Jika Menang Pilpres, Donald Trump Janji Akan Deportasi Massal Imigran Haiti Meski Masuk Secara Legal
Donald Trump (Instagram/@realdonaldtrump)
09:04
16 September 2024

Jika Menang Pilpres, Donald Trump Janji Akan Deportasi Massal Imigran Haiti Meski Masuk Secara Legal

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berjanji pada hari Jumat untuk melakukan deportasi massal imigran Haiti dari kota Springfield di Ohio, meskipun mayoritas dari mereka berada di Amerika Serikat secara legal.

Kota tersebut selama berhari-hari menjadi pusat pusaran media sosial setelah agitator sayap kanan mengaitkan klaim palsu bahwa para pendatang Haiti memakan hewan peliharaan rumah tangga.

"Kami akan melakukan deportasi besar-besaran di Springfield, Ohio," kata Trump pada konferensi pers di resor golfnya di dekat Los Angeles.

Mayoritas dari 15.000 warga Haiti di Springfield berada di sana secara legal. Janji Trump yang sudah lama untuk melakukan deportasi massal biasanya merujuk pada mereka yang berada di negara itu secara ilegal.

Baca Juga: Pilpres AS Bawa Sentimen Positif, Rupiah Berotot Pagi Ini

Donald Trump (instagram/donaldtrump)Donald Trump (instagram/donaldtrump)

Trump tidak mengulangi pernyataan yang dibuatnya selama debat presiden hari Selasa dengan Demokrat Kamala Harris bahwa imigran memakan anjing dan kucing, pernyataan yang telah banyak diejek.

Dua sekolah dasar dievakuasi dan satu sekolah menengah pertama di Springfield ditutup pada hari Jumat setelah ancaman bom anonim dilontarkan terhadap komunitas tersebut untuk hari kedua berturut-turut, menurut ABC News.

Di Gedung Putih, Presiden Joe Biden mendesak serangan terhadap komunitas Haiti dihentikan.

"Itu salah. Tidak ada tempat di Amerika. Ini harus dihentikan - apa yang dia lakukan. Ini harus dihentikan," kata Biden.

Pemerintahan Biden memperluas Status Perlindungan Sementara kepada ratusan ribu warga Haiti di Amerika Serikat pada bulan Juni, sebuah program yang telah berlangsung puluhan tahun yang melindungi imigran legal dari deportasi dan memberi mereka izin kerja. Perang geng di Haiti telah menyebabkan lebih dari setengah juta orang mengungsi dan hampir lima juta orang menghadapi kerawanan pangan yang parah.

Baca Juga: Debat Perdana Capres AS, Trump Sebut Kamala Harris Kalah Karena Hal Ini

Trump telah mengutip ketegangan di Springfield sebagai contoh lain dari perlunya kebijakan imigrasi garis keras. Masuknya warga Haiti telah meningkatkan perekonomian tetapi juga telah membebani layanan sosial.

"Saya marah tentang migran Haiti ilegal yang mengambil alih Springfield, Ohio. Anda melihat kekacauan itu, bukan?" Trump mengatakan pada rapat umum di Las Vegas, Jumat malam.

"Saya marah tentang gadis-gadis muda Amerika yang diperkosa dan dibunuh oleh alien kriminal biadab yang masuk ke negara kita dengan sangat mudah, tetapi sangat ilegal," imbuhnya kemudian dalam pidatonya.

Para pemimpin komunitas Haiti di seluruh Amerika Serikat mengatakan pernyataan kandidat Republik itu dapat membahayakan nyawa dan semakin mengobarkan ketegangan di Springfield.

"Kami butuh bantuan, bukan kebencian," kata wali kota Springfield, Rob Rue, kepada ABC News.

Pejabat kota mengatakan mereka belum menerima laporan yang dapat dipercaya tentang siapa pun yang memakan hewan peliharaan. Karen Graves, juru bicara kota, mengatakan dia tidak mengetahui kejahatan kebencian baru-baru ini yang menargetkan penduduk Haiti tetapi beberapa telah menjadi korban "kejahatan oportunis," seperti pencurian properti.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #jika #menang #pilpres #donald #trump #janji #akan #deportasi #massal #imigran #haiti #meski #masuk #secara #legal

KOMENTAR