. Terlalu Rendah Hati

Karena kepedulian mereka terhadap perasaan orang lain, ISFJ mungkin enggan untuk mengungkapkan pikiran mereka sendiri atau menerima penghargaan yang seharusnya mereka terima atas kontribusinya.

Mereka seringkali meremehkan usaha sendiri ketika merasa bahwa mereka bisa melakukan beberapa bagian kecil dari tugas dengan lebih baik.

2. Mengambil Segala Sesuatu Secara Pribadi

Meskipun mereka cenderung menyembunyikannya, ISFJ sangat sensitif terhadap pendapat orang lain. Mereka bisa merasa tidak seimbang jika tidak dihargai, disetujui, atau disetujui oleh orang lain.

Ketika dihadapkan pada kritik atau ketidaksepakatan, bahkan jika bermaksud baik, ISFJ mungkin merasa seperti sedang diserang secara pribadi.

3. Menahan Perasaan Mereka

Orang dengan kepribadian ISFJ cenderung introvert dan menyimpan perasaan mereka sendiri, terutama yang negatif. Ini bisa menyebabkan ketidakpahaman dalam hubungan mereka.

Akhirnya, semua perasaan dan kebencian yang mereka tahan bisa meledak tiba-tiba dalam bentuk frustrasi yang tidak biasa bagi mereka.

4. Enggan Berubah

ISFJ merupakan salah satu tipe kepribadian yang paling sulit beradaptasi dengan perubahan. Merusak tradisi bukanlah hal yang mudah bagi individu yang konsisten ini, yang sangat menghormati sejarah dan norma yang telah ada.

Ketika perubahan dibutuhkan, mereka mungkin menunggu sampai situasi mencapai titik puncaknya sebelum mereka melakukan perubahan.

5. Terlalu Altruistik

Karena sifat murah hati dan memberi, ISFJ rentan dimanfaatkan oleh orang lain. Mereka mungkin kesulitan menghadapi konflik atau melawan orang yang kurang berupaya.

Faktanya, ISFJ adalah tipe kepribadian yang cenderung lebih memilih untuk membereskan kekacauan orang lain daripada menghadapinya secara langsung.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #selain #kekuatan #kepribadian #pembela #isfj #juga #punya #kelemahan #saja

KOMENTAR