7 Perilaku Orang yang Tidak Dapat Mempertahankan Hubungan Jangka Panjang, Terlalu Kritis hingga Menghindari Kerentanan
Terlalu kritis adalah salah satu perilaku orang yang tidak bisa mempertahankan hubungan dalam jangka panjang. (Freepik)
23:14
18 September 2024

7 Perilaku Orang yang Tidak Dapat Mempertahankan Hubungan Jangka Panjang, Terlalu Kritis hingga Menghindari Kerentanan

– Mempertahankan hubungan jangka panjang bisa jadi agak sulit. Terkadang Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hubungan Anda tampaknya tidak bertahan lama. Hal ini bukan selalu tentang apa yang Anda lakukan, tetapi juga tentang apa yang tidak Anda sadari sedang Anda lakukan. Faktanya, perilaku tertentu tanpa disadari dapat merusak kelanggengan hubungan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa perilaku orang yang tidak dapat mempertahankan hubungan dalam jangka panjang sebagaimana dilansir dari laman Global English Editing, Rabu (18/9) sebagai berikut:

1. Kurangnya komunikasi

Komunikasi atau lebih tepatnya kurangnya komunikasi adalah salah satu perusak hubungan terbesar. Sering kali, orang yang kesulitan mempertahankan hubungan jangka panjang tidak pandai mengungkapkan perasaan atau pikiran mereka.

Mereka cenderung menyimpan segala sesuatunya sendiri, menghindari konfrontasi atau tidak mengungkapkan emosi mereka. Kegagalan berkomunikasi ini menciptakan jurang pemisah antara pihak-pihak yang terlibat.

Jika Anda merasa kesulitan mengekspresikan perasaan atau pikiran dalam suatu hubungan maka sudah saatnya untuk berubah. Komunikasi terbuka sering kali dapat menjadi kunci untuk menyelesaikan masalah dan membuka jalan bagi hubungan yang langgeng.

2. Menganggap sesuatu sebagai hal yang biasa saja

Perilaku umum lainnya yang dapat merusak hubungan adalah menganggap remeh pasangan Anda.

Jika Anda mendapati diri Anda mengharapkan pasangan Anda selalu ada dan melakukan segalanya tanpa menunjukkan penghargaan atau balasan apa pun, mungkin sudah waktunya untuk menilai ulang perilaku Anda.

3. Menghindari kerentanan

Pada dasarnya kerentanan bukanlah tanda kelemahan, melainkan tanda keberanian. Ini tentang menunjukkan diri dan dilihat apa adanya dengan segala kekurangannya.

Namun, banyak orang yang berjuang mempertahankan hubungan jangka panjang sering kali menghindar untuk bersikap rentan. Mereka membangun tembok dan menyembunyikan jati diri mereka yang sebenarnya karena takut dihakimi atau ditolak.

Namun, dengan tidak membiarkan diri Anda menjadi rentan, maka Anda mencegah pasangan Anda untuk benar-benar mengenal dan memahami Anda. Kurangnya keintiman emosional intinya bisa menyebabkan terputusnya hubungan antara kedua belah pihak yang menyebabkan hubungan menjadi goyah.

4. Terlalu kritis

Kritik yang membangun adalah bagian yang baik dari hubungan apa pun. Kritik yang membangun membuat kita untuk mengatasi masalah dan tumbuh bersama. Namun ada batasan tipis antara kritik yang membangun dan bersikap terlalu kritis.

Beberapa orang cenderung mengkritik pasangannya secara berlebihan dan sering kali berfokus pada hal-hal negatif daripada hal-hal positif. Kritik terus-menerus ini dapat membuat pasangannya merasa tidak dihargai dan diremehkan.

Tentunya hal ini dapat menimbulkan kebencian dan menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat yang pada akhirnya bisa merusak hubungan.

5. Mengabaikan perawatan diri sendiri

Pada dasarnya merawat diri sendiri bukan hanya tentang kesehatan fisik tetapi juga mencakup kesejahteraan mental dan emosional. Jika Anda mengabaikan perawatan diri sendiri maka hal itu dapat menyebabkan kelelahan fisik, emosional dan kelelahan emosional.

Dalam hubungan yang sehat pasalnya kedua pasangan memahami dan menghargai pentingnya perawatan diri. Mereka saling memberi ruang dan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang tenaga dan menyegarkan diri.

6. Berpegang pada dendam masa lalu

Dendam dan kemarahan di masa lalu pasalnya bisa menghancurkan hubungan yang paling menjanjikan sekalipun. Beberapa orang cenderung menyimpan luka dan kekecewaan di masa lalu.

Mereka kerap mengungkit masalah masa lalu tersebut saat berdebat atau menggunakannya sebagai amunisi saat berselisih pendapat. Siklus negatif ini tentu dapat menciptakan lingkungan yang penuh ketegangan dan konflik.

7. Takut komitmen

Ketakutan akan komitmen dapat menjadi hambatan besar dalam mempertahankan hubungan jangka panjang. Ketakutan ini dapat berasal dari berbagai faktor mulai dari patah hati di masa lalu, ketakutan kehilangan kemandirian hingga ketakutan memilih orang yang salah.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #perilaku #orang #yang #tidak #dapat #mempertahankan #hubungan #jangka #panjang #terlalu #kritis #hingga #menghindari #kerentanan

KOMENTAR