Salah Satunya Menyilangkan Kaki: Menguak 6 Bahasa Tubuh Seseorang yang Cari Muka di Hadapan Anda
6 Bahasa Tubuh Seseorang yang Cari Muka Dihadapan Anda (creative boom)
09:50
19 September 2024

Salah Satunya Menyilangkan Kaki: Menguak 6 Bahasa Tubuh Seseorang yang Cari Muka di Hadapan Anda

 

Bahasa tubuh seseorang dapat mengungkapkan jauh lebih dari apa yang mereka ucapkan sebenarnya. Salah satunya bahasa tubuh orang cari muka dihadapan Anda. Mereka juga lebih percaya diri dalam segala hal. Lantas bagaimana cara mengetahuinya?

Pada dasarnya orang yang cari muka akan menarik perhatian orang, baik itu dari cara bicaranya, dari bahasa tubuh mereka, atau bahkan dari pencapaian-pencapaiannya. Dari sikap dan perilaku mereka ternyata memberikan sinyal-sinyal yang dapat Anda amati.

Sinyal yang paling kuat tanpa Anda sadari yakni cara mereka menyilangkan kaki saat berhadapan dengan Anda. Bisa jadi itu tanda mereka cari muka untuk menarik perhatian Anda.

Dilansir dari laman Creative Boom terdapat 6 bahasa tubuh seseorang yang cari muka dihadapan Anda, salah satunya yakni menyilangkan kaki, selain itu juga terdapat tanda halus lainnya, simak berikut ini:

  1. Memasuki ruangan Anda

Orang yang karismatik dan percaya diri bertemu orang lain di tempat mereka. Sangat penting untuk berfokus pada klien, jadi saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya, melangkah maju terlebih dahulu untuk menjabat tangannya, bukan sebaliknya.

  1. Tetap diam secara fisik

Beberapa dari kita cenderung terlalu sering menggerakkan kepala saat berbicara. Jika kepala diam atau bergerak perlahan, hal itu menunjukkan bahwa siapapun yang berbicara adalah orang yang serius, percaya diri, dan berwibawa.

Menggerakkan kepala secara terus-menerus dengan gerakan mata yang terus menunduk dan bergerak cepat menunjukkan seseorang yang terancam dan berstatus lebih rendah.

  1. Mengubah tampilan

Dengan sedikit perubahan pada bahasa tubuh Anda, Anda dapat mengubah cara orang lain memandang Anda baik secara sadar maupun tidak sadar.

Dengan mengubah fisiologi Anda, yaitu sekadar bersikap lebih percaya diri daripada yang Anda rasakan, orang lain akan melihat Anda sebagai orang yang percaya diri dan Anda akan menjadi lebih percaya diri. Berpura-puralah untuk membuatnya percaya diri.

  1. Gerakan tangan

Cara kita menggunakan tangan saat berinteraksi dengan orang lain menunjukkan banyak hal tentang cara kita memandang diri sendiri, tetapi kebanyakan dari kita kurang memikirkan pesan yang kita sampaikan.

Berbicara di balik meja dengan telapak tangan menghadap ke bawah menunjukkan bahwa kita memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Jika Anda memilih untuk melakukan hal ini, sesekali tunjukkan telapak tangan Anda, agar tidak dianggap sebagai orang yang suka mengontrol atau mendominasi.

Untuk menarik perhatian dan tampil lebih percaya diri saat melakukan presentasi, hindari meletakkan tangan dalam posisi telapak tangan menghadap ke atas. Meskipun menandakan Anda dapat dipercaya dan jujur, posisi ini juga menunjukkan kurangnya kekuatan dan otoritas.

Perhatikan hal ini pada orang lain dan perhatikan telapak tangan mereka menghadap ke atas saat mereka menjelaskan diri mereka dan berusaha menerima ide-ide mereka, bukan mengendalikan pembicaraan.

Jika Anda lebih sering menggunakan gerakan telapak tangan ke atas saat berbicara, mulailah dengan menyelingi gerakan telapak tangan ke bawah. Hal ini memberi tahu orang lain di tingkat bawah sadar bahwa Anda adalah orang yang percaya diri, terkendali, terbuka, dan menyenangkan.

  1. Selalu menyilangkan tangan

Jika Anda menghadiri seminar penjualan atau acara apa pun yang mengharuskan Anda mendengarkan pembicara yang terlatih secara profesional, Anda akan melihat penggunaan teknik jepit jari sesekali (ibu jari dan jari telunjuk saling menempel) atau menyilangkan jari tangan.

Gerakan tangan yang kuat ini merek mencari perhatian, status tinggi, dan otoritas. Gerakan ini juga digunakan untuk menekankan poin-poin penting yang Anda sampaikan secara lisan.

Sementara itu gerakan menyilangkan kaki saat orang duduk di hadapan Anda bisa jadi sebagai ciri mereka cari muka dihadapan Anda. Sebab menyilangkan kaki adalah sikap superioritas, dan mereka ingin diperhatikan oleh Anda. Apalagi jika mereka menyilangkan kaki sambil menyilangkan tangan mereka.

  1. Mengangkat alis

Mengangkat alis ke arah orang lain menunjukkan bahwa Anda ramah, terbuka, dan percaya diri. Ini adalah cara yang jelas untuk meminta perhatian dari orang lain.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #salah #satunya #menyilangkan #kaki #menguak #bahasa #tubuh #seseorang #yang #cari #muka #hadapan #anda

KOMENTAR