Oki Setiana Dewi Mondok di Mana? Kini Adabnya Makan di Depan Orang Puasa Jadi Bulan-bulanan
Oki Setiana Dewi [Instagram]
16:40
18 Maret 2024

Oki Setiana Dewi Mondok di Mana? Kini Adabnya Makan di Depan Orang Puasa Jadi Bulan-bulanan

Dikenal sebagai pendakwah, adab Oki Setiana Dewi kini sedang menjadi bulan-bulanan warganet. Pasalnya di konten vlog Ria Ricis, terlihat Oki yang tidak ragu menyantap makanan di depan orang puasa.

“Umma makan? Umma makan? Sekarang jam berapa Umma? Bukanya 18.10 Umma, ini masih 18.02, Umma,” ujar Ricis saat melihat kakaknya asyik mengunyah makanan beberapa menit sebelum azan Maghrib berkumandang, dikutip dari kanal YouTube-nya pada Senin (18/3/2024).

Ricis bahkan sempat beristighfar, tetapi Oki tetap asyik makan. Tampaknya Oki memang sedang berhalangan untuk menjalani puasa Ramadhan, dan dia berkilah belum makan sejak siang.

Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis. (Instagram/@okisetianadewi)Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis. (Instagram/@okisetianadewi)


Tak heran jika sosok Oki mencuri perhatian banyak pihak, termasuk memunculkan pertanyaan di manakah Oki mondok atau belajar agama Islam hingga bisa menjadi ustazah seperti sekarang?

Namun setelah ditelusuri dari berbagai sumber, pendakwah kelahiran 13 Januari 1989 itu ternyata tidak pernah menempuh pendidikan agama Islam di pondok pesantren. Meski begitu, Oki memiliki rekam jejak mentereng, baik di sektor pendidikan formal maupun nonformal.

Oki menempuh pendidikan S1-nya di Program Studi Sastra Belanda, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2012. Setelah itu, Oki melanjutkan pendidikan ke S2 Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Jakarta dan lulus pada tahun 2016.

Oki Setiana Dewi di kawasan Darmawangsa, Jakarta, Rabu (1/11/2023). [Suara.com/Yoga]Oki Setiana Dewi di kawasan Darmawangsa, Jakarta, Rabu (1/11/2023). [Suara.com/Yoga]

Lalu Oki juga menempuh pendidikan S3 Program Doktor Kajian Islam Konsentrasi Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dan lulus pada tahun 2021, serta S3 Program Doktor Ilmu Al Quran dan Tafsir Konsentrasi Pendidikan Berbasis Quran Institut PTIQ Jakarta dan lulus pada tahun 2022.

Di luar itu, Oki memiliki riwayat panjang terkait pendidikan agama Islam, seperti mengikuti pendidikan Hafalan Quran di Rumah Tahfidz Al Quran Darut Tarbiyah Depok (2012), dan Mustami Bahasa Arab Lembaga Bahasa Universitas Umm Al Qura Makkah (2012).

Oki Setiana Dewi (Instagram/@okisetianadewi)Oki Setiana Dewi (Instagram/@okisetianadewi)


Lalu pada tahun 2017, Oki mengikuti Muslim Exchange Program Indonesia-Australia, Study Trip Germany dari beasiswa Goethe Institute, serta perwakilan tokoh Indonesia dari 3 negara “A Tile For Seville” untuk pembangunan Masjid Seville, Spanyol.

Kemudian pada tahun 2019, Oki mengikuti Talaqqi Al Quran bersanad dengan Syaikh Mahmud Abdul Aziz Al Ads riwayat Hafs An-Ashim serta Talaqqi Al Quran bersama Syaikh Abdelrahman Munis Allataithy riwayat Hafs An-Ashim. Tahun berikutnya, Oki mengikuti Talaqqi Al Quran bersama Syaikh DR Arif Whardani riwayat Hafs An-Ashim.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #setiana #dewi #mondok #mana #kini #adabnya #makan #depan #orang #puasa #jadi #bulan #bulanan

KOMENTAR