Potensi Konflik Meluas, Yaman Juga Kirim Drone ke Israel, Angkatan Udara Yordania Justru Tembaki Drone Iran
Kondisi kota Amman, Yordania saat rudal dari drone Iran melintasi langit Amman menuju Israel. (AFP News Agency/ youtube.com)
12:03
14 April 2024

Potensi Konflik Meluas, Yaman Juga Kirim Drone ke Israel, Angkatan Udara Yordania Justru Tembaki Drone Iran

 - Langit Tel Aviv dihujani serangan drone pembawa rudal kiriman dari Iran pada hari Sabtu malam (13/04) waktu setempat.   Tel Aviv membunyikan sirine tanda bahaya sejak Sabtu malam untuk memberi peringatan pada warganya. Israel mengklaim hanya mengalami 'kerusakan kecil' pada pangkalan militer mereka dan menyebabkan satu gadis kecil terluka.   Serangan dari Iran ditengarai merupakan serangan balik Iran atas penyerangan Israel terhadap fasilitas diplomatik Iran yang berada di Damaskus, Suriah.  

  Serangan udara dari Israel menyebabkan 12 orang tewas yang dua orang diantaranya merupakan elit militer dari Iran.   Dikutip dari situs resmi agensi berita Iran en.irna.ir pada Minggu (14/04), ternyata bukan hanya Iran yang mengirimkan drone, tiga drone dari Yaman juga ikut serta dalam penyerangan Israel.   Angkatan bersenjata Yaman telah meluncurkan beberapa drone ke arah Israel bersamaan dengan pelepasan rentetan rudal dan drone oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran atau Islamic Revolution Guards Corps (IRGC) terhadap Israel.  

  Tiga drone Yaman meluncur di langit Israel pada saat Iran melancarkan serangan rudal besar-besaran terhadap Israel.   Serangan ini adalah sebuah tanggapan atas serangan Israel terhadap konsulat Iran yang berkedudukan di Damaskus, Suriah.   Drone yang dilepaskan oleh Yaman telah berkoordinasi dengan militer Iran. Namun, tentara Yaman telah melakukan operasi serupa di waktu sebelumnya sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.  

  Tentara Yaman melancarkan operasi mereka melawan Israel atas genosida di Jalur Gaza. Militer Yaman telah berulang kali menyerang kapal Israel atau kapal tujuan Israel di Laut Merah sebagai bagian dari operasi melawan rezim Netanyahu.   Di sisi lain, dikutip dari reuters.com pada Minggu (14/01) Angkatan udara Yordania mencegah dan menembak jatuh puluhan drone Iran yang melanggar wilayah udaranya dan menuju Israel.   Angkatan udara Yordania mengatakan kekuatan militer mereka juga dalam keadaan siaga tinggi dan sistem radar memantau setiap aktivitas drone yang datang dari arah Irak dan Suriah.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #potensi #konflik #meluas #yaman #juga #kirim #drone #israel #angkatan #udara #yordania #justru #tembaki #drone #iran

KOMENTAR