Berisiko Terkena Penyakit Fotokeratitis, Hindari Terpapar Sinar UV Matahari dengan menggunakan Kacamata Hitam
Ilustrasi seorang perempuan mengenakan kacamata hitam. (Freepik)
13:19
9 April 2024

Berisiko Terkena Penyakit Fotokeratitis, Hindari Terpapar Sinar UV Matahari dengan menggunakan Kacamata Hitam

– Menggunakan kacamata hitam biasanya aksesoris yang menunjang penampilan agar terlihat lebih gaya dan fashionable ketika keluar rumah. Namun dibalik hal tersebut, Kacamata hitam memiliki fungsi yang jarang diketahui.

Kacamata hitam ternyata mampu melindungi mata dari bahaya paparan sinar UV yang berasal dari matahari. Terpapar sinar UV dapat menimbulkan masalah kesehatan, Terutama pada bagian mata dan sekitarnya.

Dianjurkan saat melakukan aktivitas di luar rumah untuk mengenakan kacamata hitam, Terutama saat beraktivitas di bawah terik sinar matahari dirasa terlalu terik hingga membuat mata menjadi tidak nyaman. Dilansir dari Halodoc, Minggu (7/3) berikut manfaat mengenakan kacamata hitam bagi kesehatan mata.

Melindungi mata dari sinar matahari

Saat beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari yang terik dapat mempengaruhi kesehatan mata. Memandang sinar matahari dengan mata telanjang dalam jangka waktu tertentu bisa merusak bola mata.

Ini seperti sinar matahari yang membakar kulit setelah lama berpanas-panasan atau berjemur. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berkendara, di pantai, maupun bekerja di luar ruangan.

Mencegah terjadinya kerusakan pada mata

Dengan menggunakan kacamata hitam, Termasuk cara untuk melindungi kulit di area sekitar mata yang sensitif atau mungkin tidak tersentuh oleh tabir surya, seperti kelopak mata.

Matahari memancarkan radiasi sinar UV yang paling rentan merusak mata. Paparan sinar UV dari matahari bukan hanya bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata, tetapi bagian mata lainnya, seperti kornea, lensa, dan retina juga bisa mengalami kerusakan

Kelopak mata memiliki jaringan kulit yang tipis dan mudah mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih. Dengan rutin memakai kacamata hitam, kerusakan kelopak mata serta munculnya kerutan dan keriput di sekitar mata bisa tercegah.

Mencegah munculnya penyakit mata

kacamata hitam bisa juga untuk mencegah beragam penyakit mata. Hal ini karena radiasi sinar UV terhadap mata bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata. Radiasi sinar UV terhadap mata bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata.

Paparan sinar UV juga diduga menjadi penyebab timbulnya penyakit mata lainnya seperti katarak, pinguecula, pterygium, dan radang lapisan mata, termasuk fotokonjungtivitis dan fotokeratitis.

Perlindungan mata dari paparan sinar UV penting dilakukan untuk mengurangi resiko muncul penyakit. Karena hal itu, menggunakan kacamata hitam dapat mengurangi resiko penyakit mata.

Menghindari risiko terkena fotokeratitis

Fotokeratitis atau photokeratitis adalah kerusakan kornea mata yang terbakar akibat paparan berlebih dari radiasi sinar UV, baik dari sinar matahari atau sumber cahaya lainnya. Jika kornea mata terbakar, hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit, perubahan penglihatan, bahkan hingga kebutaan permanen.

Gejalanya berupa sensasi perih dan mata bengkak akibat kornea yang mengalami peradangan. Itulah mengapa penting sekali menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Namun, jika gejala bertahan lebih dari 2 hari maka segera periksakan diri ke dokter.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #berisiko #terkena #penyakit #fotokeratitis #hindari #terpapar #sinar #matahari #dengan #menggunakan #kacamata #hitam

KOMENTAR