Profil Rizky Saputra, Pemain Sulteng Jotos Wasit PON 2024 sampai Diangkut Ambulans
Susana pertandingan sepak bola putra PON 2024 Aceh vs Sulawesi Tenggara (ANTARA)
19:09
15 September 2024

Profil Rizky Saputra, Pemain Sulteng Jotos Wasit PON 2024 sampai Diangkut Ambulans

Perhelatan sepak bola putra antara Aceh vs Sulawesi Tenggara di PON 2024 berjalan panas dan buruk. Pertandingan sengit ini berakhir dengan kekalahan Sulawesi Tenggara, ditambah catatan buruk akibat kelakuan salah satu pemain.

Wasit PON 2024, Eko Agus Sugih Harto dilarikan ke rumah sakit usai dijotos oleh pemain Sulawesi Tenggara, Rizky Saputra. Peristiwa ini terjadi saat pertandingan masuk babak injury time pada menit ke-97. Rizky melayangkan bogem mentah ke kepala Eko yang membuat sang wasit langsung diangkut ambulans.

Sosok Rizky Saputra pun kini menjadi perbincangan. Banyak yang penasaran dengan profil pemain asal Sulawesi Tenggara yang satu ini.

Profil Rizky Saputra

Baca Juga: Siapa Muhammad Rizky Saputra? Punya Tinggi Badan Jauh dari Pemain Naturalisasi, Bogem Wasit Sampai KO di PON 2024

Pemain dengan nomor punggung 15 dari tim Sulawesi Tengah ini berposisi sebagai gelandang tengah. Rizky Saputra saat ini tergabung dalam klub Persipal Palu yang berkompetisi di Liga 2.

Pemilik nama lengkap Muhammad Rizky Saputra ini lahir di Palu pada 2 Mei 2005 silam. Ia bergabung dengan Persipal Palu pada 1 Januari 2023. Ia termasuk salah satu pemain termuda, berbakat, dan selalu menjadi andalan timnya.

Sayangnya, sikap pemuda berusia 19 tahun ini begitu gegabah di PON 2024. Ia tidak bisa mengontrol emosi di lapangan dan namanya tercoreng. Bukan tidak mungkin jika karier Rizky di dunia sepak bola juga akan berakhir.

Akibat tindakan anarkisnya, Sulawesi Tenggara harus menelan kekalahan dengan begitu memalukan. Sementara Aceh berhasil maju ke babak semifinal PON 2024. 

Kronologi aksi kekerasan Rizky Saputra ke wasit PON 2024

Baca Juga: Sepak Bola PON 2024 Kacau, PSSI Terjunkan Kelompok 'Sangar' Ini di Semifinal dan Final

Pertandingan sepak bola putra ini memang berlangsung panas sejak awal. Wasit juga memberikan keputusan kontroversial karena mengeluarkan kartu merah lebih dari sekali.

Situasi ini memicu protes tak berkesudahan dari kedua tim pemain. Suasana di stadion juga terasa semakin memanas. Hingga puncaknya, wasit  memberikan hadiah penalti untuk Aceh.

Keputusan ini membuat pemain Sulawesi Tenggara tak terima. Meski yang lain hanya protes, tetapi aksi berbeda dilakukan Rizky. Ia langsung memukul wasit sampai terkapar di lapangan.

Aksi Rizky Saputra itu langsung memicu kecaman dari penggemar sepak bola di Indonesia.  Sementara itu, kinerja wasit PON 2024, Eko Agus juga tak luput dari sorotan.

Sementara itu, PSSI menegaskan pihaknya akan memberikan sanski terberat bagi Rizky Saputra. Menurut PSSI, peristiwa ini adalah salah satu kejadian memalukan di dunia sepak bola Indonesia. Diharapkan sanksi berat itu bisa menjadi efek jera agar kejadian serupa tidak terulang.

Kontributor : Rizky Melinda

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #rizky #saputra #pemain #sulteng #jotos #wasit #2024 #sampai #diangkut #ambulans

KOMENTAR