2000 Polisi Dikerahkan, Pendeta Filipina yang Mengklaim Sebagai 'Pemilik Alam Semesta' Akhirnya Ditangkap
Ilustrasi pendeta [shutterstock]
14:08
9 September 2024

2000 Polisi Dikerahkan, Pendeta Filipina yang Mengklaim Sebagai 'Pemilik Alam Semesta' Akhirnya Ditangkap

Pendeta berpengaruh Apollo Quiboloy, yang menyatakan diri sebagai "pemilik alam semesta" dan "anak Tuhan yang ditunjuk" yang dicari atas tuduhan perdagangan seks anak, ditangkap di Filipina pada hari Minggu.

Lebih dari 2.000 polisi dikerahkan selama lebih dari dua minggu untuk menggeledah kompleks seluas 74 hektar di kota selatan Davao yang dimiliki oleh gerejanya, Kingdom of Jesus Christ (KOJC), atas dugaan bahwa ia bersembunyi di sana di sebuah bunker.

Pengikut Quiboloy telah memblokir gerbang kompleks tersebut untuk mencegah polisi yang membawa tameng menegakkan perintah pengadilan untuk menangkapnya. Polisi juga menggunakan helikopter untuk terbang mengelilingi sebuah katedral, sebuah perguruan tinggi, dan sebuah stadion dengan 75.000 kursi.

Beberapa hari sebelum penangkapan Quiboloy, polisi dilaporkan merekam kehangatan dan detak jantung tubuh manusia, jauh di dalam bumi, menggunakan pencitraan termal dan teknologi radar.

Baca Juga: Tangkap Buronan Kakap Asal Filipina di Tangerang, Polri Nego Tukar Alice Guo dengan Buronan BNN

Apollo Quiboloy, teman lama mantan presiden Filipina Rodrigo Duterte, dicari atas tuduhan pelecehan anak dan seksual serta tuduhan terkait perdagangan manusia. Ia juga masuk dalam daftar "orang paling dicari" FBI atas tuduhan perdagangan seks.

Quiboloy didakwa oleh Departemen Kehakiman AS pada tahun 2021 atas perdagangan seks terhadap anak perempuan dan perempuan berusia antara 12 dan 25 tahun untuk bekerja sebagai asisten pribadi, atau "pastoral", yang diduga diminta untuk berhubungan seks dengannya.

Ia juga dicari oleh pihak berwenang atas penyelundupan uang tunai dalam jumlah besar dan skema yang membawa anggota gereja ke Amerika Serikat menggunakan visa yang diperoleh secara curang. Mereka kemudian dipaksa untuk meminta sumbangan untuk badan amal palsu, mengumpulkan dana yang malah digunakan untuk membiayai operasi gereja dan gaya hidup mewah para pemimpinnya.

Pendeta penginjil, yang diikuti oleh jutaan orang di Filipina itu, telah membantah melakukan kesalahan.

Baca Juga: Operasi Internasional Berhasil! Mantan Wali Kota Filipina Dibekuk Terkait Kasus Judi Online

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #2000 #polisi #dikerahkan #pendeta #filipina #yang #mengklaim #sebagai #pemilik #alam #semesta #akhirnya #ditangkap

KOMENTAR