''Hizbullah Jadikan Kalian Tameng!'' Netanyahu Peringatkan Warga Lebanon Usai Serangan Tewaskan Ratusan Orang
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. [AFP]
11:20
24 September 2024

''Hizbullah Jadikan Kalian Tameng!'' Netanyahu Peringatkan Warga Lebanon Usai Serangan Tewaskan Ratusan Orang

Beberapa jam setelah serangan Israel menewaskan hampir 500 orang di Lebanon, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menghubungi rakyat Lebanon dan meminta mereka untuk tidak menjadi "perisai manusia" bagi Hizbullah.
Berikut adalah 10 poin utama dalam berita besar ini:

Perang Israel bukan dengan rakyat Lebanon, tetapi dengan Hizbullah, yang telah menempatkan rudal di rumah-rumah mereka, kata Netanyahu dalam pesan video yang dibagikan secara daring, dan berjanji untuk menyingkirkan senjata-senjata itu untuk memastikan keselamatan warga Israel.

"Saya punya pesan untuk rakyat Lebanon: perang Israel bukan dengan kalian, tetapi dengan Hizbullah. Sudah terlalu lama, Hizbullah telah menggunakan kalian sebagai perisai manusia. Mereka menempatkan roket di ruang tamu kalian dan rudal di garasi kalian. Roket dan rudal itu ditujukan langsung ke kota-kota kita, langsung ke warga kita. Untuk membela rakyat kita dari serangan Hizbullah, kita harus menyingkirkan senjata-senjata itu," kata Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Netanyahu mengatakan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah memperingatkan rakyat Lebanon untuk menjauh dari bahaya dan mereka harus menanggapinya dengan serius. Rakyat Lebanon tidak boleh membahayakan nyawa mereka sendiri demi kepentingan Hizbullah, desaknya.

Baca Juga: Konflik Hizbullah-Israel Memanas! Militer AS Kirim Pasukan Tambahan ke Timur Tengah

Ilustrasi hizbullah (X/@p_alqsa)Ilustrasi hizbullah (X/@p_alqsa)

"Jangan biarkan Hizbullah membahayakan nyawa Anda dan nyawa orang-orang yang Anda cintai. Jangan biarkan Hizbullah membahayakan Lebanon. Tolong, menjauhlah dari bahaya sekarang. Setelah operasi kami selesai, Anda dapat kembali dengan selamat ke rumah Anda," kata Netanyahu.

Serangan terbaru itu terjadi saat kekerasan telah bergeser dari perbatasan selatan Israel dengan Gaza ke perbatasan utaranya dengan Lebanon. Hizbullah, yang menguasai Lebanon, telah saling tembak dengan Israel untuk mendukung kelompok Palestina Hamas sejak perang dimulai.

Disebut "Operasi Panah Utara" oleh IDF, serangan Israel menghantam Lebanon selatan dan timur. Beirut juga menghadapi "serangan terarah".

Kementerian kesehatan yang dipimpin Hizbullah di Lebanon mematok korban jiwa sebanyak 492 hingga Senin malam. Korban termasuk 35 anak-anak dan 58 wanita. Setidaknya 1.645 orang terluka sementara ribuan keluarga mengungsi, kata Menteri Kesehatan Firass Abiad.

Serangan kemarin, yang menandai hari paling mematikan dalam kekerasan lintas batas sejak perang Gaza dimulai tahun lalu, dikutuk oleh negara-negara Arab dan kekuatan global lainnya. Mereka telah mendesak Israel dan Hizbullah untuk mundur dari ambang perang habis-habisan, meskipun keduanya menentang, menolak untuk memberikan satu inci pun untuk yang lain.

Baca Juga: Serangan Udara Israel Tewaskan 492 Orang di Lebanon, Puluhan Ribu Mengungsi

Menjelang serangan, Hizbullah mengatakan kemarin bahwa mereka berada dalam "fase baru" konfrontasi dan telah menembakkan roket ke lokasi militer Israel sebagai balasan atas serangan Israel sebelumnya. Komandan unit elit Hizbullah tewas dalam satu serangan semacam itu di Beirut selatan pada hari Jumat.

Kekerasan lintas batas itu menyusul serangkaian ledakan mematikan dari pager dan walkie-talkie di seluruh Lebanon, yang oleh Hizbullah disalahkan pada Israel. Ledakan minggu lalu menewaskan sedikitnya 39 orang dan melukai hampir 3.000 orang.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #hizbullah #jadikan #kalian #tameng #netanyahu #peringatkan #warga #lebanon #usai #serangan #tewaskan #ratusan #orang

KOMENTAR