8 Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Membuat Rambut Sehat Alami
buah belimbing (freepik)
17:07
10 Mei 2024

8 Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Membuat Rambut Sehat Alami

 

- Belimbing (Averrhoa carambola) atau carambola adalah buah asli Asia Tenggara yang berbentuk bintang dengan tekstur renyah, keras, dan berair. Buah ini bisa dimakan seluruhnya dan memiliki rasa manis dan sedikit asam.

Di Indonesia kita dapat dengan mudah menemukan buah belimbing. Bukan hanya di pasar atau pun supermarket, buah satu ini sangat mudah tumbuh di Indonesia, menjadi salah satu tanaman favorit masyarakat selain mangga.

Melansir dari DoveMed, buah belimbing memiliki kandungan nutrisi yang kompleks di antaranya:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B5
  • Vitamin B9 (asam folat)
  • Natrium
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Kalium
  • Magnesium
  • Antioksidan
  • Beta karoten

Nutrisi yang kompleks dalam buah belimbing tersebut tentu sangat berkhasiat bagi tubuh kita ditambah lagi dengan cara mengonsumsinya yang sangat mudah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 7 manfaat kesehatan dari belimbing bagi tubuh bahkan yang mungkin belum Anda ketahui.

  1. Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa buah belimbing memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, tinggi serat, dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan serat dan air yang tinggi membuatnya ideal untuk membantu mengurangi keinginan makan berlebihan.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Buah belimbing mengandung serat tidak larut tinggi yang dapat menghambat penyerapan glukosa dan mengontrol lonjakan gula darah. Khasiatnya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Indeks Glikemik mengklasifikasikan makanan berdasarkan kemampuannya meningkatkan gula darah, dengan makanan tinggi GI seperti nasi putih menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin. Belimbing diserap lebih lambat, mencegah mengidam gula dan perubahan suasana hati.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah belimbing kaya akan vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, dan membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi.

Dengan hanya 90 gram buah belimbing, Anda bisa memenuhi setengah kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C juga membantu menghilangkan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, belimbing juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain melancarkan pencernaan, belimbing juga bisa meredakan gejala sembelit, kembung, dan diare.

  1. Belimbing sangat baik untuk menjaga rambut Anda tetap sehat

Asupan vitamin C yang cukup tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat membangun dan menjaga kolagen, protein penting pada rambut dan kulit. Selain itu, belimbing wuluh mengandung vitamin A yang menjaga kelembapan rambut dengan meningkatkan produksi sebum.

  1. Belimbing dapat membantu individu tidur lebih nyenyak

Belimbing diketahui dapat membantu orang tidur karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, mineral yang berhubungan langsung dengan kualitas, durasi, dan kesegaran tidur.

Belimbing juga membantu mengatur metabolisme sehingga membantu mengurangi gangguan tidur dan insomnia.

  1. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan natrium dan kalium tinggi dalam belimbing berperan sebagai elektrolit yang menjaga tekanan darah dan detak jantung tetap stabil.

Antioksidan dalam buah ini juga melawan radikal bebas untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke. Potasium tinggi dalam belimbing membantu mempertahankan tekanan darah yang tepat.

  1. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Studi menunjukkan belimbing dapat mencegah risiko kanker berkat antioksidan beta karoten. Namun, manfaat lainnya memerlukan penelitian lebih lanjut.

Konsumsi berlebihan belimbing dapat berdampak buruk terutama pada penderita gangguan ginjal karena kandungan asam oksalatnya.

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi belimbing, terutama jika memiliki kondisi medis untuk mendapatkan saran yang tepat.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #khasiat #buah #belimbing #bagi #kesehatan #tubuh #salah #satunya #membuat #rambut #sehat #alami

KOMENTAR