Hari Perempuan Internasional, Melanie Subono Beri Pesan Ini Demi Kemajuan Perempuan di Indonesia
Melanie Subono. (Suara.com/Lilis Varwati)
08:31
9 Maret 2024

Hari Perempuan Internasional, Melanie Subono Beri Pesan Ini Demi Kemajuan Perempuan di Indonesia

Dalam Rangka Hari Perempuan Internasional, Musisi dan aktivis Melanie Subono menyebut masih ada sederet ketidakadilan yang diterima banyak perempuan sampai hari ini. 

Meski jika dilihat dalam gambaran besar, perempuan kini sudah memiliki banyak kemajuan karena bisa menyamakan perannya dengan laki-laki, di sisi lain banyak pula kemunduran yang dirasakan.

"First, banyak hal yang perempuan dulu mungkin enggak bisa lakukan ya sekarang sudah. Perempuan bisa CEO, perempuan pernah jadi presiden, ya walaupun begitu. Sudah bisa jadi hal-hal yang sebelumnya enggak bisa gitu, tapi on the other hand banyak kemunduran gitu," pungkasnya dalam wawancara bersama Suara.com belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, saat ini perempuan masih kerap mengalami pelecehan di berbagai bidang. Bahkan, perempuan juga sulit mendapatkan haknya karena berbagai tekanan dari orang-orang di sekitarnya. 

Lebih parahnya lagi, kata Melanie, hal ini dilakukan pada sesama perempuan. Belum lagi dengan lebih banyaknya laki-laki sebagai pengambil kebijakan, membuat UU yang ada tidak terawasi dengan baik. Di mana perempuan hanya diletakkan sebagai syarat minimum angka yang ada di pemerintahan.

"Jadi sebenarnya itu harus kompakin perempuannya dulu gitu, enggak bisa terus-terusan salahin laki atau salahin lingkungan atau salahin keadaan," ujarnya.

Karena itulah Melanie mengajak setiap perempuan untuk bisa menghargai dirinya sendiri dan perempuan lain di sekitar mereka untuk bisa kuat dan bersatu. Perempuan juga harus percaya diri bahwa dirinya hebat dan mampu.

Ia sangat menyangkan jika sampai hari ini masih ada perempuan yang menjatuhkan sesama perempuan. Jika hal tersebut terjadi, Melanie mengatakan jika sebaiknya segera temui ahli karena bisa jadi perempuan tersebut memiliki rasa insecure atau tidak aman pada dirinya sendiri. 

"Kalau nggak (hebat), Tuhan nggak akan ngasih mens, hamil, segala macam ke perempuan. Dikasih ke kita karena kita kuat, karena kita bisa, karena kita hebat. Dan sekarang tidak akan ada kemajuan di Indonesia, baik undang-undangnya, baik soal di medsos l, dari kecil atau besar kalau tidak perempuannya. Sesama perempuan menguatkan dan support perempuan," tutup dia.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #hari #perempuan #internasional #melanie #subono #beri #pesan #demi #kemajuan #perempuan #indonesia

KOMENTAR