Kebutuhan ASI dan Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir
ASI adalah sumber nutrisi terbaik dan tak tergantikan bagi bayi. (Freepik)
20:09
19 Mei 2024

Kebutuhan ASI dan Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir

- Sebagai ibu baru, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah seberapa sering harus menyusui agar kebutuhan ASI bayi baru lahir tercukupi. Pertanyaan ini sangat wajar, dikutip dari bebe, Minggu (19/5) kebutuhan ASI bayi baru lahir dan cara-cara untuk memperlancar pemberian ASI.

Pentingnya Menyusui Segera Setelah Bayi Lahir

ASI adalah sumber nutrisi terbaik dan tak tergantikan bagi bayi. Oleh karena itu, Ibu sangat dianjurkan memberikan ASI eksklusif minimal sampai si Kecil berusia 6 bulan.

ASI mengandung komposisi nutrisi yang ideal untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, seperti karbohidrat, lemak, protein, keratin, kalsium, zat besi, zinc, dan berbagai vitamin esensial seperti vitamin K, D, E, A, C, serta vitamin B kompleks.

Selain itu, ASI juga penting untuk sistem kekebalan tubuh bayi. ASI adalah sumber prebiotik pertama dan terbaik yang dapat mendukung dominasi bakteri baik di usus, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Pencernaan yang sehat membuat bayi lebih bahagia dan nyaman, memberikan fondasi yang baik untuk pertumbuhannya.

Lalu, berapa banyak ASI yang dibutuhkan bayi baru lahir agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi?

Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir hingga Usia 6 Bulan

Umumnya, bayi baru lahir akan menyusu setiap 1-3 jam sekali dalam sehari pada beberapa hari pertama setelah kelahiran. Jadi, total frekuensi menyusu dalam 24 jam adalah 8-12 kali.

Setiap kali menyusu, volume ASI yang dikonsumsi bayi berkisar dari beberapa tetes hingga 5 ml atau setara dengan 5 sendok teh.

Seiring bertambahnya usia, kapasitas lambung bayi meningkat sehingga dapat minum lebih banyak ASI. Berikut kebutuhan jumlah ASI yang dikonsumsi bayi seiring waktu:

Minggu ke-1: ±30-60 ml (2-4 sdm) setiap kali menyusu, 2-3 jam sekali. Pastikan bayi mendapatkan kolostrum.

Minggu ke-2: ±80-150 ml (5,5-10 sdm) atau 2 ½-5 ons per menyusui.

Minggu 3-5: ±90-120 ml ASI tiap kali menyusu, 3-4 jam sekali.

Usia 3-4 bulan: ±120-180 ml ASI setiap 3-4 jam menyusu.

Usia 5-6 bulan: maksimal 240 ml ASI setiap 4-5 jam menyusu.

Memasuki usia 6 bulan dan seterusnya, kebutuhan ASI bayi biasanya akan berkurang karena ia mulai mendapatkan asupan tambahan dari MPASI. Namun, setiap bayi memiliki kebutuhan ASI yang berbeda-beda tergantung seberapa sering dan banyak volume ASI yang dikonsumsi dalam sekali menyusu.

Saat ini, bayi mungkin menyusu dalam waktu lama dan sesi menyusu berikutnya menjadi lebih singkat. Hal ini normal karena bayi akan menyusu saat lapar dan berhenti saat kenyang. Jika bayi tampak tidur terlalu lama, Ibu dapat membangunkannya dengan mengusap lembut, mengganti popok, atau membuka bedong bayi setiap 2 jam agar ia bangun dan menyusu.

Berapa Lama Waktu Normal Bayi Menyusu?

Kebutuhan ASI bayi baru lahir akan terpenuhi dengan baik bila ia menyusu hingga 20 menit atau lebih pada satu payudara. Seiring bertambahnya usia, waktu menyusu biasanya menjadi lebih pendek, sekitar 5-10 menit pada setiap payudara.

Namun, setiap anak memiliki karakteristik berbeda, sehingga waktu menyusu dan jumlah asupan ASI yang dibutuhkan tidak selalu sama. Beberapa faktor yang mempengaruhi durasi bayi menyusu meliputi:

Banyaknya suplai ASI Ibu. Let-down reflex Ibu (kondisi di mana ASI otomatis mengalir dari puting).

Tingkat derasnya aliran ASI. Pelekatan menyusui bayi. Jika pelekatan tidak tepat, bayi tidak bisa menyusu dengan maksimal.

Kecepatan bayi dalam menyusu. Ada bayi yang langsung lahap, ada juga yang menyedot ASI dengan pelan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #kebutuhan #jadwal #menyusui #bayi #baru #lahir

KOMENTAR