Cegah Ketegangan di Timur Tengah Meningkat, Menlu Inggris Desak Israel Tak Balas Serangan Iran
David Cameron. Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel pada Minggu (14/4/2024). 
18:40
15 April 2024

Cegah Ketegangan di Timur Tengah Meningkat, Menlu Inggris Desak Israel Tak Balas Serangan Iran

- Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, mendesak Israel untuk tidak membalas serangan drone dan rudal Iran.

Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel pada Minggu (14/4/2024).

Namun, David Cameron mengatakan, Israel harus berpikir dengan kepala dan hati, karena serangan Teheran hampir gagal total.

Menurutnya, serangan lebih dari 300 rudal dan drone dari Iran hanya menyebabkan kerusakan kecil di Israel.

Sebab, kata dia, sebagian besar ditembak jatuh oleh sistem pertahanan Iron Dome dan dengan bantuan dari AS, Inggris, Prancis, dan Yordania.

Hal ini menyusul dugaan serangan udara Israel terhadap kompleks kedutaan Iran di Suriah pada 1 April 2024.

“Saya pikir mereka dibenarkan untuk berpikir bahwa mereka harus merespons karena mereka telah diserang."

"Namun kami mendesak mereka sebagai teman untuk berpikir dengan kepala dan hati, menjadi cerdas sekaligus tangguh,” kata Cameron, dilansir BBC.

Selanjutnya, Cameron mendesak Israel untuk tidak meningkatkan ketegangan di Timur Tengah.

“Dalam banyak hal, ini merupakan kekalahan ganda bagi Iran."

"Serangan tersebut hampir gagal total, dan mereka mengungkapkan kepada dunia bahwa mereka adalah pengaruh jahat di kawasan yang siap melakukan hal ini."

"Jadi, harapan kami adalah tidak akan ada respons balasan,” tambahnya.

Cameron melanjutkan, Inggris juga akan bekerja sama dengan sekutunya untuk mempertimbangkan penerapan lebih banyak sanksi terhadap Iran.

Inggris juga mendesak Israel untuk kembali fokus pada menyetujui gencatan senjata dengan Hamas yang didukung Iran dalam perang Gaza.

Reaksi Dunia atas Serangan Iran ke Israel

Komunitas internasional bereaksi dengan kekhawatiran setelah Iran meluncurkan drone peledak dan menembakkan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya ke wilayah Israel.

Teheran telah mengancam untuk menyerang Israel setelah serangan udara pada 1 April, yang secara luas disalahkan pada Israel.

Serangan Israel telah menghancurkan konsulat Iran di Suriah, menewaskan 13 orang, termasuk dua jenderal elit Iran.

Ketegangan antara Israel dan Iran meningkat sejak perang enam bulan Israel di Jalur Gaza.

Dikutip dari Al Jazeera, berikut reaksi dunia atas serangan balasan Iran terhadap Israel:

1. Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan kepada wartawan di Ottawa bahwa negaranya “dengan tegas mengutuk serangan udara Iran”, dan menambahkan: “Kami mendukung Israel.”

“Setelah mendukung serangan brutal Hamas pada tanggal 7 Oktober, tindakan terbaru rezim Iran akan semakin mengganggu stabilitas kawasan dan mempersulit perdamaian abadi,” tambahnya.

2. China

Tiongkok sangat prihatin dengan eskalasi setelah serangan Iran, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri dalam pernyataan yang dipublikasikan di situs webnya.

“Tiongkok menyerukan kepada pihak-pihak terkait untuk tetap tenang dan menahan diri untuk menghindari peningkatan ketegangan lebih lanjut,” kata juru bicara tersebut ketika menjawab pertanyaan tentang serangan Iran.

3. Mesir

Kementerian Luar Negeri menyatakan keprihatinan mendalam atas meningkatnya permusuhan dan menyerukan “pengendalian diri secara maksimal”.

Pernyataannya juga memperingatkan “risiko perluasan konflik regional”, dan menambahkan bahwa Mesir akan melakukan kontak langsung dengan semua pihak yang berkonflik untuk mencoba dan mengatasi situasi tersebut.

4. Prancis

Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne mengatakan Iran mengambil langkah baru dalam tindakan destabilisasi dan mengambil risiko eskalasi militer.

Demonstran mengibarkan bendera Iran saat mereka berkumpul di depan Kedutaan Besar Inggris di Teheran pada 14 April 2024, setelah Iran melancarkan serangan drone dan rudal ke Israel. Demonstran mengibarkan bendera Iran saat mereka berkumpul di depan Kedutaan Besar Inggris di Teheran pada 14 April 2024, setelah Iran melancarkan serangan drone dan rudal ke Israel. (AFP/ATTA KENARE)

5. Jerman

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan negaranya akan melakukan segala kemungkinan untuk mencegah eskalasi lebih lanjut di Timur Tengah.

“Kami hanya bisa memperingatkan Iran secara khusus. Adalah baik bahwa Israel, bersama dengan mitra-mitranya, telah berhasil menangkis serangan ini,” katanya dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X.

6. India

India mengatakan pihaknya sangat prihatin atas meningkatnya permusuhan antara Israel dan Iran, yang mengancam perdamaian dan keamanan di kawasan.

“Kami menyerukan deeskalasi segera, menahan diri, mundur dari kekerasan, dan kembali ke jalur diplomasi,” kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

India, tambahnya, memantau dengan cermat perkembangan situasi dan kedutaan besar India di wilayah tersebut selalu berhubungan erat dengan komunitas India.

“Sangat penting untuk menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan ini,” kata pernyataan itu lebih lanjut.

7. Yordania

Perdana Menteri Bisher Khasawneh mengatakan eskalasi apa pun di wilayah tersebut akan mengarah pada “jalan berbahaya” dan mengatakan bahwa semua pihak perlu mengurangi eskalasi.

Dalam sambutannya kepada kabinet, Khasawneh mengatakan angkatan bersenjata negara itu akan menghadapi segala upaya pihak mana pun yang berupaya membahayakan keamanan kerajaan.

8. Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyebut serangan Iran sebagai “konsekuensi dari pemerintah Israel yang melanggar hukum internasional” dengan mengebom konsulat Iran pada 1 April.

Dia mengatakan kekerasan antara kedua negara yang bersaing di kawasan itu tidak “baik bagi perekonomian dan perdamaian dunia,” lapor harian lokal berbahasa Inggris, Malay Mail.

“Perang antara Iran dan Israel yang dimulai setelah pemerintah Zionis Israel menyerang kedutaan Iran, yang bertentangan dengan hukum internasional, adalah konsekuensi dari tindakan seseorang. Ketika Anda melanggar hukum, Anda mengundang reaksi," katanya.

9. Qatar

Negara Teluk tersebut meminta semua pihak terkait untuk menghentikan eskalasi dan menahan diri sepenuhnya.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Qatar menyatakan “keprihatinan mendalamnya terhadap perkembangan di kawasan”.

Pernyataan tersebut meminta semua pihak untuk menghentikan eskalasi, meningkatkan ketenangan, dan menahan diri secara maksimal.

Laporan tersebut mendesak komunitas internasional untuk mengambil tindakan segera untuk meredakan ketegangan dan meredakan situasi di kawasan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #cegah #ketegangan #timur #tengah #meningkat #menlu #inggris #desak #israel #balas #serangan #iran

KOMENTAR