Lelah jadi Orang yang Pelupa? Berikut 7 Tips untuk Meningkatkan Memori yang Bisa Kamu Terapkan
Ilustrasi orang pelupa. (Pexels)
11:58
25 Oktober 2024

Lelah jadi Orang yang Pelupa? Berikut 7 Tips untuk Meningkatkan Memori yang Bisa Kamu Terapkan

- Dari banyaknya orang di dunia ini, tentu ada orang yang benar-benar pelupa atas segala sesuatu. Dalam hal janjian dengan orang lain, melakukan sebuah kegiatan atau menyelesaikan tugas dari sekolah atau kantor.

Perilaku pelupa ini tentunya bisa menghambat kehidupan jika keterlaluan. Selain itu, sifat pelupa juga tidak baik jika dipertahankan dalam hubungan pertemanan sosial. Akan ada perselisihan akibat sifat pelupa mu, meski kamu tidak bermaksud untuk melupakan.

Kamu mungkin jadi satu di antara banyak orang yang pelupa tersebut. Tentunya, kamu ingin jadi orang yang tidak mudah lupa lagi seperti sebelumnya. Ternyata, ada juga usaha yang bisa kamu lakukan untuk bisa meningkatkan memorimu. Demi bisa meningkatkan memori dan jadi tidak pelupa lagi, kamu bisa melakukan berbagai usaha ini.

Kamu bisa memulai berbagai usaha ini dari esok hari. Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut ini 7 tips meningkatkan memori yang bisa kamu lakukan:

1. Banyak Kegiatan Fisik

Tips meningkatkan memori pertama adalah dengan melakukan banyak kegiatan fisik. Kegiatan fisik disinyalir dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan bisa membantu memori menjadi tajam.

Kegiatan fisik atau olahraga tentu penting bagi tubuh manusia. Selain untuk kesehatan, kegiatan fisik ini juga bisa meningkatkan kesehatan otak dengan berkembangnya protein tertentu. Kamu bisa mulai banyak kegiatan fisik demi meningkatkan memori.

2. Asah Pikiran dan Meditasi

Tips selanjutnya yang juga bisa kamu terapkan demi meningkatkan memori adalah dengan asah pikiran dan juga meditasi. Kamu bisa melakukan kegiatan mengasah pikiran seperti membaca buku, bermain catur dan masih banyak lagi demi bisa menjaga otak tetap bekerja optimal.

Selain asah pikiran, tak lupa kamu juga memberi makan otakmu dengan melakukan meditasi. Kamu bisa meluangkan waktu beberapa saat dalam sehari atau seminggu untuk meditasi. Dalam prosesnya, meditasi membuat diri menjadi tenang dan rileks.

3. Atur Benda dan Kegiatan

Tips ketiga yang bisa kamu kerjakan demi meningkatkan memori. Dalam keseharian, kamu bisa mengatur benda dan kegiatan yang akan kamu kerjakan sesuai dengan dirimu sendiri. Memiliki susunan kegiatan berantakan atau barang berserakan bisa memperparah sifat pelupa.

Oleh karenanya, kamu bisa menata barang di rumah dengan baik. Misalnya, kamu meletakkan barang yang perlu digunakan setiap hari di satu tempat yang sama. Kamu juga bisa membuat rencana jadwal dan pengingat di ponsel agar tidak ketinggalan.

4. Istirahat yang Cukup

Tips keempat yang juga termasuk dalam hal yang bisa meningkatkan memorimu adalah istirahat yang cukup. Kekurangan tidur ternyata bisa berpengaruh pada kehilangan ingatan.

Kamu bisa mulai tidur dalam porsi jam yang disarankan dan memastikan proses tidur yang nyaman dan sehat. Untuk orang dewasa, kamu disarankan untuk tidur sekitar tujuh sampai sembilan jam dalam sehari.

5. Fokus pada Sedikit Hal

Tips kelima yang juga bisa kamu terapkan adalah dengan fokus pada lebih sedikit hal. Sebagai seorang pelupa, semakin banyak mengerjakan sesuatu dalam satu waktu malah memperparah sifat pelupa tersebut. Kamu harus mulai menanamkan pemikiran untuk fokus pada apa yang kamu kerjakan sekarang.

Kurangi distraksi dengan tidak memikirkan atau berusaha mengerjakan sesuatu yang lain di waktu yang sama. Begitupun dengan mengingat sesuatu, kamu harus fokus pada satu hal tersebut dan menghindari untuk memikirkan banyak hal di satu waktu.

6. Kurangi Asupan Tidak Baik

Tips keenam yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan memori adalah dengan mengurangi asupan tidak baik. Yang dimaksud dengan asupan tidak baik adalah bahwa ada beberapa makanan yang bisa memperburuk kehilangan ingatan.

Kamu bisa mulai dengan mengurangi asupan gula dan karbohidrat dalam makanan. Konsumsi gula berlebih bisa berujung pada buruknya kemampuan ingatan. Begitupun dengan karbohidrat dalam bentuk nasi putih, kukis, roti, kue dan masih banyak lagi yang bisa kamu kurangi.

7. Konsumsi Suplemen

Terakhir, tips yang tentunya bisa kamu terapkan adalah dengan mengonsumsi suplemen. Selain melakukan berbagai usaha di atas, kamu juga bisa mendukung usaha tersebut dengan meminum suplemen.

Salah satu suplemen yang biasa kamu konsumsi adalah suplemen minyak ikan. Kamu juga bisa menemukan suplemen untuk memori di berbagai toko terdekat. Namun, ingat untuk meminum suplemen tersebut sebagai bantuan dan bukan yang utama.

-----------------

Ketujuh hal diatas merupakan tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan memori. Dengan menerapkan berbagai tips di atas, kamu mungkin bisa berubah jadi tidak pelupa lagi seperti sebelumnya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #lelah #jadi #orang #yang #pelupa #berikut #tips #untuk #meningkatkan #memori #yang #bisa #kamu #terapkan

KOMENTAR