Ini Keutamaan Sholawat Munjiyat 41x, Amalkan Secara Rutin
Ini Keutamaan Sholawat Munjiyat 41x, Amalkan Secara Rutin (freepik)
15:24
26 September 2024

Ini Keutamaan Sholawat Munjiyat 41x, Amalkan Secara Rutin

Sholawat merupakan salah satu bacaan dzikir yang sangat dianjurkan untuk dilafalkan setelah shalat. Salah satu bacaan sholawat yang dianjurkan ialah sholawat munjiyat. Lantas, apa saja keutamaan Sholawat Munjiyat 41x? Simak informasinya di bawah ini.

Melafalkan shalawat secara rutin dapat mempermudah terkabulnya hajat yang diinginkan seseorang. Perinah membaca dzikir shalawat ditegaskan dalam Al-Qur'an berbunyi sebagai berikut:

إِنَّ اللهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya” (QS. Al-Ahzab: 56)

Baca Juga: Bacaan Sholawat Agar Hujan Berhenti Beserta Doa Lengkap

Teks Arab Latin arti

Adapun lafal shalawat Munjiyat secara lengkap sebagaimana dikutip dari islam.nu.or.id adalah sebagai berikut:

Bacaan arab
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Bacaan latin:
Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Baca Juga: Keutamaan Shalat dan Ancaman Neraka Bagi yang Meninggalkannya

Dikutip dari islam.nu.or.id, dijelaskan bahwa Shalawat Munjiyat merupakan shalawat penyelamat. Penamaan bacaan shalawat Munjiyat berdasarkan asal usul shalawat itu diciptakan. Sebuah peristiwa yang dialami oleh salah seorang arif. Kisah salah seorang arif ini diceritakan kembali oleh Abdurrahman bin Abdissalam Ash-Shafuri, Nudhah al-Majâlis wa Muntakhab an-Nafâis, hal. 284, sebagai berikut:

“Sebagian orang arif berkata: ‘aku berada di kapal, kemudian badai berembus kencang, hampir saja menyebabkan kami tenggelam. Lalu aku (tertidur dan) melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam mimpi, beliau bersabda: Katakan pada mereka ‘Bacalah doa Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât, lalu aku terbangun dan kami ucapkan bacaan sholawat tersebut, lalu angin pun terdiam atas seizin Allah ta’ala.”

Cara mengamalkan

Tata cara mengamalkan sholawat Munjiyat dapat dilakukan setelah shalat, baik shalat fardhu atau sholat malam. Akan tetapi, jumlah amalan membaca sholawat Munjiyat ini berbeda-beda tergantung tujuannya. Berikut cara mengamalkan sholawat Munjiyat.

- Baca sebanyak 1000 kali di tengah malam untuk menghindari wabah penyakit atau hal-hal yang menakutkan.
- Baca sebanyak 500 kali bacaan apabila ingin hajat atau impian tercapai
- Baca sebanyak 300 kali saat kamu mengalami sakit, Insya Allah kamu akan sembuh dari penyakit yang diderita dan dijaga dari perbuatan dosa
- Baca sebanyak 41 kali setelah selesai melaksanakan sholat fardhu, apabila kamu mengharapkan memiliki anak alim, sholeh dan sholehah
- Baca sebanyak 40 kali, saat kamu berharap segala urusan dimudahkan, kesusahan, dan derajat hidup diangkat oleh Allah Swt.
- Bacalah sebanyak 11 kali setelah selesai melaksanakan sholat fardhu dan sebutkan apa yang kamu inginkan, InsyaAllah keinginanmu akan dikabulkan oleh Allah Swt.
- Bacalah saat akan bepergian, InsyaAllah kamu akan terhindar dari kesulitan.

Manfaat

Berdasarkan sejarahnya dan lafal sholawat Munjiyat tersebut di atas, kita bisa merasakan bahwa sholawat Munjiyat berisi doa untuk memohon keselamatan, perlindungan, ketenangan, pertolongan, keamanan, ketentraman, keberhasilan dan kebaikan. Selain memuliakan Nabi Muhammad saw, membaca sholawat Munjiyat dapat mendatangkan manfaat sebagai berikut:

- Dapat mempermudah terkabulnya hajat yang diinginkan seseorang
- Membaca sholawat secara khusyuk dapat memperluas peluang kita membersihkan dosa-dosa
- Dengan membaca sholawat, kita menangkat derajat diri sendiri ke derajat paling tinggi
- Dengan membaca sholawat kita akan terbebas dari siksa neraka
- Kita akan mendapatkan hidup yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.

Demikian itu informasi keutamaan sholawat Munjiyat 41x. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #keutamaan #sholawat #munjiyat #amalkan #secara #rutin

KOMENTAR