Ketua Federasi Pekerja yang Dipecat JAL Jepang Minta segera Selesaikan Masalah Setelah 13 Tahun
Ketua Federasi Pekerja Yang Dipecat JAL Jepang (JHU), Hiroya Yamaguchi 
18:00
11 September 2024

Ketua Federasi Pekerja yang Dipecat JAL Jepang Minta segera Selesaikan Masalah Setelah 13 Tahun

- Ketua Federasi Pekerja Yang Dipecat JAL Jepang (JHU), Hiroya Yamaguchi, meminta masalah pemecatan banyak pilot dan pramugari Japan Airlines (JAL) segera diselesaikan secepatnya setelah 13 tahun selama ini belum ada pemecahan kasus.

"Sebanyak 165 Karyawan JAL dipecat secara paksa pada Malam Tahun Baru 13 tahun yang lalu," papar Yamaguchi khusus kepada Tribunnews.com baru-baru ini.

Japan Airlines Co., Ltd. (JAL) mengalami kebangkrutan finansial pada Januari 2010 akibat manajemen perusahaan yang lemah.

"Pada Malam Tahun Baru tahun itu, 81 pilot dan 84 pramugari diberhentikan secara tidak adil dengan dalih PHK dan pemerintah Jepang sangat terlibat dalam kegagalan manajemen dan rehabilitasi JAL," lanjutnya.

Yang dipecat adalah kapten yang berusia di atas 55 tahun, kopilot yang berusia di atas 48 tahun dan pramugari yang berusia di atas 53 tahun.

Termasuk pula mereka yang tidak hadir karena sakit ikut dipecat.

"Pengalaman penting saat mengoperasikan pesawat terbang, dan tidak ada perusahaan penerbangan lain di dunia yang memecat orang yang paling berpengalaman terlebih dahulu. Padahal ini adalah pengabaian total terhadap keselamatan. JAL tidak menunjukkan penyesalan atas fakta bahwa 744 orang tewas dalam kecelakaan pesawatnya di masa lalu," lanjutnya.

PHK yang Tidak Perlu! Tujuan sebenarnya adalah membubarkan serikat pekerja

Pada saat pemecatan, menurut Yamaguchi lagi, perusahaan memperoleh laba sebesar 158,6 miliar yen, dan telah melampaui target pengurangan personelnya secara signifikan.

"Meskipun masalah tersebut disengketakan di pengadilan, manajemen tidak pernah mengungkapkan jumlah karyawan yang dibutuhkan saat itu dan jumlah tersebut sebenarnya berkurang. Pengadilan juga tidak meminta perusahaan untuk memberikan angka-angka tersebut.

Selain itu, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang mengakui bahwa manajemen JAL melakukan pemecatan tanpa mengungkapkan jumlah personel, tambahnya.

"Telah menjadi jelas bahwa tujuan pemecatan ini adalah untuk menggunakan situasi kebangkrutan untuk membunuh serikat pekerja".

Praktik ketenagakerjaan yang tidak adil yang dilakukan dalam proses pemecatan dikutuk oleh Mahkamah Agung, tekan Yamaguchi lagi.

Saat serikat pekerja berunding dengan perusahaan untuk mencabut pemecatan, kurator resmi berbohong kepada serikat pekerja dengan mengatakan, "Jika Anda menetapkan hak mogok, 350 miliar yen yang diperlukan untuk rehabilitasi tidak akan diberikan. Maka, perusahaan akan bangkrut."

Hal tersebut untuk campur tangan dalam pemungutan suara pemogokan serikat pekerja. Artinya, jika 350 miliar yen tidak diinvestasikan, perusahaan akan bangkrut. Tindakan ini dikutuk keras oleh Mahkamah Agung pada tahun 2016 sebagai "pelanggaran Konstitusi," tekan Yamaguchi lagi.

Organisasi Perburuhan Internasional

Standar perburuhan internasional diabaikan! Saat merekrut karyawan baru, tidak ada satu pun karyawan yang diberhentikan yang dipekerjakan kembali.

JAL telah mempekerjakan 477 pilot dan 6.325 pramugari sejak rehabilitasi, tetapi tidak ada satu pun karyawan yang diberhentikan yang kembali bekerja hingga kini.

"Hal ini mengabaikan Rekomendasi ILO No. 166 (standar perburuhan internasional), yang menetapkan prioritas pekerjaan bagi pekerja yang diberhentikan. Tindakan ini bertentangan dengan Kebijakan Hak Asasi Manusia Grup JAL, yang menyatakan bahwa Grup JAL berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawabnya dalam menghormati hak asasi manusia semua orang. Sebagai perusahaan global, tanggung jawab sosialnya dipertanyakan."

Tidak menyelesaikan perselisihan pemutusan hubungan kerja selama 13 tahun juga merupakan pelanggaran hak asasi manusia (masalah kemanusiaan).

"Kami menuntut agar perselisihan tersebut diselesaikan sesegera mungkin sehingga hak-hak pekerja dapat dipulihkan dan JAL menjadi perusahaan yang mengutamakan keselamatan. Pemahaman dan dukungan Anda akan dihargai," ungkap Yamaguchi lebih lanjut.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #ketua #federasi #pekerja #yang #dipecat #jepang #minta #segera #selesaikan #masalah #setelah #tahun

KOMENTAR