Anda Seorang INFJ yang Sering Merasa Kesepian? Pahami 3 Tips Ini untuk Ciptakan Hidup Lebih Terbuka dan Bahagia
ilustrasi seorang INFJ (introvertspring.com)
09:02
15 Maret 2024

Anda Seorang INFJ yang Sering Merasa Kesepian? Pahami 3 Tips Ini untuk Ciptakan Hidup Lebih Terbuka dan Bahagia

– Meski sensitif dan suka membantu banyak orang, INFJ merasa kesulitan untuk menjalin sebuah hubungan pertemanan yang mendalam.

Sifat perfeksionisme mereka yang tinggi ditambah dengan ketidakpercayaan terhadap orang baru yang masuk ke kehidupan mereka, membuat mereka akhirnya sulit mendapatkan seorang teman.

Kesulitan dalam menjalin pertemanan yang mendalam inilah yang akhirnya membuat rasa sepi terkadang hadir begitu saja ke kehidupan seorang INFJ.

Mengatasi kesepian INFJ juga merupakan hal yang sulit. Mereka merasa tidak ada yang bisa mengerti mereka dan merasa sendirian dalam cara berpikir mereka.

Meski begitu, jika Anda salah seorang INFJ, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, berbagai penelitian untuk menaklukkan rasa sepi sudah banyak di ekspose.

Salah satunya, seperti sebuah tinjauan oleh para peneliti di University of Chicago, yang menemukan bahwa menargetkan proses berpikir negatif adalah kunci untuk menaklukkan kesepian.

"Intervensi yang efektif bukan tentang menyediakan orang lain untuk berinteraksi, memberikan dukungan sosial, atau mengajarkan keterampilan sosial, melainkan tentang mengubah cara orang yang merasa kesepian dalam memandang, memikirkan, dan bertindak terhadap orang lain," kata John Cacioppo, PhD, profesor psikologi di University of Chicago.

Dilansir dari introvertspring.com, Jumat (15/3), jika Anda ingin menaklukkan kesepian, pertama-tama Anda harus menyingkirkan keraguan dan kritik dari dunia luar terlebih dahulu.

Jadikan diri Anda sendiri sebagai pendukung terbesar Anda. Sebab, hanya Anda yang bisa memutuskan apakah kesepian itu akan membuat Anda lemah atau justru mendorong Anda untuk meraih impian Anda.

Selain itu, dalam jurnal tersebut juga disebutkan ada beberapa strategi yang direkomendasikan untuk dilakukan INFJ dalam mengatasi rasa kesepiannya, diantaranya:

1. Mulailah proses untuk menaklukkan kesepian dengan mengalihkan fokus Anda. Catatlah hal-hal yang membuat Anda bahagia, sekecil apa pun itu dan berapa lama pun itu berlangsung.

2. Libatkan diri Anda dalam melakukan aktivitas apa pun yang akan mengalihkan pola pikir Anda jauh dari rasa kesepian.

Jika Anda sedang mengerjakan sebuah proyek atau hobi, berikanlah sentuhan kreatif INFJ. Buatlah hal itu menarik, dan tambahkan aturan baru untuk membuatnya menyenangkan.

3. Berusahalah untuk berada di sekitar orang-orang yang akan sepenuhnya memahami apa yang Anda alami.

Arahkan usaha Anda untuk menjadwalkan pertemuan-pertemuan dengan orang-orang introvert atau INFJ lainnya jika memungkinkan.

Bergabung dengan grup, kelompok atau forum online juga bisa membantu. Meskipun tidak ada yang bisa menggantikan nilai dari interaksi secara langsung.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #anda #seorang #infj #yang #sering #merasa #kesepian #pahami #tips #untuk #ciptakan #hidup #lebih #terbuka #bahagia

KOMENTAR