Umat Hindu Jadi Sasaran Amuk Massa di Bangladesh, Muslim Ikut Bantu Jaga Kuil
ILUSTRASI Demonstran antipemerintah mengibarkan bendera nasional Bangladesh saat menyerbu istana Perdana Menteri Sheikh Hasina di Dhaka pada tanggal 5 Agustus 2024. - Kepala militer Bangladesh Waker-Uz-Zaman menghabiskan hampir empat dekade untuk naik ke puncak militer dan mengatakan pada tanggal 5 Agustus, dia ''mengambil tanggung jawab penuh'' setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina digulingkan dan melarikan diri. (Photo by K M ASAD / AFP) 
17:20
7 Agustus 2024

Umat Hindu Jadi Sasaran Amuk Massa di Bangladesh, Muslim Ikut Bantu Jaga Kuil

- Rumah warga penganut Hindu di Bangladesh menjadi target sasaran amuk massa saat kerusuhan berdarah terjadi di Dhaka setelah PM Sheikh Hasina melarikan diri ke India.

Wakil Ketua Partai Nasionalis Bangladesh, Tarique Rahman dan Mantan Perdana Menteri Bangladesh, Khaleda Zia menjadi dua tokoh penting yang terus menyerukan perdamaian dan ketenangan di Bangladesh.

Sebuah Asosiasi Komunitas Umat Hindu di Bangladesh menyebut sejumlah kuil serta tempat usaha dan ruko diserang oleh massa yang melakukan kekerasan setelah Sheikh Hasina digulingkan dari jabatan Perdana Menteri.

Meskipun para pemimpin gerakan yang menggulingkan pemerintahan Liga Awami telah mengimbau masyarakat untuk tidak menargetkan minoritas Hindu, kekhawatiran muncul mengenai keselamatan mereka.

Untungnya, beberapa suara telah keluar untuk mendukung umat Hindu dan beberapa kuil dijaga oleh umat Muslim dan Hindu secara bersama-sama.

Umat Hindu berjumlah hampir 8 persen dari total populasi penduduk Bangladesh yang berjumlah kurang lebih 149,77 juta orang dan sebagian besar komunitas ini secara tradisional mendukung Liga Awami pimpinan Sheikh Hasina. Hal ini disebabkan oleh ikatan kuat Sheikh Hasina dengan India dan sikap Liga Awami sebagai kekuatan sekuler dibandingkan dengan oposisi yang terdiri dari kekuatan garis keras.

Ketika pemerintah digulingkan dan pemerintahan baru belum mengambil alih kekuasaan, massa mengamuk menargetkan kantor polisi, penjara, rumah para pemimpin Liga Awami dan bangunan-bangunan umat Hindu.

“Saya menyerukan kepada masyarakat Bangladesh untuk menahan diri dan tenang di tengah momen transisi jalur demokrasi kita. Adalah tugas kita untuk melindungi semua warga Bangladesh, terlepas dari agama dan politiknya, dari kekerasan yang diskriminatif, dan tidak melecehkan pihak tertentu. komunitas, menciptakan perpecahan, atau membalas dendam. Muslim, Hindu, Kristen, Budha, penganut agama, atheis tidak ada yang akan tertinggal atau dirugikan dalam jalur demokrasi kita bersama, kita semua bangga menjadi warga Bangladesh,” ujar Tarique Rahman dalam cuitannya di X(twitter), Rabu(7/8/2024).

Dewan Persatuan Kristen Hindu-Budha Bangladesh mengatakan kepada Reuters bahwa 200 hingga 300 rumah, sebagian besar milik umat Hindu, dan tempat usaha telah menjadi sasaran sejak Senin(5/8/2024). Sekitar 15-20 kuil Hindu telah dirusak dan 40 orang terluka, meski tidak serius, kata Sekretaris Jenderal Organisasi tersebut Rana Dasgupta.

"Kekejaman komunal terjadi beberapa jam sebelum dia mengundurkan diri. Meski tidak ada pembunuhan, namun ada yang terluka. Rumah dan tempat usaha kaum minoritas, terutama umat Hindu, serta kuil, menjadi sasaran, dijarah, dirusak," kata Rana.

Ahli pembangunan yang berbasis di Dhaka, Avirup Sarkar, mengatakan kepada BBC bahwa sepupunya tinggal di Netrokona, sekitar 100 km dari Dhaka. Beberapa jam setelah Sheikh Hasina meninggalkan negaranya, dia menelepon Sarkar.

 "Dia terdengar ketakutan. Dia mengatakan rumahnya telah diserang dan dijarah oleh massa," katanya kepada BBC. Sepupu Sarkar mengatakan kepadanya bahwa 100 orang bersenjatakan tongkat telah menyerbu rumah, menghancurkan perabotan, TV, perlengkapan kamar mandi dan pintu. Mereka juga mengambil uang tunai dan perhiasan. Mereka tidak menyerang siapapun di rumah itu.

"Kalian adalah keturunan Liga Awami. Negara ini berada dalam kondisi yang buruk karena kalian. Kalian harus meninggalkan negara ini," teriak massa kepada warga, menurut laporan BBC.

Pradip Kumar Bhowmik, seorang jurnalis Daily Khobor Patra, meninggal dunia setelah diserang dalam sebuah serangan massa di Raiganj Press Club di Sirajganj.Tiga jurnalis lainnya terluka. Sebanyak 25 jurnalis terluka dalam insiden penyerangan di seluruh negeri, The Daily Star melaporkan. Banyak dari mereka adalah Muslim.

Di Dhanmondi, Dhaka, massa yang melakukan kekerasan menyerang rumah leluhur penyanyi Bangladesh Rahul Ananda dan membakar alat musik dan perabotannya. Anggota keluarganya berhasil lolos dari serangan itu. Band folk Joler Gaan yang dinyanyikan oleh Rahul Ananda, telah memasang video rekaman terakhir mereka di ruangan yang sekarang sudah hancur.

Di tengah laporan mengenai kelompok minoritas dan kuil yang menjadi sasaran, Dhaka Tribune mengirimkan koresponden ketiga kuil dan menemukan umat Hindu dan Muslim menjaga tempat ibadah tersebut. Di Kuil Nasional Dhaneshwari, penduduk setempat Raj Ghosh mengatakan, baik tetangga Muslim dan Hindu menjaga untuk melindungi kuil tersebut. Beberapa orang telah menggunakan kuil ini untuk keuntungan mereka sendiri.

"Kami mengakui upaya mereka dalam mengembangkannya, namun mereka secara paksa memindahkan kami dari sana," ujar Raj.

Ranjan Kumar Das, warga lainnya, berkata ada kekhawatiran kuil ini menjadi sasaran.

"Tadi malam, beberapa pelajar dan Muslim setempat bersama kami. Mereka memberikan rincian kontak mereka untuk bantuan jika kami diserang. Saudara Muslim kami yang punya berdiri di samping kita sedang memberi contoh," ujarnya.

Di Kuil Ramna Kali, mahasiswa Universitas Dhaka Rafid Azad berjaga. Dia mengatakan kelompok-kelompok tersebut bergiliran menjaga kuil. Ketika ditanya siapa dalang dibalik serangan terhadap kuil-kuil tersebut, ia mengatakan.

"Kami telah melihat contoh dari banyak negara di mana, ketika sebuah rezim gagal, beberapa orang melihat sebuah peluang. Kami tidak dapat mengatakan dengan jelas siapa yang menyerang kuil-kuil. Siapa pun yang berada di balik serangan ini adalah pelakunya." suatu hal yang mengerikan." ujarnya.

Dia mengatakan pemerintahan baru harus menjamin hak-hak dasar, termasuk agama dan kebebasan berbicara.

“Jelas, kami tidak menginginkan pemerintahan yang fanatik, kami menginginkan pemerintahan untuk semua orang," katanya.

Di kuil ISKCON Swami Bag, tidak ada penjaga, namun dua poster bertuliskan, "Kalian adalah saudara kami, jangan takut" dan "Bangladesh adalah untuk kita semua". Anggota ISKCON Durval Harinam Das mengatakan kepada Dhaka Tribune, "Di wilayah ini, kami memiliki hubungan baik dengan semua orang, jadi tidak ada alasan untuk takut.". (BBC/Reuters/Dhaka Tribune/NDTV.COM)

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #umat #hindu #jadi #sasaran #amuk #massa #bangladesh #muslim #ikut #bantu #jaga #kuil

KOMENTAR