Tutupi Kekalahan di Jalur Gaza, Israel Lakukan Provokasi Hingga Bunuh Ismail Haniyeh, Kremlin: Rusak Perdamaian
Seorang pria duduk di antara reruntuhan bangunan di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Xinhua/Rizek Abdeljawad/rwa.
14:32
1 Agustus 2024

Tutupi Kekalahan di Jalur Gaza, Israel Lakukan Provokasi Hingga Bunuh Ismail Haniyeh, Kremlin: Rusak Perdamaian

Kantor berita Iran membongkar aksi gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina hingga menyebabkan ribuan orang meninggal dunia. Namun ada fakta mengejutkan selama ini mungkin tidak diketahui banyak orang di dunia, terutama masyarakat Indonesia.

Berdasarkan pemberitaan dari kantor berita Iran, selama ini ternyata Israel kalah saat genjatan senjata di Jalur Gaza, cara licik pun dilakukan negara disebut warga Tanah Air kejam itu dengan melakukan upaya aksi provokatif.

Tidak hanya itu saja, demi menutupi kekalahan di Jalur Gaza, Israel pun melancarkan serangan udara hingga membuat kepala biro politik kelompok perjuangan Palestina, Hamas, Ismail Haniyeh tewas.

"Aksi terbaru Israel [pembunuhan Haniyeh] membuktikan bahwa rezim ini berupaya menebus kegagalannya di Jalur Gaza lewat perbuatan yang membingungkan namun provokatif," kata kata penasihat Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, Ali Larijani, dikutip Kamis (1/8/2024).

Baca Juga: Persiapan TC di Korea, Jens Raven Justru Tinggalkan Timnas Indonesia, Apa Alasannya?

"Tentu saja, dengan tindakan balasan ke arah ini, Tel Aviv tidak hanya akan gagal menerobos kebuntuan keamanan strategis, namun akan jatuh ke pusaran yang baru," sambungnya dengan tegas.

Sebelumnya pada hari itu, Hamas mengonfirmasi kematian Haniyeh akibat serangan Israel di kediamannya di Ibu Kota Iran, Teheran.

Menurut Hamas, Haniyeh tewas dalam "serangan" yang dilakukan Israel di kediamannya di Teheran usai menghadiri upacara pelantikan presiden Iran.

Teuku Wisnu berduka atas meninggalnya Ismail Haniyeh (Instagram/@teukuwisnu)Teuku Wisnu berduka atas meninggalnya Ismail Haniyeh (Instagram/@teukuwisnu)

Ditempat terpisah, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengutuk keras pembunuhan kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, dengan menyebut peristiwa itu merusak prospek untuk mengakhiri konflik di Gaza.

"Kami mengutuk keras serangan ini, yang mengakibatkan kematian Bapak Haniyeh. Tindakan seperti itu merusak upaya untuk membangun perdamaian di kawasan dan dapat secara signifikan mengganggu stabilitas situasi yang sudah tegang," kata Peskov di Moskow.

Baca Juga: Juara Piala AFF U-19, Indra Sjafri Bakal Pusing Cari Pemain Lokal untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 karena Ini

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut serangan itu sebagai "pembunuhan politik."

Dalam jumpa pers di Moskow, Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Andrey Nastasyin mengatakan serangan itu terjadi saat Haniyeh berada di Iran untuk pelantikan resmi Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

"Para dalang pembunuhan politik ini jelas menyadari dampak buruk yang dapat ditimbulkan tindakan ini bagi kawasan tersebut. Tidak diragukan lagi bahwa pembunuhan Ismail Haniyeh akan sangat mengganggu negosiasi tidak langsung yang sedang berlangsung antara Hamas dan Israel, yang difokuskan pada pembentukan kondisi gencatan senjata yang dapat diterima bersama di Jalur Gaza," kata Nastasyin. [Antara].

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #tutupi #kekalahan #jalur #gaza #israel #lakukan #provokasi #hingga #bunuh #ismail #haniyeh #kremlin #rusak #perdamaian

KOMENTAR