Jangan Sembarangan! Pelembab Tidak Dianjurkan untuk Digunakan di Area Lipatan Tubuh, Begini Alasannya
Ingat, Pelembab Tidak Dianjurkan untuk Digunakan di Area Lipatan Tubuh. (Sumber foto; freepik)
21:58
1 Februari 2024

Jangan Sembarangan! Pelembab Tidak Dianjurkan untuk Digunakan di Area Lipatan Tubuh, Begini Alasannya

 – Pelembab merupakan produk perawatan kulit yang dirancang untuk membantu menjaga kelembaban kulit. 

Pelembab digunakan untuk mengatasi kulit yang kering, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta menjaga kulit tetap lembut dan sehat.

Tak hanya kulit wajah saja, kulit tubuh pun sering kehilangan kelembaban akibat penggunaan sabun mandi yang berlebihan.

Inilah pentingnya mengaplikasikan pelembab di area tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat area tubuh yang tidak dianjurkan untuk diberi pelembab, yakni bagian lipatan-lipatan tubuh.

Dilansir dari ANTARA pada Kamis (1/2) dr. Ricky Maharis, Sp.KK, Dermatolog lulusan Universitas Udayana mengungkapkan bahwa terdapat beberapa bagian tubuh yang tidak boleh diaplikasikan oleh pelembab.

“Pelembab itu sangat baik untuk tubuh, bahkan dapat membuat awet muda apabila dengan rutin diaplikasikan sejak muda, namun, ada beberapa bagian yang sebaiknya tidak diberikan pelembab,” ujarnya pada saat peluncuran CeraVe di Senayan City, Jakarta, Rabu (31/1).

Ricky Maharis, Sp.KK mengungkapkan bahwa bagian-bagian lipatan tubuh yang tidak dianjurkan untuk diberi pelembab seperti ketiak, lipatan paha, maupun area-area di sekitar genitalia.

Ricky menegaskan bahwa lipatan-lipatan tubuh sudah memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi, sehingga penambahan pelembab menjadi hal yang tidak disarankan. Faktanya, penggunaan pelembab di area tersebut justru berpotensi menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Ricky menambahkan bahwa pemberian pelembab di area lipatan tubuh akan menimbulkan tingkat kelembaban yang sangat tinggi sehingga berpotensi tumbuhnya jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Salah satu kunci untuk memaksimalkan manfaat pelembab ialah menggunakannya setiap kali sesudah mandi, saat kulit masih segar dan belum terlalu kering. 

Hal ini akan memastikan pelembab dapat meresap lebih baik ke dalam kulit dan memberikan kelembaban yang optimal.

Selain itu, memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit serta memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya merupakan hal yang sangat penting.

Disiplin dalam penggunaan secara rutin juga merupakan kunci untuk mencapai manfaat yang optimal.

Dokter.Ricky mengungkapkan bahwa manfaat pelembab dapat memperbaiki barier alami kulit, yang berperan penting dalam melindungi kulit dari infeksi dan iritasi.

Tidak hanya itu, pelembab yang berkualitas juga mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin, antioksidan, dan bahan lainnya yang dapat memberikan tambahan nutrisi untuk kulit.

“Ada pula pelembab yang mengandung (tabir surya) SPF 30 Jadi itu bisa dipakai pagi hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari, ada banyak jenis yang bagus untuk kulit” tambahnya.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #sembarangan #pelembab #tidak #dianjurkan #untuk #digunakan #area #lipatan #tubuh #begini #alasannya

KOMENTAR