Krisis Tenaga Medis di Korea Selatan Akibat Demo, Operasi Seorang Ibu Dibatalkan di Menit-Menit Terakhir
Ibu bermarga Lee harus mencari rumah sakit lain untuk melahirkan./Allkpop
22:03
20 Februari 2024

Krisis Tenaga Medis di Korea Selatan Akibat Demo, Operasi Seorang Ibu Dibatalkan di Menit-Menit Terakhir

 - Di tengah-tengah protes yang sedang berlangsung terhadap keputusan pemerintah Korea Selatan, untuk meningkatkan jumlah siswa tahunan di sekolah kedokteran.

Pasangan yang mengharapkan calon bayi kembar mereka lahir, harus menerima berita yang menyedihkan dari rumah sakit.    Berita tersebut adalah pembatalan operasi secara tiba-tiba, karena aksi kolektif para dokter yang membuat mereka sangat bingung.   Karena pemberitahuan tersebut hanya sehari sebelum operasi caesar, yang dijadwalkan akan dilaksanakan di rumah sakit Universitas Nasional Seoul.    Dikutip dari Allkpop, seorang ibu bermarga Lee, berusia 34 tahun, yang dimana dirinya sedang mempersiapkan kelahiran bayi kembar dikejutkan oleh panggilan telepon dari rumah sakit pada tanggal 18 Februari KST (Korea Standard Time).   Rumah sakit Universitas Nasional Seoul memberitahukan bahwa operasi tidak akan berjalan sesuai rencana, karena mereka saat itu kekurangan staf.   

  Awalnya pasangan dari bayi kembar tersebut diberitahu bahwa operasi dapat dilakukan, tetapi dengan potensi masalah pasca perawatan karena kekurangan staf.    Mereka kemudian diinstruksikan untuk mencari tempat lain untuk melakukan operasi, karena ada kasus yang lebih mendesak yang harus diprioritaskan untuk ditangani.   "Kami telah mempersiapkan diri dengan cermat selama berbulan-bulan, hanya untuk tiba-tiba diberitahu untuk pergi ke tempat lain."    "Risiko dalam operasi sesar kembar sangat besar, dan perubahan mendadak itu membuat kami cemas dan bingung. Haruskah kami menanggung konsekuensi seperti itu?" jelas sang suami yang mengekspresikan rasa frustrasinya.   Kasus pasangan tersebut ternyata banyak dialami orang lain yang dibagikan di komunitas online, dimana orang-orang menghadapi pembatalan operasi secara sepihak, yang menyebabkan kekacauan dan ketidakpastian.   Asosiasi Residen Medis Korea memutuskan untuk mengundurkan diri secara kolektif di rumah sakit besar di Seoul, termasuk Seoul National University, Seoul Asan, Severance, Samsung Seoul, hingga Rumah Sakit Seoul St.    Akibatnya, jadwal operasi kembali dikoordinasikan ulang, yang berdampak pada para pasien seperti keluarga Lee.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #krisis #tenaga #medis #korea #selatan #akibat #demo #operasi #seorang #dibatalkan #menit #menit #terakhir

KOMENTAR