Kapal Terbakar Kena Rudal di Teluk Aden Saat Houthi Bersumpah Nge-Gas Serang Israel-AS-Inggris
Peta Laut Merah, Djibouti, Yaman, dan Teluk Aden. 
17:40
23 Pebruari 2024

Kapal Terbakar Kena Rudal di Teluk Aden Saat Houthi Bersumpah Nge-Gas Serang Israel-AS-Inggris

- Sebuah kapal terbakar setelah terkena dua rudal di tenggara pelabuhan Aden Yaman pada Kamis (22/2/2024), menurut pernyataan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO).

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Hal ini terjadi ketika kelompok Houthi Yaman meningkatkan serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden.

Kelompok yang menguasai sebagian besar Yaman itu diketahui menargetkan kapal dagang sebagai respons terhadap bombardemen dan agresi Israel di Gaza, yang dimulai pada bulan Oktober.

Amerika Serikat (AS) dan Inggris menanggapi aksi Houthi itu dengan membentuk satuan tugas koalisi internasional dengan dalih untuk melindungi navigasi perairan di wilayah tersebut.

Insiden Kamis terjadi 70 mil laut dari Aden, dan pasukan koalisi merespons, menurut UKMTO, yang merupakan layanan pemantauan yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Inggris.

"Investigasi sedang dilakukan," tambah keterangan UMKTO.

Sejauh ini belum ada informasi resmi mengenai jenis kapal yang ditabrak, kerusakan, atau korban jiwa.

Menurut Associated Press, data pelacakan kapal mengidentifikasi kapal tersebut sebagai kapal kargo berbendera Palau bernama Islander yang datang dari Thailand menuju Mesir.

Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke, USS Delbert D. Black (DDG 119), berlayar di Laut Mediterania. (31 Desember 2023). (Nolan PENNINGTON / Departemen AS Pertahanan/AFP) Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke, USS Delbert D. Black (DDG 119), berlayar di Laut Mediterania. (31 Desember 2023). (Nolan PENNINGTON / Departemen AS Pertahanan/AFP) (AFP/NOLAN PENNINGTON)

Kapal Perang AS Dalam Bahaya

Awal pekan ini, kelompok Houthi mengklaim telah menargetkan kapal kargo Israel, sejumlah kapal perang AS, dan kapal Inggris dalam sebuah insiden yang digambarkan sebagai “bencana,” yang menyebabkan awak kapal meninggalkan kapal.

Komando Pusat AS mengatakan pihaknya telah melakukan “serangan pertahanan diri” terhadap rudal Houthi dan peluncur yang siap ditembakkan dari Yaman menuju Laut Merah pada Rabu.

Menurut CENTCOM, senjata tersebut “menimbulkan ancaman besar terhadap kapal dagang dan kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut.”

Bersumpah Tingkatkan Serangan Terhadap Israel, AS, dan Inggris 

Setelah Israel melancarkan operasi militernya melawan Hamas di Gaza pada bulan Oktober, militan Houthi mulai menyerang kapal-kapal yang mereka yakini terkait dengan Israel, mengklaim kalau mereka bertindak sebagai bentuk “solidaritas” terhadap Palestina.

Namun, setelah AS dan Inggris melakukan sejumlah serangan terhadap fasilitas Houthi di Yaman, kelompok tersebut mengatakan kalau mereka sekarang juga akan menyerang kapal-kapal yang berafiliasi dengan negara tersebut.

Pemimpin Houthi Yaman, Abdul Malik Al-Houthi, juga pada Kamis (22/2/2024), bersumpah akan meningkatkan serangan terhadap kapal-kapal Israel, Amerika dan Inggris yang melewati Laut Merah, Teluk Aden, dan Bab Al-Mandab.

Dalam pidato di televisi yang disiarkan oleh saluran Al-Masirah milik kelompok tersebut, Al-Houthi mengatakan kelompok tersebut telah menargetkan 48 kapal Israel, Amerika dan Inggris di Laut Merah dan Laut Arab, sejak dimulainya agresi Israel di Gaza.

"Hal ini adalah pencapaian yang penting, meskipun musuh telah mengurangi pergerakan [kapal], menyamarkan mereka dan memblokir informasi mereka,” kata Al-Houthi.

Al-Houthi juga mengungkapkan, kelompok tersebut telah memperkenalkan “senjata kapal selam” ke dalam operasinya di Laut Merah dan Laut Arab, mengingat hal ini “mengkhawatirkan musuh”.

Mengenai operasi melawan Israel, dia mengatakan kelompok tersebut telah meluncurkan 183 rudal dan drone ke sasaran Israel di Wilayah Pendudukan Palestina sejak dimulainya agresi terhadap Jalur Gaza.

Al-Houthi menuduh Amerika Serikat “memberikan kedok terbesar untuk membuat rakyat Palestina kelaparan di Gaza, yang telah mencapai tingkat yang memalukan dan memalukan bagi negara-negara dan institusi-institusi Barat”.

Kegubernuran Hudaydah Kena Hajar Serangan Udara

Sebelumnya pada Kamis, kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan mengumumkan kalau Amerika Serikat dan Inggris telah melancarkan empat serangan baru di Provinsi Hudaydah, Yaman barat.

Laporan saluran satelit Al-Masirah melaporkan dalam berita singkat, kalau “militer dan pesawat mata-mata ” terus terbang di atas wilayah udara Kegubernuran, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pada Rabu, kelompok Houthi mengumumkan, dalam pernyataan terpisah, bahwa Kegubernuran Hudaydah telah menjadi sasaran sebelas serangan Amerika-Inggris.

Hudaydah dianggap sebagai salah satu provinsi terpenting di Yaman, karena memiliki tiga pelabuhan penting, selain memiliki jalur pantai yang panjang.

Pada November, kelompok Houthi mulai menargetkan kapal-kapal milik Israel dan kapal-kapal tujuan Israel di Laut Merah sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina yang menghadapi perang genosida Israel di Jalur Gaza yang terkepung.

Kelompok ini telah berulang kali mengatakan, kalau mereka akan menghentikan operasinya ketika Israel menghentikan serangannya di Gaza yang telah menewaskan hampir 30.000 warga Palestina, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak.

Namun, pada Januari, Washington dan London meningkatkan ketegangan di Laut Merah dengan menargetkan fasilitas-fasilitas Houthi di Yaman, aksi yang kemudian mendorong kelompok tersebut untuk memasukkan kapal-kapal dari negara-negara tersebut dalam serangan mereka.

Tag:  #kapal #terbakar #kena #rudal #teluk #aden #saat #houthi #bersumpah #serang #israel #inggris

KOMENTAR