5 Cara Alami Ampuh untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam
Ilustrasi Tenggorokan Gatal./Freepik
18:38
12 September 2024

5 Cara Alami Ampuh untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

- Tenggorokan gatal meskipun bukan merupakan penyakit, tapi rasanya mengganggu bahkan bisa membuat kita mengalami batuk.

Tenggorokan gatal merupakan pertanda tubuh sedang mengalami infeksi atau terpapar zat-zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Tenggorokan gatal ini bisa timbul karena polusi udara, debu, kekurangan cairan, alergi makanan, radang dan adanya infeksi dari virus dan bakteri.

Meskipun tidak berbahaya, namun tenggorokan gatal dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika tidak segera diatasi dan dibiarkan begitu saja maka rasa gatalnya akan berlangsung dalam beberapa hari.

Tenggorokan gatal dapat dihilangkan dengan cara mengonsumsi obat medis, mengubah gaya hidup dan menggunakan cara alami.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi tenggorokan gatal secara alami dikutip dari halodoc yang bisa Anda coba sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat medis.

1. Mengonsumsi Minuman Hangat

Minum air hangat merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan jika mengalami masalah tenggorokan gatal.

Tenggorokan gatal bisa disebabkan karena kekurangan cairan, sehingga minum air hangat dapat melembabkan tenggorokan yang kering dan rasa gatal akan berkurang.

Jika dehidrasi, produksi air liur tidak akan optimal sehingga kelembaban mulut akan berkurang dan berefek timbulnya kering dan gatal pada tenggorokan.

Anda dapat mengonsumsi air putih hangat, teh maupun wedang jahe. Jahe dapat menghilangkan dahak yang menumpuk di tenggorokan.

Anda bisa membuat wedang jahe sendiri dengan cara merebus satu ruas jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya dengan segelas air selama 15 menit.

2. Mengonsumsi Makanan Berkuah yang Hangat

Selain mengonsumsi minuman hangat, Anda juga dapat mengonsumsi makanan berkuah yang panas, seperti sup.

Suhu hangat dari kuah sup dapat membantu menenangkan area tenggorokan yang gatal dan dapat menjaga kebersihan selaput lendir.

Sebisa mungkin menghindari makan dengan lauk yang digoreng karena saat tenggorokan gatal Anda perlu memperhatikan asupan cairan yang masuk kedalam tubuh.

3. Mengonsumsi Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi tenggorokan gatal, apalagi jika disertai dengan batuk.

Mengonsumsi madu sebanyak dua sendok teh sangat efektif untuk meredakan iritasi tenggorokan dan batuk.

Namun untuk anak yang berusia dibawah satu tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi madu karena bisa menyebabkan keracunan oleh bakteri Clostridium botulinum.

4. Menggunakan Humidifier

Penggunaan humidifier dapat mengatasi tenggorokan gatal akibat udara kering karena alat ini dapat menjaga ruangan Anda agar tetap lembab.

Humidifier juga dapat membantu mengatasi kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, iritasi tenggorokan dan menjaga agar lendir tidak mengering.

Humidifier bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara sehingga kelembaban ruangan akan terjaga.

Namun jangan gunakan humidifier secara berlebihan atau pada ruangan yang sudah lembab karena dapat memperburuk gangguan pernafasan dan memicu tumbuhnya bakteri dan jamur.

5. Berkumur dengan Air Garam

Tenggorokan gatal dan batuk dapat diatasi dengan berkumur menggunakan air garam, cara ini efektif untuk mengurangi penumpukan lendir.

Anda hanya perlu menambahkan garam sebanyak setengah sendok teh ke dalam secangkir air hangat, lalu teguk dan kumur selama 10 detik, kemudian buang air bekas kumur dan jangan ditelan.

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus melakukannya sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Jika cara tersebut tidak dapat meredakan tenggorokan gatal, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Apalagi jika disertai dengan demam, sulit bernafas atau kesulitan menelan makanan dan gejala tersebut telah berlangsung lebih dari 10 hari.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #alami #ampuh #untuk #mengatasi #tenggorokan #gatal #batuk #salah #satunya #berkumur #dengan #garam

KOMENTAR