Apakah Waktu Lailatul Qadar Itu Habis Tarawih atau di Sepertiga Malam? Ustadz Adi Hidayat Ungkap Waktunya
Ustadz Adi Hidayat (YouTube/Adi Hidayat Official)
18:32
29 Maret 2024

Apakah Waktu Lailatul Qadar Itu Habis Tarawih atau di Sepertiga Malam? Ustadz Adi Hidayat Ungkap Waktunya

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah dan kemuliaan dalam bulan Ramadhan. Pada malam ini para umat Islam berlomba-lomba untuk melakukan amal sholeh demi mendapatkan rahmat, ampunan, karunia, pahala, dan syafaat.

Diketahui, pada malam Lailatul Qadar suasana bumi akan terasa lebih tenang dan tentram dari malam lain-lainnya. Waktu kedatangan malam Lailatul Qadar memang tidak diketahui pastinya, namun kesempatan untuk mendapatkannya bisa dilakukan dengan beribadah sepanjang bulan Ramadhan.

Lantas kapan waktu Lailatul Qadar apakah setelah tarawih atau sepertiga malam?

Merujuk pada tayangan Youtube Ustadz Adi Hidayat, ia menjelaskan kalau waktu lailatul qadar dimulai setelah waktu isya tiba.

"Waktu Lailatul Qadar, malam itu dibatasi dari mulai Ba'da isya', di Indonesia Ba'da isya' setengah 8 taruhlah bisa 08.00 itu terbentang luas sampai ke menjelang fajar," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menerangkan bahwa waktu Lailatul Qadar terbentang luas hingga menjelang terbitnya fajar.

"Kalau bahasa Al Quranannya langsung di surah Al Qadar, lihat ujung ayatnya, malam Al Qadar itu terbentang luas sampai menjelang fajar," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, para sahabat nabi menghidupkan malam-malam Ramadhan untuk mengejar lailatul Qadar dengan memperbanyak membaca Al Quran ataupun shalat sunnah.

Sementara ada juga yang setelah shalat tarawih beristirahat terlebih dahulu kemudian bangun lagi untuk ibadah.

"Ada sebagian orang zaman sekarang mengejar puncaknya saja, jadi tarawih istirahat, bangun lagi malamnya. orang dulu banyak istirahat di siangnya sehingga malamnya bisa hidup sampai dengan ke ujungnya," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #apakah #waktu #lailatul #qadar #habis #tarawih #atau #sepertiga #malam #ustadz #hidayat #ungkap #waktunya

KOMENTAR