Apa Itu 'Doom Spending' Yang Diprediksi Dapat Memiskinkan Kalangan Gen Z dan Millenial, Berikut Tips Agar Terhindar!
gen z dan millenial disebut akan rentan lebih miskin dari generasi sebelumnya karena fenomena 'Doom Spending'./Freepik
09:34
27 September 2024

Apa Itu 'Doom Spending' Yang Diprediksi Dapat Memiskinkan Kalangan Gen Z dan Millenial, Berikut Tips Agar Terhindar!

Fenomena ‘Doom Spending’ baru-baru ini ramai disorot bagi kaum millennial dan gen z.

Pasalnya ‘doom spending’ ini disebut berimbas pada kenaikan risiko kemiskinan bagi gen z dan millennial sehingga mereka akan lebih miskin daripada generasi sebelumnya.

Dilansir dari Psychology Today, ‘Doom Spending’ sederhananya diartikan sebagai kebiasaan boros dengan berbelanja dengan tujuan menghilangkan stress saat kondisi ekonomi sedang tidak stabil.

Doom spending ini seringkali dikaitkan juga dengan perilaku gen z dan millennial yang menjadikan belanja sebagai bentuk pengalihan rasa kecemasan terhadap finansial masa depan.

Kebanyakan dari gen z yang mempraktikkan perilaku tersebut memiliki stigma bahwa mereka hanya hidup sekali sehingga lebih memilih untuk menikmati hidup dengan kegiatan yang digemarinya salah satunya dengan berbelanja atau membeli experience yang membuat nyaman.

Mereka beranggapan bahwa selagi memiliki finansial yang memadai, akan lebih memilih untuk membeli experience yang memungkinkan mereka bisa menikmati hidup di masa sekarang dan terhindar dari stress daripada memikirkan keuangan tersebut dalam jangka Panjang.

Dengan makin mudahnya akses informasi, kerap kali gen z dan millennial akan terjebak pada perilaku fomo yang dimulai dari para influencer yang menampakkan kesuksesan dan kemegahan yang dimiliki.

Perilaku tersebut juga yang mendorong fenomena doom spending dimana mereka akan lebih memilih untuk menikmati kesenangan sesaat yang selalu mengharuskan mereka untuk berbelanja untuk mengikuti jejak kesenangan yang ditampilkan melalui media sosial.

Karena maraknya fenomena ini, gen z dan millennial diprediksi akan lebih miskin dari generasi sebelumnya.

Belum lagi dengan ketidakstabilan finansial yang dihadapi akan memicu pada meningkatnya minat pinjaman online bagi gen z atau millennial sebagai jalan pintas untuk menutup kekurangan finansialnya.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwasanya nilai pinjaman online telah mencapai lebih dari 20 triliun pada Agustus 2023 dengan presentase peminajm 60% dari kalangan gen z dan millennial.

Sisi buruk dari fenomena doom spending ini nyatanya tidak hanya berimbas pada kecemasan berlebih dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi tapi juga bisa jadi menyebabkan mereka terjerat hutang dengan nominal yang fantastis di masa depan.

Berikut beberapa kiat agar tidak terjebak pada perilaku doom spending.

1. Dengan menunda pembelian dan tidak gampang tergiur trend

Tunda pembelian ini bisa dengan menerapkan aturan “tunda 24 jam” sebelum memutuskan untuk membeli barang.

Selain agar tidak terkesan sekedar fomo atau ikuti trend, aturan ini bisa memberikan ruang waktu lebih untuk mempertimbangkan apakah barang tersebut benar-benar perlu untuk dibeli.

2. Fokus pada kebutuhan bukan keinginan

Dengan memprioritaskan kebutuhan akan membuat keuangan semakin stabil karena tidak lantas mengikuti hawa nafsu dengan membeli barang sesuai keinginan.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat daftar list barang yang dibutuhkan sebelum berbelanja.

3. Alihkan perhatian dari belanja

Hal ini bisa dijadikan alternatif agar tidak begitu memperhatikan belanja dengan lebih memilih melakukan hobi atau kegiatan lain yang digemari.

4. Kurangi bermedia sosial terlebih pada penggunaan aplikasi belanja

Dengan membatasi waktu bermedia sosial terlebih pada aplikasi belanja dinilai cukup efektif agar tidak tergiur untuk berbelanja.

Hindari juga langganan iklan yang sekiranya bisa mengingatkan untuk belanja melalui notifikasi yang muncul.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #doom #spending #yang #diprediksi #dapat #memiskinkan #kalangan #millenial #berikut #tips #agar #terhindar

KOMENTAR