Jika Ingin Bahagia di Usia 40-an Tahun, Ucapkan Selamat Tinggal pada 7 Kebiasaan Buru Ini
Ilustrasi: Bahagia di usia 40 tahunan. (Pexels)
20:54
11 September 2024

Jika Ingin Bahagia di Usia 40-an Tahun, Ucapkan Selamat Tinggal pada 7 Kebiasaan Buru Ini

- Bahagia adalah perasaan yang ingin dicapai semua orang. Namun, kebiasaan seseorang mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Kebiasaan baik mesti terus dipupuk sejak muda agar kebehagiaan dapat tercapai di usia tua sejak 40-an tahun ke atas. 

  Adapun jika sudah terlanjur memiliki kebiasaan buruk yang menghambat kebahagiaan, Anda harus menghentikannya sekarang juga. Dikutip dari Geediting, inilah 8 kebiasaan buruk yang harus Anda ucapkan selamat tinggal jika ingin bahagia di usia 40-an tahun.   1) Mencari persetujuan dari orang lain   Di momen tertentu, kita semua pernah merasakan tarikan validasi dari orang lain. Tekanan sosial sering kali membuat kita mencari persetujuan dari orang lain.  

  Namun saat menginjak usia 40-an dan seterusnya, Anda mulai menyadari bahwa kebutuhan terus-menerus untuk mendapatkan validasi dapat menguras emosi dan kontraproduktif terhadap kebahagiaan Anda.   2) Membandingkan diri sendiri dengan orang lain   Saat memasuki usia 40-an, pasti Anda akan menyadari bahwa perbandingan terus-menerus ini tidak hanya menguras tenaga tetapi juga merampas kebahagiaan.   Usia 40-an mengajarkan saya bahwa setiap orang memiliki perjalanan uniknya sendiri dengan serangkaian tantangan dan kemenangannya sendiri.    3) Mengabaikan perawatan diri sendiri   WHO telah mengakui bahwa perawatan diri sebagai bagian penting dalam menjaga kesehatan yang baik dan mencegah penyakit.   Saat Anda menginjak usia 40-an dan seterusnya, perawatan diri menjadi lebih penting lagi. Ini bukan hanya tentang sesekali pergi ke spa atau menikmati makanan kesukaan.    4) Takut akan perubahan  

  Perubahan sering kali menjadi katalisator pertumbuhan dan awal yang baru. Perubahan mendorong kita keluar dari zona nyaman dan menantang kita dengan cara yang tidak pernah kita bayangkan.   Sebagai oramg berusia 40-an dan lebih, takut akan perubahan dapat menghambat Anda mengeksplorasi peluang dan pengalaman baru yang dapat memberi Anda kebahagiaan.   Sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal pada rasa takut akan perubahan.    5) Menyimpan dendam   Sebagai orang yang menginjak usia 40-an dan seterusnya, melepaskan dendam ini bisa sangat membebaskan.   Hal ini memungkinkan kita melepaskan hal-hal negatif dan memberi ruang bagi hal-hal positif dan kedamaian.   6) Mengabaikan intuisi Anda   Ketahuilah bahwa mengabaikan intuisi kita sama saja dengan mematikan kompas pribadi kita. Suara kecil di dalam diri kitalah yang mengetahui apa yang terbaik bagi kita, bahkan saat pikiran kita diliputi keraguan.   Di usia 40-an dan seterusnya, hidup bisa menjadi rumit. Ada keputusan sulit yang harus diambil dan terkadang, pilihan yang tepat tidak selalu jelas. Di situlah intuisi kita berperan. Oleh karena itu, mari kita buat perjanjian untuk berhenti mengabaikan intuisi kita.   

  7) Terlalu keras pada diri sendiri   Seiring berjalannya waktu, Anda akan segera menyadari bahwa kritik diri yang tak henti-hentinya ini hanya akan menjatuhkan diri. Kritik diri ini mencegah saya menghargai pencapaian saya dan merayakan kelebihan saya.   Sebagai orang berusia 40-an dan seterusnya, kita perlu memahami bahwa tidak apa-apa untuk tidak menjadi sempurna. Tidak apa-apa untuk memiliki kekurangan dan melakukan kesalahan. Itulah yang membuat kita menjadi manusia.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #jika #ingin #bahagia #usia #tahun #ucapkan #selamat #tinggal #pada #kebiasaan #buru

KOMENTAR