Houthi: AS Sebut Houthi Sebagai Teroris, Itu Takkan Menghalangi Upaya Mereka untuk Membela Palestina
Anggota Houthi berpatroli di Laut Merah dan menunjukkan solidaritasnya terhadap warga Gaza, 4 Januari 2024. Serangan AS terhadap Houthi kebanyakan mengalami kegagalan. 
12:30
18 Januari 2024

Houthi: AS Sebut Houthi Sebagai Teroris, Itu Takkan Menghalangi Upaya Mereka untuk Membela Palestina

Houthi mengatakan upaya Amerika Serikat menyebut mereka sebagai teroris global tidak akan menghalangi dukungan mereka melakukan berbagai upaya untuk membela Palestina.

Kelompok Houthi Yaman mengatakan pada Rabu, bahwa keputusan AS untuk menetapkan kembali kelompok tersebut sebagai “teroris global” tidak akan menghalangi mereka untuk mendukung Palestina, Anadolu Agency melaporkan.

“Keputusan AS tidak akan berdampak di lapangan,” kata juru bicara Houthi, Mohamed Abdel-Salam, kepada televisi Al Jazeera yang berbasis di Qatar.

“Penunjukan Amerika tidak akan menghalangi kami untuk mendukung Palestina dan rakyat Palestina,” katanya. “Keputusan AS hanya akan meningkatkan kepatuhan kami terhadap posisi kami dalam mendukung Palestina.”

Keputusan pada hari Rabu ini membalikkan keputusan AS sebelumnya pada tahun 2021 yang menghapus Houthi dari Daftar Teroris Global yang Ditunjuk Khusus (SDGT) AS.

Houthi melepaskan rudal dan menghantam kapal Amerika Serikat. Houthi melepaskan rudal dan menghantam kapal Amerika Serikat. (Ist)

Ketegangan meningkat di Laut Merah di tengah serangan Houthi terhadap kapal komersial yang diduga memiliki hubungan dengan Israel.

Houthi mengatakan serangan mereka bertujuan untuk menekan Tel Aviv agar menghentikan serangan mematikannya di Jalur Gaza, yang telah menewaskan sedikitnya 24.448 orang sejak serangan lintas perbatasan oleh Hamas pada 7 Oktober.

AS dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap sasaran Houthi di Yaman dalam beberapa hari terakhir sebagai pembalasan atas serangan tersebut, yang telah menciptakan kekhawatiran akan terjadinya serangan inflasi baru dan gangguan rantai pasokan.

Laut Merah adalah salah satu jalur laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.

Militer AS Bombardir Yaman

Militer Amerika Serikat Kembali meluncurkan rentetan rudal Terhadap Situs Houthi di Yaman.

Serangan tersebut menyusul pengumuman resmi pada hari Rabu bahwa AS telah memasukkan kembali kelompok Houthi ke dalam daftar teroris global yang ditetapkan secara khusus.

Militer AS kembali melancarkan gelombang serangan rudal yang diluncurkan dari kapal dan kapal selam terhadap situs-situs yang dikuasai Houthi pada Rabu, kata beberapa pejabat AS.

Ini menandai keempat kalinya dalam beberapa hari ini mereka secara langsung menargetkan kelompok tersebut di Yaman sebagai kekerasan yang memicu kekerasan. Pasca perang Israel-Hamas terus meluas di Timur Tengah.

Serangan tersebut diluncurkan dari Laut Merah dan menghantam lebih dari selusin lokasi, kata pejabat AS.

Serangan tersebut menyusul pengumuman resmi pada hari Rabu bahwa AS telah memasukkan kembali kelompok Houthi ke dalam daftar teroris global yang ditetapkan secara khusus.

Sanksi yang diberikan bersamaan dengan penetapan resmi tersebut dimaksudkan untuk memutus kelompok ekstremis kekerasan dari sumber pendanaan mereka.

Para pejabat tersebut berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas rincian yang belum dipublikasikan.

Meskipun ada sanksi dan serangan militer, termasuk operasi skala besar pada hari Jumat yang dilakukan oleh kapal perang dan pesawat tempur AS dan Inggris yang menyerang lebih dari 60 sasaran di Yaman, kelompok Houthi terus melanjutkan kampanye pelecehan mereka terhadap kapal komersial dan militer.

Insiden terbaru terjadi pada hari Rabu ketika sebuah drone serang satu arah diluncurkan dari daerah yang dikuasai Houthi di Yaman dan menghantam M/V Genco Picardy yang berbendera Kepulauan Marshall, dimiliki dan dioperasikan oleh AS, di Teluk Aden.


Peringatkan Iran Setop Beri Senjata Kepada Houthi

AS juga telah memperingatkan Iran agar berhenti memberikan senjata kepada kelompok Houthi. Pada hari Kamis, serangan AS terhadap kapal dhow berhasil mencegat bagian-bagian rudal balistik yang menurut AS dikirim oleh Iran ke Yaman. Dua US Navy SEAL masih belum ditemukan setelah salah satunya terlempar dari kapal oleh gelombang saat penyitaan dan yang kedua mengikuti SEAL yang berhasil masuk ke dalam air.

Pada hari Rabu, sekretaris pers Pentagon Mayjen Pat Ryder mengatakan AS akan terus mengambil tindakan militer untuk mencegah serangan lebih lanjut.

“Mereka mengeksploitasi situasi ini untuk melakukan serangan terhadap kapal-kapal dari lebih dari 50 negara… di seluruh dunia. Oleh karena itu, kami akan terus bekerja sama dengan mitra kami di kawasan ini untuk mencegah serangan-serangan tersebut atau mencegah serangan-serangan tersebut di masa depan,” kata Ryder.

Ada beberapa insiden sejak operasi gabungan hari Jumat. Kelompok Houthi menembakkan rudal jelajah anti-kapal ke arah kapal perusak Angkatan Laut AS pada akhir pekan, namun kapal tersebut menembak jatuh. Kelompok Houthi kemudian menyerang sebuah kapal milik Amerika di Teluk Aden pada hari Senin dan sebuah kapal curah berbendera Malta di Laut Merah pada hari Selasa.

Sebagai tanggapannya pada hari Selasa, AS menyerang empat rudal balistik anti-kapal yang siap diluncurkan dan memberikan ancaman nyata terhadap kapal dagang dan Angkatan Laut AS di wilayah tersebut.

Beberapa jam kemudian, kelompok Houthi mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal curah Zografia berbendera Malta. Kapal itu tertabrak, tetapi tidak ada yang terluka dan kapal terus melanjutkan perjalanan.

(Sumber: Saba, Anadolu Agency, AP, The Messenger)

Tag:  #houthi #sebut #houthi #sebagai #teroris #takkan #menghalangi #upaya #mereka #untuk #membela #palestina

KOMENTAR