15 Tanda dan Gejala Anda Lelah Secara Emosional dan Perlu Mengisi Ulang Tenaga, Salah Satunya Menjadi Lebih Pemarah dan Tidak Sabaran
Ilustrasi orang yang lelah secara emosional (freepik/gratispik)
22:34
17 Oktober 2024

15 Tanda dan Gejala Anda Lelah Secara Emosional dan Perlu Mengisi Ulang Tenaga, Salah Satunya Menjadi Lebih Pemarah dan Tidak Sabaran

Setiap orang akan sampai pada suatu waktu dalam hidup mereka ketika mereka merasa lelah secara emosional.

Mungkin sulit mengenali kelelahan emosional jika Anda sering sibuk dan tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Kelelahan emosional merujuk pada kondisi kelelahan kronis yang muncul akibat ketegangan mental yang intens dalam jangka waktu lama.

Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang terpapar stres berkepanjangan, baik karena tekanan pekerjaan, tanggung jawab mengasuh anak, tantangan pribadi, atau situasi yang menuntut lainnya.

Gejala kelelahan emosional dapat muncul seiring waktu akibat stres yang berulang dan sering kali orang tidak menyadari tanda-tanda peringatan dini.

Tanda -tanda peringatan dini kelelahan emosional meliputi kurangnya motivasi, kesulitan tidur, mudah tersinggung, kelelahan fisik, perasaan putus asa, kesulitan berkonsentrasi, dan banyak lagi.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman YourTango, Kamis (17/10), 15 gejala dan tanda-tanda yang umumnya terjadi pada seseorang yang sedang mengalami kelelahan emosional dan perlu mengisi ulang tenaga.

1. Anda pemarah dan tidak sabaran

Saat Anda lelah secara emosional, kemungkinan besar Anda sedang dalam suasana hati yang buruk karena kelelahan mental. Anda mungkin merasa lebih mudah marah atau mudah tersinggung daripada biasanya.

Anda juga mungkin merasa lebih sulit mengendalikan emosi karena Anda merasa lelah dan letih secara mental.

Anda juga mungkin mengalami kemarahan dan ketidaksabaran, kemarahan yang tidak rasional, dan meningkatnya sinisme atau pesimisme.

2. Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan Anda

Seseorang yang kelelahan secara emosional mungkin merasa sulit untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus diselesaikannya karena mereka mengalami rasa takut dan sering lupa waktu karena mudah teralihkan.

Hal ini dapat menyebabkan mereka gagal memenuhi deadline dan menjadi kurang berkomitmen terhadap pekerjaan mereka dan bahkan mungkin tidak masuk kerja.

Naik-turunnya produktivitas itu wajar, ta pi jika Anda merasa makin sulit berkonsentrasi dan merasa kewalahan dengan setiap tugas, itu pertanda utama kelelahan emosional.

3. Anda lebih sering melamun

Kelelahan emosional dapat menyerang begitu hebat hingga Anda mulai melamun dan tidak dapat memperhatikan apa pun.

Ini dapat berbahaya jika Anda sedang mengemudi atau menyeberang jalan, yang berisiko menyebabkan cedera atau melukai orang lain.

4. Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak

Jika Anda menderita insomnia saat tidur atau sulit tidur, hal itu bisa jadi disebabkan oleh kelelahan emosional.

Kelelahan emosional dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia, dan kurang tidur dapat memperburuk gejala-gejala Anda yang lain.

5. Anda menggunakan narkoba dan alkohol

Mengonsumsi obat-obatan terlarang dan minum alkohol tidak akan membantu menyembuhkan penyakit atau gangguan kesehatan Anda. Malah, hal itu akan memperburuk keadaan dan menyebabkan kelelahan mental.

6. Anda depresi

Depresi dapat mengakibatkan kelelahan emosional dan dapat menyebabkan tidak adanya energi, perasaan mati rasa, dan kurangnya motivasi.

Jika Anda memiliki perasaan putus asa yang berlangsung lebih dari dua minggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan bantuan.

7. Anda terlalu khawatir

Wajar jika orang-orang khawatir tentang sejumlah hal, namun, jika Anda tiba-tiba mendapati diri Anda khawatir tentang sejumlah hal sepanjang waktu, itu harus menjadi tanda peringatan adanya kelelahan emosional.

8. Anda merasa sulit untuk beraktivitas

Mereka yang tidak beranggapan kelelahan mental mempengaruhi kelelahan fisik, tidak mengetahui hubungan simbiosis antara keduanya.

Kelelahan mental berarti Anda tidak mampu fokus pada tugas yang sedang dikerjakan atau menemukan kata-kata yang tepat untuk diucapkan atau ditulis.

9. Kebiasaan makan Anda berubah

Jika Anda adalah orang yang selalu menjalankan pola makan sehat, Anda dapat mengetahui kapan Anda kelelahan secara emosional jika kebiasaan makan Anda telah berubah.

Anda mungkin mulai menginginkan lebih banyak makanan yang tidak sehat atau mengemil lebih banyak dari biasanya.

10. Anda membuat lebih banyak kesalahan

Sulit untuk keluar dari kebiasaan buruk saat Anda kelelahan secara emosional dan mulai melupakan banyak hal, yang membuat Anda membuat lebih banyak kesalahan dan lebih sering mendapat masalah.

11. Anda lebih sering merasakan nyeri

Rasa sakit akibat kelelahan mental dapat menyebabkan Anda merasakan banyak nyeri, termasuk sering mengalami sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, masalah perut, dan masih banyak lagi.

12. Anda tidak memberikan waktu istirahat yang seharusnya sangat Anda butuhkan

Jangan pernah abaikan tubuh Anda dan apa yang dikatakannya kepada Anda. Jika Anda merasa lelah secara emosional dan merasa perlu mengambil waktu istirahat, Anda harus melakukannya.

13. Anda menangis tanpa alasan

Menangis tanpa alasan sering kali merupakan gejala kelelahan emosional dan menandakan bahwa Anda memiliki kondisi pikiran yang kewalahan. Stres yang menumpuk membuat emosi lebih tidak stabil, yang menyebabkan Anda menangis tanpa alasan tertentu.

14. Anda selalu terlambat

Terlambat terus-menerus bukan sekadar kebiasaan buruk, tetapi mencerminkan kurangnya energi mental dan fisik untuk mengelola waktu secara efektif. Bila Anda terkuras secara emosional, sulit untuk tetap fokus dan teratur, yang berujung pada keterlambatan.

15. Anda merasa terpisah

Jika Anda kelelahan secara emosional, Anda mungkin mengalami perasaan terputus dari diri sendiri dan orang lain. Rasanya sulit untuk terlibat sepenuhnya dengan lingkungan sekitar atau terhubung dalam hubungan Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #gejala #anda #lelah #secara #emosional #perlu #mengisi #ulang #tenaga #salah #satunya #menjadi #lebih #pemarah #tidak #sabaran

KOMENTAR