Resep dan Khasiat Minuman Daun Saga, Tanaman Herbal Andalan Menjaga Imunitas Kesehatan Tubuh
Potret tanaman daun saga (Dokter Fery Tv/YouTube)
18:55
21 April 2024

Resep dan Khasiat Minuman Daun Saga, Tanaman Herbal Andalan Menjaga Imunitas Kesehatan Tubuh

 

Menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama bagi banyak orang. Hal ini untuk mencegah datangnya penyakit, saat kondisi cuaca yang berubah-ubah tak menentu dan kesibukan kerja yang tiada mengenal waktu.

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, daun saga, bisa menjadi pilihan dalam merawat kesehatan tubuh.

Memiliki nama latin Abrus precatorius, daun saga merupakan tanaman herbal yang berasal dari India dan kini sudah mudah ditemukan di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia. memiliki fisik berupa dan-daunnya yang kecil dan tersusun secara berlawanan, daun saga memiliki banyak khasiat yang terkandung untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari kanal YouTube Dokter Fery TV, dalam video nya, dr. Fery menjelaskan berbagai macam khasiat daun saga, tetapi beliau juga menjelaskan bahwa dalam pengolahannya, kita harus berhati-hati dengan biji daun saga, karena biji nya sangat beracun. Jangan sampai anda mengkonsumsinya. Pastikan daun saga yang akan dikonsumsi sudah bersih dari biji yang menempel di tanaman daun saga.

Dr. Fery menerangkan bahwa dalam daun saga terdapat beragam kandungan Vitamin A, B1, B6, C, Tanin Flavonoid, Saponin, dan Glisirizin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat dan khasiat dari daun saga untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  1. Mengatasi sariawan, karena kandungan Vitamin C dan beberapa zat aktif dalam daun saga mampu mengatasi sariawan.
  2. Mengatasi diare, diare adalah suatu kondisi dimana kuantitas buang air besar >3 kali dengan konsistensi feses yang cair, kandungan nutrisi dalam daun saga dipercaya mampu mengatasi diare
  3. Mengontrol kadar gula darah, meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh akan menimbulkan berbagai gangguan atau kerusakan organ-organ tubuh. Misalnya kerusakan organ ginjal, sehingga dapat mengganggu fungsi ginjal yang disebut dengan nefropati diabetik dan juga bisa menyebabkan kerusakan saraf letupan, yaitu di uropati diabetik, sehingga kadar gula darah harus diperhatikan, dikontrol secara serius dan harus dilakukan secara rutin atau kontinu. Kandungan antioksidan dalam daun saga seperti polifenol dan flavonoid mampu mengontrol kadar gula.
  4. Mencegah kanker, pertumbuhan sel yang sangat cepat dan tidak terkendali membuat kanker menempati urutan teratas dalam penyebab kematian. Sel kanker dapat menyebar hampir ke seluruh organ tubuh, kandungan antioksidan dalam daun saga, dipercaya dapat menghambat bahkan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.
  5. Mengontrol tekanan darah, hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi  dimana tekanan darah sistolik itu tinggi dan diastoliknya pun tinggi. Jadi harus segera diturunkan karena tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya penyakit jantung bahkan stroke. Mengontrol tekanan darah sesuatu hal yang harus diperhatikan juga. Selain untuk mengontrol kadar gula darah, daun saga mengandung beberapa zat aktif seperti flavonoid yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah.  

Untuk mendapatkan khasiatnya, anda bisa mengonsumsi daun saga dengan beragam cara. Untuk mengatasi sariawan anda cukup bersihkan, cuci, keringkan, dan kunyah daun saga tanpa harus ditelan. Buang ampas daun saga yang telah dikunyah. Kemudian untuk mendapatkan khasiatnya yang lain, dapat dijadikan sebagai minuman, berikut resep minuman daun saga :

  • 10 – 15 gram daun saga
  • 500 mL air
  • Madu

Cara pembuatannya :

  1. Siapkan daun saga dan bersihkan, pastikan sudah tidak ada biji daun saga yang menempel.
  2. Rebus daun saga dengan air sampai mendidih,
  3. Saring air hasil rebusan daun saga, tunggu sampai hangat
  4. Untuk mengurangi rasa daun, bisa ditambahkan madu asli sesuai selera.

Dalam video dari PrimaKu, dr. Aldilla Faiza, Sp. A juga menjelaskan manfaat minuman daun saga bagi anak – anak. Dr. Aldilla menerangkan bahwa minum rebusan air daun saga bisa jadi alternatif obat batuk untuk anak karena dapat memberikan efek meredakan batuk dan mengencerkan dahak. Namun, obat batuk ini hanya dapat diberikan pada anak yang sudah berusia diatas 2 tahun, karena sudah memiliki refleks batuk yang baik.

Dengan minuman Daun Saga terdapat banyak khasiat dan manfaat yang terkandung di dalamnya, termasuk memperkuat kekebalan alami tubuh kita. Daun saga yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, pantas dijadikan tanaman herbal andalan bagi menjaga kesehatan kita.

Editor: Kuswandi

Tag:  #resep #khasiat #minuman #daun #saga #tanaman #herbal #andalan #menjaga #imunitas #kesehatan #tubuh

KOMENTAR