Kekacauan dan Kerusuhan Sipil di Dhaka Bagian dari Skenario Jadikan Bangladesh 'The Next Suriah'
Putra Sheikh Hasina, Sajeeb Wazed menyebut Bangladesh bakal dibuat seperti Suriah. 
18:00
7 Agustus 2024

Kekacauan dan Kerusuhan Sipil di Dhaka Bagian dari Skenario Jadikan Bangladesh 'The Next Suriah'

Kekacauan yang terjadi di Bangladesh serta penggulingan kekuasaan PM Sheikh Hasina bakal berbuntut panjang. Putra Sheikh Hasina, Sajeeb Wazed menyebut Bangladesh bakal dibuat seperti Suriah.

Dia juga telah menyatakan keprihatinannya atas serangan terhadap para pemimpin partai ibunya dan kelompok minoritas di negara itu di tengah kekacauan politik besar-besaran.

Dua puluh jenazah pemimpin Liga Awami ditemukan di seluruh Bangladesh setelah Sheikh Hasina meninggalkan negara tersebut, menyusul protes keras yang dilakukan para mahasiswa dan warga atas pemberian kuota pekerjaan kepada anak-anak pejuang kemerdekaan.

“Semua rumah anggota parlemen dan menteri kami telah dibakar. Saya akan meminta bantuan pemerintah India untuk memastikan keselamatan mereka,” kata Sajeeb Wazed dikutip dari NDTV, Rabu(7/8/2024).

"Ini bukan gerakan politik. Kalau ini gerakan politik kenapa mereka membunuh orang," tambahnya.

Kelompok sayap kanan dan tokoh masyarakat mengklaim bahwa sejumlah kuil Hindu, tempat usaha dan kuil di Bangladesh telah dirusak oleh massa yang melakukan kekerasan setelah jatuhnya pemerintahan Sheikh Hasina.

“Ketika Jamaat-e-Islami berkuasa terakhir kali, terjadi serangan terhadap kelompok minoritas secara teratur. Serangan terus terjadi. Pembakaran, penjarahan, pembunuhan orang."

"Vandalisme kuil dan parlemen. Gambaran yang Anda lihat bukanlah pengunjuk rasa demokratis, ini adalah gambar massa yang melakukan kekerasan," ujar Sajeeb.

Saat ditanya seperti apa masa depan Bangladesh, Sajeeb Wazed mengatakan Bangladesh menghadapi risiko menjadi seperti Suriah. "Saya ingin mengatakan Pakistan, tapi sepertinya Bangladesh sudah menjadi seperti Suriah." ujarnya.

Demonstran antipemerintah berbaris menuju istana Perdana Menteri Sheikh Hasina sementara personel militer (tengah) berjaga di daerah Shahbag, dekat Universitas Dhaka di Dhaka pada tanggal 5 Agustus 2024. - Protes di Bangladesh yang dimulai sebagai demonstrasi yang dipimpin mahasiswa terhadap aturan perekrutan pemerintah pada bulan Juli mencapai puncaknya pada tanggal 5 Agustus, ketika perdana menteri melarikan diri dan militer mengumumkan akan membentuk pemerintahan sementara. (Photo by Munir UZ ZAMAN / AFP) Demonstran antipemerintah berbaris menuju istana Perdana Menteri Sheikh Hasina sementara personel militer (tengah) berjaga di daerah Shahbag, dekat Universitas Dhaka di Dhaka pada tanggal 5 Agustus 2024. - Protes di Bangladesh yang dimulai sebagai demonstrasi yang dipimpin mahasiswa terhadap aturan perekrutan pemerintah pada bulan Juli mencapai puncaknya pada tanggal 5 Agustus, ketika perdana menteri melarikan diri dan militer mengumumkan akan membentuk pemerintahan sementara. (Photo by Munir UZ ZAMAN / AFP) (AFP/MUNIR UZ ZAMAN)

“Mereka (rakyat Bangladesh) telah menentukan masa depan mereka. Mereka harus menjalaninya. Ini akan menjadi suram, pertumbuhan ekonomi akan terhenti, militansi akan terus berlanjut,” katanya.

Pelopor keuangan mikro pemenang Nobel di Bangladesh, Muhammad Yunus, ditunjuk sebagai kepala pemerintahan sementara yang didukung militer setelah tergulingnya Sheikh Hasina.

Sheikh Hasina putri pendiri Bangladesh Sheikh Mujibur Rahman diberi ultimatum selama 45 menit untuk mundur sebagai Perdana Menteri pada hari Senin(5/8/2024).

Hasina meninggalkan ibu kota negara bagian Dhaka dengan pesawat militer menuju India setelah mengundurkan diri.

Menteri Luar Negeri S Jaishankar kemarin mengatakan pemerintah memberikan waktu kepada Sheikh Hasina untuk "pulih" dan memberitahu mereka tentang langkah selanjutnya.

Sheikh Hasina kabur ke India menggunakan helikopter militer setelah mengundurkan diri dari kursi perdana menteri Bangladesh pada Senin, 5 Agustus 2024. Sheikh Hasina kabur ke India menggunakan helikopter militer setelah mengundurkan diri dari kursi perdana menteri Bangladesh pada Senin, 5 Agustus 2024. (Bangladesh Post)

“Dalam waktu yang sangat singkat, dia meminta persetujuan untuk datang sejenak ke India. Kami sekaligus menerima permintaan izin penerbangan dari pihak berwenang Bangladesh,” ujarnya.

Seorang sumber sebelumnya mengatakan Hasina ingin pergi ke London meminta suaka untuk mendapatkan perlindungan, namun putranya Sajeeb Wazed menepis spekulasi tersebut.

“Laporan tentang permintaan suakanya tidak benar. Dia belum meminta suaka di mana pun. Jadi pertanyaannya adalah Inggris atau AS belum merespons itu tidak benar," kata Sajeeb. (NDTV)

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #kekacauan #kerusuhan #sipil #dhaka #bagian #dari #skenario #jadikan #bangladesh #next #suriah

KOMENTAR