Hindari 8 Hal Berikut Pasca Chemical Peeling, Simak untuk Memperoleh Hasil yang Optimal
Ilustrasi wajah kemerahan setelah menjalani prosedur chemical peeling./ freepik
15:12
8 Maret 2024

Hindari 8 Hal Berikut Pasca Chemical Peeling, Simak untuk Memperoleh Hasil yang Optimal

Chemical peeling merupakan salah satu prosedur kosmetik medis yang populer, dimana prosedur ini bertujuan untuk mengangkat lapisan kulit terluar yang rusak atau mati.

Dalam proses chemical peeling, produk perawatan wajah kimia dioleskan pada wajah untuk mengelupas lapisan kulit atas guna memperbaiki tekstur, warna, dan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

Setelah menjalani prosedur chemical peeling, kulit biasanya akan mengalami kemerahan, pengelupasan, dan bahkan sedikit pembengkakan.

Untuk memastikan hasil yang optimal dan mencegah kemungkinan adanya infeksi, sangat penting bagi Anda untuk menghindari beberapa hal tertentu selama periode pasca melakukan perawatan.

Dengan mematuhi panduan ini, Anda dapat membantu kulit Anda pulih dengan baik dan mengoptimalkan hasil dari perawatan wajah chemical peeling yang telah Anda jalani.

Dilansir dari dr Jack Peterson psda Jumat (8/3), berikut merupakan 8 hal yang perlu Anda hindari pasca melakukan prosedur chemical peeling pada wajah Anda.

1. Hindaru Paparan Matahari

Penting untuk menghindari sinar matahari langsung setidaknya selama dua minggu setelah prosedur chemical peeling.

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, yang dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut

2. Hindari Eksfoliasi

Hindari segala jenis eksfoliasi selama dua minggu setelah prosedur chemical peeling dilakukan. Pasalnya hal ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan lebih lanjut.

Ini termasuk penggunaan eksfoliasi fisik seperti scrub, serta pengelupasan kimia seperti asam alfa hidroksi (AHAs), retinol, atau asam beta hidroksi (BHAs).

3. Hindari Mandi Air Panas

Hindari paparan air panas yang bisa menyebabkan iritasi dan peradangan kulit. Anda juga disarankan untuk menghindari paparan panas langsung seperti sauna, ruang uap, dan bak mandi air panas.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan kompres dingin ke kulit Anda setelah perawatan chemical peeling untuk membantu mengurangi peradangan dan kemerahan.

4. Hindari Menyentuh dan Mengelupas Kulit

Usai menjalani prosedur chemical peeling, kulit Anda akan mengering dan mengelupas. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk mengupas kulit yang kering ini, sebaiknya jangan melakukannya karena bisa menyebabkan infeksi dan bekas luka.

Disarankan untuk tidak menyentuh wajah Anda sesering mungkin setelah perawatan karena tangan Anda bisa menyebarkan kuman dan menyebabkan timbulnya noda.

5. Hindari Penggunaan Makeup

Penggunaan makeup sebaiknya dihindari selama 24 jam setelah prosedur ini dilakukan. Pasalnya, penggunaan makeup dapat menyebabkan iritasi dan peradangan lebih lanjut.

Jika Anda harus menggunakan makeup, kami menyarankan untuk menggunakan makeup berbasis mineral yang bebas dari pewangi, pewarna, dan minyak.

6. Hindari Berenang

Anda sebaiknya tidak berenang di kolam renang setidaknya selama satu minggu setelah prosedur chemical peeling. Hal ini karena air di kolam renang bisa mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit yang masih sensitif setelah prosedur.

7. Hindari Perawatan Wajah Lainnya

Penting untuk tidak melakukan perawatan wajah lainnya seperti facial, waxing, atau perawatan laser setidaknya selama dua minggu setelah prosedur.

Perawatan kosmetik ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan tambahan pada kulit.

8. Hindari Konsumsi Alkohol dan Merokok

Pasca menjalani chemical peeling, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman alkohol dan tidak merokok selama 24 jam.

Hal ini disarankan, karena alkohol dan merokok dapat menyebabkan iritasi dan peradangan tambahan pada kulit yang sudah sensitif akibat prosedur tersebut.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #hindari #berikut #pasca #chemical #peeling #simak #untuk #memperoleh #hasil #yang #optimal

KOMENTAR