Takut Intifada Ketiga di Tepi Barat, Israel Pindahkan Pemimpin Fatah Marwan Barghouti ke Sel Isolasi
Pemimpin Fatah Tepi Barat Palestina Marwan Barghouti memberi isyarat saat dia tiba di pengadilan distrik Tel Aviv 20 Mei 2004. Pada Juni 2004, Marwan Barghouti dijatuhi lima hukuman seumur hidup ditambah 40 tahun penjara di Israel. 
19:50
15 Februari 2024

Takut Intifada Ketiga di Tepi Barat, Israel Pindahkan Pemimpin Fatah Marwan Barghouti ke Sel Isolasi

Pihak administrasi penjara Israel dilaporkan memindahkan pemimpin terkemuka Fatah, Marwan Barghouti, ke sel isolasi, Rabu (14/2/2024).

Channel 13 Israel melaporkan, administrasi penjara Israel mengambil tindakan terhadap Barghouti karena menilai dia mendorong terjadinya peningkatan perlawanan warga Palestina di Tepi Barat.

Laporan tersebut menjelaskan, Barghouti dipindahkan dari Penjara Ofer ke sel isolasi di penjara lain, tanpa menyebutkan ke penjara mana Barghouti akan mendekam.

Pemindahan tokoh Fatah ini dilakukan setelah administrasi penjara Israel mengklaim menerima informasi bahwa Barghouti mendorong peningkatan tindakan perlawanan terhadap pendudukan di Tepi Barat.

Secara khusus, pihak pendudukan Israel melakukan tindakan tersebut ke Barghouti sebagai langkah pencegahan atas terjadinya gerakan Intifada Ketiga di Tepi Barat.

"Otoritas Israel mengklaim bahwa Barghouti berupaya melalui beberapa jalur untuk melancarkan Intifada Ketiga di Tepi Barat, karena berlanjutnya agresi Israel di Jalur Gaza,” tulis laporan tersebut.

Barghouti adalah politisi terkemuka dan pemimpin gerakan Fatah.

Intifada atau gerakan perjuangan bersenjata di Palestina melawan agresor Israel. Intifada atau gerakan perjuangan bersenjata di Palestina melawan agresor Israel. (fatehyouthgermany.blogspot.com)

Intifada Pertama dan Kedua

Dia berpartisipasi dalam Intifada Pertama pada tahun 1987 dan merupakan salah satu wajah paling menonjol dari Intifada Kedua pada tahun 2000.

Marwan Barghouti ditangkap dan diasingkan beberapa kali dan menjadi sasaran upaya pembunuhan Israel yang gagal.

Dia telah dijatuhi hukuman lima hukuman seumur hidup dan ditahan sejak tahun 2002.

Meskipun ia dipenjara, ia mempunyai banyak pengikut dan sejumlah jajak pendapat menunjukkan kalau, jika pemilu Palestina diadakan, kemungkinan besar ia akan terpilih sebagai presiden Otoritas Palestina (PA).

Kekerasan Terhadap Warga Palestina Meningkat di Tepi Barat

Dilaporkan, gerakan perlawanan warga Pelestina di Tepi Barat memang cenderung naik sebagai respons meningkatnya aksi represif tentara dan pemukim Israel di wilayah tersebut.

Fenomena itu, berbarengan dengan bombardemen Gaza, membuat gerakan Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP), faksi terbesar kedua setelah Fatah di Tepi Barat, Palestina, pada Selasa (13/2/2024) menyerukan agar pertempuran dipindahkan ke jantung Israel dari Tepi Barat.

Seruan dari PFLP ini seiring peningkatan serangan pemukim Yahudi Israel terhadap rakyat Palestina di Tepi Barat.

Serangan-serangan dari pemukim Yahudi ini, termasuk blokade jalan, perampasan tanah, serangan terhadap rumah-rumah, dan penembakan terhadap warga Palestina.

Meningkatnya aksi represif dan kekerasan pemukim Yahudi ke warga Palestina di Tepi Barat ini terjadi bersamaan dengan bombardemen tanpa pandang bulu Israel di Jalur Gaza.

"PFLP menegaskan kalau tindakan ini (meningkatnya kekerasan di Tepi Barat berbarengan bombardemen Gaza) diatur oleh pejabat pendudukan dan tentara pendudukan (Israel)," tulis laporan Al Mayadeen mengutip pernyataan kelompok tersebut, Selasa.

PFLP lebih lanjut menekankan, di tengah kekacauan yang terjadi di Gaza, pasukan pendudukan Israel meningkatkan kekejaman mereka dan berkolaborasi dengan pemukim Yahudi untuk memadamkan potensi pemberontakan di Tepi Barat.

"Hal ini termasuk memperkuat permukiman, yang merupakan bagian integral dari agenda Israel di Palestina, yang berfungsi sebagai jalur kehidupan dan landasan bagi kebijakan dan kejahatan mereka terhadap penduduk Palestina," tulis pernyataan tersebut.

Tentara Israel digambarkan di desa Palestina Kafr Dan di Jenin, di Tepi Barat yang diduduki, pada 2 Januari 2023, selama operasi untuk menghancurkan rumah dua warga Palestina yang dituduh membunuh seorang tentara Israel. Tentara Israel digambarkan di desa Palestina Kafr Dan di Jenin, di Tepi Barat yang diduduki, pada 2 Januari 2023, selama operasi untuk menghancurkan rumah dua warga Palestina yang dituduh membunuh seorang tentara Israel. (JAAFAR ASHTIYEH / AFP)

Seruan Persatuan Demi Bangkitkan Perlawanan di Tepi Barat

PFLP juga menekankan perlunya upaya terpadu (persatuan) di antara berbagai lapisan masyarakat Palestina di Tepi Barat – termasuk entitas akar rumput, nasional, dan resmi – untuk menghadapi pendudukan dan melawan kekejaman pemukim Yahudi.

Mereka menggarisbawahi pentingnya segera membentuk komite perlindungan rakyat untuk melindungi desa-desa dan kota-kota dari serangan pemukim.

Dalam pelaksanaannya, perlawanan Tepi Barat akan menyerang pusat-pusat Israel, mulai dari aspek ekonomi hingga militer, yang mereka diksikan sebagai 'Jantung Israel'.

"Sebagai kesimpulannya, gerakan ini menekankan untuk mengalihkan fokus perang ke jantung Israel, dimulai dengan operasi di Tepi Barat, dan akan memperluas cakupan perjuangan. Langkah strategis ini bertujuan untuk menguras sumber daya militer, ekonomi, dan kemanusiaan yang dimiliki entitas tersebut, memperburuk krisis eksistensial mereka dan memperparah krisis mendalam yang dipicu oleh Operasi Banjir Al-Aqsa," tulis laporan tersebut.

Jip tentara Israel terlihat di dekat ban yang terbakar saat penyerbuan di pintu masuk kamp pengungsi Jenin di Jenin, pada 13 Desember 2023. Kekerasan meningkat di wilayah pendudukan sejak perang melawan Hamas pecah, dengan sekitar 270 warga Palestina dibunuh oleh Israel kebakaran dan serangan pemukim di Tepi Barat sejak 7 Oktober 2023, kata para pejabat Palestina. Jip tentara Israel terlihat di dekat ban yang terbakar saat penyerbuan di pintu masuk kamp pengungsi Jenin di Jenin, pada 13 Desember 2023. Kekerasan meningkat di wilayah pendudukan sejak perang melawan Hamas pecah, dengan sekitar 270 warga Palestina dibunuh oleh Israel kebakaran dan serangan pemukim di Tepi Barat sejak 7 Oktober 2023, kata para pejabat Palestina. (MARCO LONGARI / AFP)

Pernyataan tersebut mengklarifikasi, tujuan yang sangat penting dan mendesak dari bangkitnya perlawanan adalah untuk mengobarkan garis depan di Tepi Barat guna memperkuat perlawanan di Gaza, yang terus menimbulkan banyak korban manusia dan militer pada pasukan pendudukan.

Media Israel mengungkapkan keprihatinan besar mengenai eskalasi yang akan terjadi di Tepi Barat, dan memperingatkan potensi pecahnya kekerasan yang jauh melebihi apa pun yang terjadi sejak dimulainya perang di Gaza.

Perkembangan yang mengkhawatirkan ini menyusul peringatan dari pejabat militer Israel bahwa ketegangan di Tepi Barat mencapai titik kritis, dengan meningkatnya konfrontasi antara pejuang Perlawanan Palestina dan pasukan pendudukan Israel.

Tag:  #takut #intifada #ketiga #tepi #barat #israel #pindahkan #pemimpin #fatah #marwan #barghouti #isolasi

KOMENTAR