Orang yang Masih Memiliki Ketajaman Berpikir di Usia 70 Tahun ke Atas, Biasanya Menghindari 8 Kebiasaan Ini
8 kebiasaan orang yang masih memiliki ketajaman berpikir di usia 70-an ke Atas (Freepik)
13:16
26 September 2024

Orang yang Masih Memiliki Ketajaman Berpikir di Usia 70 Tahun ke Atas, Biasanya Menghindari 8 Kebiasaan Ini

Seseorang akan menjadi tua seiring dengan berjalannya waktu. Sebagian orang dengan usia di atas 70-an tahun masih memiliki ketajaman berpikir.

Mereka yang berusia di atas usia 70 tahun yang masih memiliki ketajaman berpikir punya kebiasaan yang dapat memperkuat memori mereka.

Dan mereka menghindari beberapa kebiasaan yang membuat memori mereka melemah.

Dilansir oleh JawaPos.com, Kamis (26/9) dari laman geediting terdapat 8 kebiasaan orang yang masih memiliki ketajaman berpikir di usia 70 tahun ke atas:

1. Tidak melakukan multitasking berlebih

Akan tetapi, mereka yang tetap berpikiran tajam hingga usia 70 tahun dan seterusnya sering kali memahami pentingnya berfokus pada satu tugas pada satu waktu.

Anda lihat, mengerjakan banyak tugas secara terus-menerus dapat membebani otak, yang menyebabkan kelelahan kognitif dan penurunan produktivitas.

2. Mengabaikan latihan fisik

Mereka yang tetap tajam secara mental hingga usia 70 tahun dan seterusnya biasanya menerapkan rutinitas olahraga yang konsisten.

Tidak harus sesuatu yang berat, bahkan jalan cepat setiap hari dapat membuat perbedaan besar.

3. Mereka tidak kekurangan waktu tidur

Mereka yang tetap menjaga ketajaman pikiran hingga usia 70 tahun dan seterusnya menyadari pentingnya tidur malam yang cukup.

Mereka memastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, karena memahami bahwa tidur yang cukup penting untuk konsolidasi memori dan fungsi kognitif.

4. Menghindari mengkonsumsi makanan yang buruk

Mereka menghindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak tidak sehat, yang dapat menyebabkan peradangan dan stres oksidatif di otak.

Sebaliknya, mereka memilih diet seimbang yang kaya buah-buahan, sayuran, protein rendah lemak, dan biji-bijian utuh.

5. Menghindari isolasi diri

Mereka yang tetap tajam secara mental hingga usia 70 tahun dan seterusnya cenderung tetap aktif secara sosial.

Mereka menghargai hubungan yang mereka miliki dengan orang-orang yang mereka cintai dan berusaha untuk bertemu orang baru.

6. Mengabaikan stres

Mereka yang tetap berpikiran tajam hingga usia 70 tahun dan seterusnya sering kali memiliki teknik manajemen stres yang sehat.

Mereka memahami bahwa stres kronis dapat membahayakan kesehatan otak mereka dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampaknya.

7. Menghindari aktifitas yang merangsang otak

Mereka yang tetap berpikiran tajam hingga usia 70 tahun dan seterusnya biasanya terlibat dalam aktivitas yang menantang otak mereka.

Mereka membaca, memecahkan teka-teki, bermain game yang merangsang otak, atau bahkan mempelajari keterampilan baru.

8. Mengabaikan pemeriksaan rutin

Mereka yang tetap lincah secara mental hingga usia 70 tahun dan seterusnya mengetahui pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin.

Pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi potensi masalah kesehatan sejak dini, termasuk yang dapat memengaruhi kesehatan kognitif. Dengan menangani kondisi ini secara tepat waktu, risiko penurunan kognitif dapat dikurangi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #orang #yang #masih #memiliki #ketajaman #berpikir #usia #tahun #atas #biasanya #menghindari #kebiasaan

KOMENTAR