Profil Pandji Pragiwaksono, Komika yang Bikin Video Terbuka ke Presiden Jokowi Karena Dinilai Memihak Satu Paslon
Pandji Pragiwaksono. (instagram/@pandji.pragiwaksono)
05:04
26 Januari 2024

Profil Pandji Pragiwaksono, Komika yang Bikin Video Terbuka ke Presiden Jokowi Karena Dinilai Memihak Satu Paslon

Pernyataan Presiden Joko Widodo alias Jokowi terkait keberpihakan terhadap capres dan cawapres menuai banyak sorotan. Secara terang-terangan, Jokowi menyebut kalau presiden boleh memihak pada satu pasangan calon

Hal tersebut lantas menuai berbagai rasa kecewa, termasuk dari komika sekaligus artis Pandji Pragiwaksono. Bahkan, Pandji sampai membuat video terbaru untuk menyampaikan uneg-unegnya secara langsung kepada Jokowi.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya, Pandji Pragiwaksono menyampaikan rasa gusarnya atas pernyataan Jokowi.

"Ada aja momen-momen di mana bapak membuat pernyataan yang membuat saya gusar dan ingin memberi pendapat. Kami semua khawatir. Kalau menurut bapak, menteri, kepala daerah, atau presiden boleh kampanye, saat nanti mereka meminta sesuatu, orang-orang yang di bawahnya akan bingung dengan kapasitas mereka sebagai apa. Secara etika juga jadi tanda tanya," ucap Pandji dalam video yang diunggahnya.

Tidak hanya itu, Pandji juga memberikan pertanyaan siapa sosok yang didukung oleh Jokowi. Bahkan, ia juga menanyakan apa peran Jokowi dalam capres 2024 ini.

"Bapak sebenarnya lagi dukung siapa? Itu menambah bingung rakyat Indonesia akan peran bapak dalam Pilpres ini," ucapnya lagi.

Video terbuka itu membuat sosok Pandji Pragiwaksono langsung menjadi sorotan warganet. Beberapa menilai Pandji cukup berani menyampaikan kritik tersebut kepada Jokowi.

Profil Pandji Pragiwaksono

Memiliki nama lengkap Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo, pria ini lahir pada 18 Juni 1978. Selain dikenal sebagai komika, Pandji juga dikenal sebagai artis, pembawa acara, hingga penyiar radio yang cukup ternama di Indonesia.

Ia memulai kariernya sebagai penyiar radio di Hard Rock FM Bandung dari tahun 2001 sampai dengan 2003 bersama Tike Priatnakusumah. Dari sebagai penyiar radio, karier Pandji Pragiwaksono terus berkembang hingga dirinya menjadi host acara reality show bernama Kena Deh.

Namanya semakin meningkat sebagai host Stand Up Comedy Indonesia (SUCI). Dari ajang ini, kemampuannya membuat lelucon juga meningkat, hingga akhirnya membuat Pandji terpilih menjadi juri di acara tersebut.

Setelah itu, Pandji pun mulai sering melakukan pertunjukkan tunggal. Dirinya juga beberapa kali membuat tur pertunjukan komedinya itu. Sosoknya yang lucu juga membuat Pandji mendapat beberapa peran di film. Dirinya telah membintangi berbagai film ternama seperti Marmut Merah Jambu, Comic 8, Di Balik 98, Rudy Habibie, dan lain-lain.

Karyanya yang lain adalah musik rap dan juga tulisan yang diminati para penggemarnya.

Saat ini, Pandji juga dikenal sebagai sosok yang cukup vokal terhadap berbagai isu yang terjadi di Indonesia, termasuk masalah politik. Itu sebabnya, ia memberikan komentarnya terkait pernyataan Jokowi yang menyebut presiden boleh memihak dalam pemilu.

Baru-baru ini, Pandji juga secara terang-terangan mengaku tak mau memilih paslon capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Hal ini karena ia tidak ingin Ganjar Pranowo diperlakukan semena-mena oleh ketua partainya, yaitu Megawati Soekarnoputri.

"Gue enggak mau 03 menang karena gue capek lihat presiden yang diperlakukan sembarangan sama Bu Mega, gue sebut aja, emang lo enggak capek," ujar Pandji blak-blakan ketika hadir di podcast bersama dr. Richard Lee.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #profil #pandji #pragiwaksono #komika #yang #bikin #video #terbuka #presiden #jokowi #karena #dinilai #memihak #satu #paslon

KOMENTAR