Sebabkan Rasa Gatal: Ketahui Makanan yang Harus Dihindari saat Sakit Tenggorokan, Cegah Sakit yang Lebih Parah
Ilustrasi perempuan yang sedang sakit tenggorokan. (Freepik)
15:46
25 Oktober 2024

Sebabkan Rasa Gatal: Ketahui Makanan yang Harus Dihindari saat Sakit Tenggorokan, Cegah Sakit yang Lebih Parah

- Virus, bakteri, alergi, dan lingkungan yang kurang baik dapat menyebabkan sakit tenggorokan hingga membuat seseorang jadi sulit untuk makan. Menelan makanan dapat memperparah gejala dan membuat tenggorokan semakin terasa nyeri.

Makanan dan minuman tertentu dapat memperparah gejala sakit tenggorokan. Umumnya, makanan ini adalah jenis makanan yang dapat menyebabkan rasa gatal saat ditelan, pedas, asam, atau mengandung banyak susu.

Dilansir dari Verywell Health, inilah 6 jenis makanan dihindari saat sakit tenggorokan.

1. Makanan yang renyah, kering, dan keras

Saat sakit tenggorokan, sebaiknya menghindari makanan ini. Jenis makanan akan menyulitkan dan menyakitkan ketika ditelan. Makanan seperti keripik, kerupuk, pretzel, kacang-kacangan, sereal kering dingin, dan sayuran mentah perlu kamu hindari.

Makanan ini bukanlah makanan terbaik sampai sakit tenggorokan yang kamu alami mereda.

2. Buah dan jus yang bersifat asam

Makanan dan minuman yang bersifat asam dapat membuat rasa sakit pada iritasi yang terjadi di tenggorokan. Hal ini dapat memperparah rasa terbakar saat tenggorokan sakit.

Beberapa contoh buah dan jus yang sangat asam adalah anggur, jeruk bali, nanas, dan jeruk. Saus tomat juga perlu dihindari karena bersifat asam.

3. Bumbu dan rempah pedas

Meskipun kamu memiliki tingkat toleransi yang tinggi terhadap rasa pedas, sebaiknya hindari makanan ini saat sakit tenggorokan. Hindari saus pedas, salsa, cabai rawit, dan bubuk cabai ke dalam makanan.

Bumbu dan rempah ini bersifat asam dan pedas yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan menjadi tambah parah. Untuk sementara waktu, jaga makanan kamu tetap hambar sampai sakitnya membaik.

4. Produk olahan susu

Terlalu banyak susu dapat membuat lendir terasa lebih kental. Hal ini akan semakin memperparah sakit tenggorokan. Hindarilah minum atau makan produk olahan susu, kecuali yoghurt. Kamu bisa membatasi konsumsi susu, keju, dan es krim sampai sakit tenggorokan mereda.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #sebabkan #rasa #gatal #ketahui #makanan #yang #harus #dihindari #saat #sakit #tenggorokan #cegah #sakit #yang #lebih #parah

KOMENTAR