Heboh Rumah Kena Denda Rp 50 Juta Jika Ada Jentik Nyamuk BDB, Memang Seberbahaya Itu?
Ilustrasi Nyamuk (pexels/icon com)
15:32
5 Juni 2024

Heboh Rumah Kena Denda Rp 50 Juta Jika Ada Jentik Nyamuk BDB, Memang Seberbahaya Itu?

Heboh warga Jakarta Timur (Jaktim) yang rumahnya ditemukan jentik nyamuk penyebab sakit demam berdarah dengue (DBD) akan kena denda Rp 50 juta. Memang seberbahaya itukah jentik nyamuk aedes aegypti?

Adapun denda Rp 50 juta diberikan pada rumah yang ditemukan jentik nyamuk aedes aegypti, usai ditetapkannya Perda DKI Jakarta nomor 6 tahun 2007 tentang pengendalian penyakit DBD.

Namun denda ini tidak ujug-ujug diberikan, karena Pemprov DKI Jakarta akan lebih dulu memberikan surat peringatan alias SP1, SP2 dan seterusnya hingga diberikan denda. Tidak kurang dari 24 warga yang di rumahnya ditemukan jentik nyamuk.

Adapun pemberian sanksi ini secara langsung diberikan oleh Satpol PP, yang bertugas memberikan sosialisasi pada masyarakat terkait adanya Perda tersebut, termasuk ancaman sanksi yang bisa didapatkan masyarakat.

Baca Juga: Pelanggar Tol Nirsentuh Akan Didenda 10 Kali Lipat Tarif Tol

DBD adalah penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk bernama aedes aegypti. Beberapa gejala demam berdarah, seperti demam hingga 40 derajat Celcius yang diikuti dengan rasa sakit kepala parah, serta nyeri otot dan sendi hingga area di belakang mata.

DBD bisa menyebabkan komplikasi yang cukup parah, bahkan berpotensi menyebabkan kematian. Berdasarkan data Kemenkes, hingga minggu ke-22 tahun 2023, jumlah kumulatif kasus dengue di Indonesia sebanyak 35.694 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 270.

Melansir situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberantas sarang nyamuk (PSN) aedes aegypti jadi salah satu langkah 3M Plus yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang yang kemungkinan jadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti.

Berbeda dengan nyamuk malaria yang biasa berkembang biak di air yang keruh, khusus nyamuk aedes aegypti ini memilih air jernih sebagai tempat berkembang biak seperti bak mandi, tempat penampungan air, hingga air hujan yang tertampung di wadah.

Perkembangan nyamuk aedes aegypti penyebab DBD

Baca Juga: Kasus DBD Tembus 91 Ribu, Dokter Sebut Vaksin Dengue Sebagai Solusi Preventif yang Efektif

Nyamuk Aedes aegypti adalah vektor utama penyebar beberapa penyakit tropis yang signifikan, termasuk demam berdarah, Zika, chikungunya, dan demam kuning. Perkembangan nyamuk Aedes aegypti meliputi empat tahap kehidupan utama yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa.

Adapun siklus hidup nyamuk aedes aegypti dari telur hingga nyamuk dewasa, siklus hidup Aedes aegypti biasanya berlangsung sekitar 8 hingga 10 hari dalam kondisi yang ideal yaitu suhu hangat dan air yang cukup.

Kehidupan nyamuk aedes aegypti juga dipengaruhi lingkungan harus bersuhu lembap, dengan ketersediaan air sangat mempengaruhi durasi siklus hidup nyamuk ini. Siklus hidup bisa memanjang dalam kondisi yang kurang ideal.

Untuk bisa mengendalikan dan mencegah nyamuk aedes aegypti ini dengan menghilangkan tempat perkembangbiakan nyamuk dengan menguras, menutup, atau membuang wadah yang dapat menampung air.

Bisa juga menggunakan insektisida untuk membunuh larva dan nyamuk dewasa. Lalu untuk membutuhkan larva atau jentik nyamuk aedes aegypti perlu menggunakan bahan kimia. Jangan lupa juga untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk seperti menggunakan kelambu, pakaian pelindung atau bahan kimia topikal.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #heboh #rumah #kena #denda #juta #jika #jentik #nyamuk #memang #seberbahaya

KOMENTAR