Asam Lambung Kambuh? Ketahui 5 Jenis Minuman yang Baik untuk Meredakan Asam Lambung, Wajib Dicoba
5 Jenis Minuman yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung./ Sumber foto: freepik.com
19:26
18 April 2024

Asam Lambung Kambuh? Ketahui 5 Jenis Minuman yang Baik untuk Meredakan Asam Lambung, Wajib Dicoba

 - Penyakit asam lambung merupakan kondisi yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dengan rasa terbakar di dada.

Ada beberapa penyebab mengapa asam lambung kambuh, salah satunya yaitu kebiasaan pola makan yang salah seperti makan terburu-buru ataupun sering mengkonsumsi makanan fast food.

Terdapat juga penyebab lainnya dari penyakit asam lambung yaitu adanya faktor stres dan cemas yang berlebihan yang membuat asam lambung menjadi kambuh.

Untuk itu, pengidap dari asam lambung harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar asam lambung tidak semakin parah.

Namun tak hanya makanan saja, ada beberapa minuman juga yang harus dihindari ketika penyakit asam lambung sedang kambuh.

Dilansir dari halodoc dan hellosehat pada Kamis (18/4), berikut ini ada lima jenis minuman yang baik untuk pengidap asam lambung.

  1. Air Kelapa

Minuman yang dapat dikonsumsi ketika asam lambung lagi kambuh yaitu air kelapa karena memiliki kandungan elektrolit seperti kalium yang dapat mampu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Sehingga penyakit asam lambung yang kambuh dapat dikontrol.

  1. Teh Herbal

Selanjutnya yaitu minuman teh herbal karena dapat meningkatkan kinerja pencernaan yang ada di dalam tubuh.

Sehingga asam lambung dapat dicegah dan kamu juga harus menghindari jenis yang mengandung kafein seperti teh chamomile dan licorice agar asam lambung tidak kambuh.

  1. Wedang Jahe

Kamu dapat mengkonsumsi jahe untuk menghambat asam lambung serta dapat menekan bakteri helicobacter Pylori yang dapat memicu munculnya asam lambung.

Untuk itu, kamu disarankan untuk mengkonsumsi wedang jahe secara rutin agar asam lambung reda.

  1. Susu Nabati

Susu nabati memiliki kandungan lemak lebih rendah dari susu pada umumnya serta mudah dicerna.

Ada banyak jenis susu nabati yang dapat kamu konsumsi seperti susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mede.

Kamu dapat mengkonsumsi susu nabati secara rutin agar dapat meredakan gejala asam lambung serta dapat menetralkan cairan asam lambung.

  1. Air Putih

Minuman yang dapat kamu konsumsi ketika asam lambung kambuh yaitu air putih. Kamu dapat meminum air putih sekitar 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas.

Namun perlu diketahui bahwa kamu harus berhati-hati saat minum air putih karena kebanyakan Ph air cenderung netral atau mencapai angka 7.

Seperti yang diketahui bahwa air putih dapat meningkatkan kadar Ph dari setiap makanan yang kamu konsumsi. Mengkonsumsi air putih secara berlebihan juga dapat memicu penyakit asam lambung.

Itu dia informasi mengenai lima jenis minuman yang baik untuk pengidap asam lambung yang wajib kamu ketahui.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #asam #lambung #kambuh #ketahui #jenis #minuman #yang #baik #untuk #meredakan #asam #lambung #wajib #dicoba

KOMENTAR