Houthi Sebut Rudalnya Hantam Kapal Entitas Israel, AS Lancarkan Serangan Baru Sasar Rudal Balistik
Kapal-kapal dari Gerald R. Ford Carrier Strike Group (GRFCSG) dan Bataan Amphibious Ready Group (ARG), dan fregat Angkatan Laut Hellenic HS Navarinon (F 461) berlayar dalam formasi di Laut Mediterania. (31 Desember 2023). (Maxwell Orlosky / Departemen Pertahanan AS/AFP) 
17:50
17 Januari 2024

Houthi Sebut Rudalnya Hantam Kapal Entitas Israel, AS Lancarkan Serangan Baru Sasar Rudal Balistik

Kelompok Houthi Yaman pada Selasa (16/1/2024) mengklaim telah menyerang  kapal tujuan Israel menggunakan rudal angkatan laut di Laut Merah.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Houthi Yahya Saree mengatakan serangan itu “mengakibatkan target terkena serangan langsung.”

Ketegangan meningkat di Laut Merah saat serangan Houthi terhadap kapal komersial yang diduga memiliki hubungan dengan Israel kian intensif.

Laut Merah adalah salah satu jalur laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.

Houthi mengatakan serangan dan blokade Laut Merah mereka bertujuan untuk menekan Tel Aviv agar menghentikan serangan mematikannya di Jalur Gaza, yang telah menewaskan sedikitnya 24.285 orang sejak serangan lintas perbatasan oleh Hamas pada 7 Oktober.

Sekutu Israel, Amerika Serikat dan Inggris turun tangan dengan melancarkan serangan udara terhadap situs dan fasilitas Houthi di Yaman dalam beberapa hari terakhir sebagai pembalasan atas serangan dan blokade tersebut.

Aksi AS dan Inggris ini telah menciptakan kekhawatiran akan terjadinya serangan inflasi baru dan gangguan rantai pasokan.

kapal-kapal dari Gerald R. Ford Carrier Strike Group (GRFCSG) dan Bataan Amphibious Ready Group (ARG), dan fregat Angkatan Laut Hellenic HS Navarinon (F 461) berlayar dalam formasi di Laut Mediterania. (31 Desember 2023). (Nolan PENNINGTON/ Departemen Pertahanan AS/AFP) kapal-kapal dari Gerald R. Ford Carrier Strike Group (GRFCSG) dan Bataan Amphibious Ready Group (ARG), dan fregat Angkatan Laut Hellenic HS Navarinon (F 461) berlayar dalam formasi di Laut Mediterania. (31 Desember 2023). (Nolan PENNINGTON/ Departemen Pertahanan AS/AFP) (AFP/NOLAN PENNINGTON)

AS Lancarkan Serangan Baru, Sasar Rudal Balistik Houthi

Belakangan dilaporkan, AS merespons serangan Houthi dengan melancarkan serangan baru pada hari Selasa.

"Serangan AS menyasar empat rudal balistik anti-kapal yang siap diluncurkan dari wilayah yang dikuasai Houthi," kata Anadolu Agency melaporkan.

“Pada tanggal 16 Januari, sekitar pukul 13.45 (waktu Sana'a), militan Houthi yang didukung Iran meluncurkan rudal balistik anti-kapal dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi ke jalur pelayaran internasional di Laut Merah Selatan,” kata komando militer AS, US Central Command (CENTCOM) dalam sebuah pernyataan.

Pihak CENTCOM mengatakan kapal yang menjadi sasaran serangan terbaru Houthi adalah sebuah kapal curah berbendera Malta, M/V Zografia.

CENTCOM melaporkan bahwa kapal tersebut terkena serangan namun masih layak berlayar dan melanjutkan transit di Laut Merah, dan menambahkan bahwa tidak ada korban luka yang dilaporkan.

“Pada hari sebelumnya, sekitar pukul 4:15 pagi (waktu Sana’a), Pasukan AS menyerang dan menghancurkan empat rudal balistik anti-kapal Houthi yang bersiap diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi,” kata CENTCOM.

(oln/anadolu/Memo/*)

Tag:  #houthi #sebut #rudalnya #hantam #kapal #entitas #israel #lancarkan #serangan #baru #sasar #rudal #balistik

KOMENTAR