Dominan dan Pantang Menyerah, Inilah Kelebihan serta Kekurangan Orang dengan Tipe Kepribadian ENTJ
Dominan dan Pantang Menyerah, Inilah Kelebihan serta Kekurangan Orang dengan Tipe Kepribadian ENTJ. (Sumber foto: 16personalities.com)
13:42
4 Maret 2024

Dominan dan Pantang Menyerah, Inilah Kelebihan serta Kekurangan Orang dengan Tipe Kepribadian ENTJ

 -   Tahukah kamu, bahwa ENTJ merupakan tipe kepribadian dengan sifat Ekstravert, Intuitif, Berpikir, dan Menilai, dimana mereka adalah orang-orang tegas yang dominan, tidak kenal ampun, serta pantang menyerah.

Dilansir dari laman 16personalities.com, ENTJ mempraktekkan otoritas dengan cara yang menyatukan banyak orang untuk mencapai tujuan bersama, namun mereka memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan ENTJ

1. Efisien

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ (Komandan) melihat inefisiensi bukan hanya sebagai sebuah masalah tetapi sebagai sesuatu yang menghabiskan waktu dan mereka akan membasmi perilaku seperti itu.

2. Energik

Kepribadian ENTJ menjalankan tanggung jawab mereka dengan penuh semangat dan bukanlah tipe orang yang menghindar dari jadwal sibuk atau tantangan yang rumit.

3. Percaya Diri  

ENTJ umumnya menyatakan pendapat, percaya pada kemampuan mereka dalam menyelesaikan sesuatu dan mereka adalah tipe kepribadian yang paling mungkin merasa percaya diri menghadapi tantangan hidup sehari-hari.

4. Berkemauan Kuat dan Pemikir Strategis  

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ tidak menyerah ketika keadaan menjadi sulit, dan terus-menerus berusaha mencapai tujuan mereka, selain itu mereka mampu memberikan contoh perbedaan antara manajemen krisis dari waktu ke waktu.

 

5. Karismatik dan Menginspirasi

Semua kekuatan yang tercantum di atas digabungkan untuk menciptakan individu yang mampu menginspirasi dan menyemangati orang lain, dan hal ini pada gilirannya membantu ENTJ mencapai tujuan mereka yang paling ambisius, yang tidak akan pernah bisa diselesaikan sendirian.

Kekurangan ENTJ

1. Keras Kepala dan Dominan

Terkadang kepercayaan diri dan kemauan keras ini bisa berlebihan, mereka mampu berusaha sekuat tenaga, memenangkan setiap perdebatan, dan hanya memaksakan visinya tanpa mempertimbangkan masukan orang lain.

2. Intoleransi

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ terkenal tidak mendukung ide-ide yang mengalihkan perhatian dari tujuan utama serta tidak akan ragu untuk menjelaskan fakta tersebut kepada orang-orang di sekitar mereka.

3. Ketidaksabaran

Beberapa orang membutuhkan lebih banyak waktu untuk berpikir dibandingkan yang lain, namun jika terjadi sebuah penundaan, ini tidak dapat ditoleransi bagi kepribadian ENTJ yang berpikir cepat.

4. Sombong dan Penanganan Emosi yang Buruk

ENTJ menghargai pemikiran yang cepat dan keyakinan yang teguh dan mungkin meremehkan mereka yang tidak sejalan, selain itu mereka sering kali menginjak-injak perasaan orang lain, tanpa sengaja menyakiti pasangan dan temannya, terutama dalam situasi yang penuh emosi.

5. Dingin dan Kejam

Obsesi mereka terhadap efisiensi dan keyakinan teguh pada manfaat rasionalisme, terutama dalam bidang profesional, membuat ENTJ tidak peka dalam mengejar tujuan mereka.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #dominan #pantang #menyerah #inilah #kelebihan #serta #kekurangan #orang #dengan #tipe #kepribadian #entj

KOMENTAR