Indonesia Terpilih Jadi Ketua Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN-Korea Centre, KBRI Seoul Sebut sebagai Corong Promosi
Indonesia sebagai terpilih sebagai ketua kelompok kerja di AKC/ sumber: kemlu.go.id
10:45
21 Januari 2024

Indonesia Terpilih Jadi Ketua Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN-Korea Centre, KBRI Seoul Sebut sebagai Corong Promosi

- Indonesia terpilih sebagai ketua untuk memimpin Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN-Korea Centre dalam sidang yang berlangsung pada (17/1).

Selain menetapkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul sebagai Ketua, sidang pertama yang dilaksanakan di Seoul tersebut juga menetapkan Kedutaan Besar Republik Demokratik Laos di Seoul sebagai Wakil Ketua.

Kelompok tersebut akan dipimpin oleh Joannes Ekaprasetya Tandjung, yang menjabat sebagai Koordinator Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital KBRI Seoul.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, Joannes menjelaskan bahwa kepemimpinan Indonesia akan menjadi corong untuk menyuarakan kepentingan terkait pariwisata dan budaya dari negara-negara ASEAN Committee in Seoul kepada ASEAN Korea Centre (AKC).

Selain itu, pihaknya juga mengatakan akan berupaya menggali kerjasama lebih luas dalam hal budaya dan pariwisata.

Keikutsertaan Indonesia dalam Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN-Korea ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan fungsi sektor pariwisata dan budaya Indonesia terlebih setelah mengalami pandemi Covid-19.

Dalam bidang tersebut, KBRI berharap kerjasama berjalan lancar melalui beberapa program unggulan yang tersedia seperti ASEAN-KOREA Culture and Tourism Integrated Experience.

“Kepemimpinan Indonesia di Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya AKC mencerminkan pengakuan atas peran krusial Indonesia dalam menguatkan kerjasama antara negara-negara ASEAN dan Korea Selatan di sektor pariwisata dan budaya” tulis KBRI Seoul melalui pernyataan resminya di kemlu.go.id

KBRI Seoul juga melakukan upaya lain dalam mempromosikan pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif Indonesia melalui kegiatan acara Colorful North Sulawesi dan Indonesia Night di Daegu.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan umpan balik positif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, dan mempererat hubungan antara ASEAN dan Korea Selatan.

Agenda Indonesia dalam AKC tahun 2024 memang akan berfokus pada promosi pariwisata dan pertukaran budaya. Sementara di tahun 2023, Indonesia mengangkat tema ‘ASEAN Matters Epicentrum of Growth’.

Dikutip dari laman resminya aseankorea.org, ASEAN-Korea Centre (AKC) merupakan organisasi internasional yang mempromosikan hubungan antara Korea dengan ASEAN dan menciptakan lingkungan kerjasama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan di berbagai bidang seperti perdagangan, investasi, budaya, pariwisata, dan pertukaran antar masyarakat.

Organisasi tersebut merupakan satu-satunya organisasi internasional Korea yang didedikasikan untuk ASEAN dengan tujuan utama yakni mengembangkan kerjasama ekonomi, memperluas konten budaya dan pariwisata ASEAN, menciptakan landasan kerjasama untuk generasi mendatang, dan memperluas cakupan kegiatan-kegiatan tersebut.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #indonesia #terpilih #jadi #ketua #kelompok #kerja #pariwisata #budaya #asean #korea #centre #kbri #seoul #sebut #sebagai #corong #promosi

KOMENTAR