Susah Tidur? Ikuti 7 Jenis Latihan Ini untuk Perbaiki Pola Tidur dan Kalahkan Insomnia
ilustrasi seseorang insomnia. Sumber foto: Freepik
13:38
3 April 2024

Susah Tidur? Ikuti 7 Jenis Latihan Ini untuk Perbaiki Pola Tidur dan Kalahkan Insomnia

Apakah Anda sering menatap langit-langit di malam hari, menunggu untuk tidur? Jika hal ini terjadi setiap hari, Anda mungkin mengalami insomnia, yaitu gangguan yang menyebabkan kesulitan untuk tertidur.

Hal ini sering kali menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung, dan keresahan mental. Jika tidak ditangani, hal ini dapat mengganggu daya ingat dan konsentrasi.

Selain itu, insomnia kronis meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes, dan kanker.

Nah, jika Anda mengalami kelainan ini, dikutip dari Healthshots, Rabu (3/4), berikut beberapa latihan mengatasi insomnia untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

  1. Latihan kardiovaskular

Menurut Sleep Foundation, latihan kardiovaskular atau aerobik dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa kantuk berlebihan di siang hari bagi pengidap insomnia.

Faktanya, aktivitas aerobik intensitas sedang mengurangi keparahan kondisi gangguan pernapasan saat tidur seperti apnea tidur obstruktif.

Anda dapat melakukan aktivitas aerobik seperti jalan cepat, jogging, atau bersepeda di pagi hari agar tidur lebih nyenyak di malam hari.

Pakar kebugaran Chitharesh Natesan menyarankan latihan aerobik intensitas sedang selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat merangsang tidur.

  1. Yoga

Melakukan pose yoga sebelum tidur dapat membuat tubuh dan pikiran rileks, sehingga lebih mudah untuk tidur.

Sebuah studi dari Indian Journal Of Psychiatry menemukan setelah 6 minggu latihan yoga, 57 partisipan pengidap insomnia merasakan penurunan gangguan tidur signifikan.

  1. Latihan kekuatan

Memasukkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas kebugaran harian dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

“Latihan ketahanan seperti angkat beban atau latihan beban tubuh membangun massa otot dan menyeimbangkan hormon, keduanya kondusif untuk tidur nyenyak,” kata Natesan.

Lakukan latihan kekuatan seperti squat, deadlift, dan bench press setidaknya dua hingga tiga kali seminggu agar tubuh Anda pulih di antara sesi.

  1. Tai Chi

Tai Chi, seni bela diri China kuno yang terkenal dengan gerakan lambat dan disengaja, bermanfaat meningkatkan kualitas tidur.

Ini bisa meningkatkan relaksasi, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan yang semuanya berkontribusi pada kualitas tidur lebih baik.

  1. Pilates

Pilates berfokus pada kekuatan inti, kelenturan, dan kesadaran tubuh melalui gerakan terkontrol dan teknik pernapasan.

“Gerakan terkontrol dan penekanan pada kesejajaran membantu melepaskan ketegangan, menenangkan sistem saraf, dan mempersiapkan tubuh untuk tidur yang memulihkan,” jelas Natesan.

  1. Latihan peregangan

Memasukkan rutinitas peregangan ke dalam latihan kebugaran harian memberikan manfaat luar biasa dalam mengurangi insomnia.

Peregangan membantu melepaskan otot-otot tegang, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan relaksasi, semuanya penting untuk mencapai tidur nyenyak.

Berfokuslah untuk menargetkan kelompok otot utama seperti paha belakang, pinggul, dan bahu, tahan setiap peregangan selama 15–30 detik untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Mindfulness

Latihan mindfulness seperti pernapasan dalam dan meditasi meningkatkan relaksasi, mengurangi stres, dan meningkatkan rasa kedamaian batin, yang penting untuk siklus tidur lebih baik.

Sebuah studi dari HHS Public Access menunjukkan meditasi mindfulness memperbaiki pola tidur dan mengurangi risiko seperti insomnia.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #susah #tidur #ikuti #jenis #latihan #untuk #perbaiki #pola #tidur #kalahkan #insomnia

KOMENTAR