Wajib Tahu 8 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuhmu, Salah Satunya Baik untuk Menurunkan Berat Badan
Buah Kesemek atau Persimmon Fruit./Freepik
13:59
31 Maret 2024

Wajib Tahu 8 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuhmu, Salah Satunya Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Buah kesemek atau persimmon fruit merupakan buah yang berasal dari Tiongkok yang telah di taman sejak ribuan tahun yang lalu kemudian menyebar ke negara Asia termasuk Indonesia.

Buah ini berbentuk bulat dan berwarna kuning-orange hingga orange kemerahan, serta memiliki rasa yang cukup manis, buah ini mempunyai nama ilmiah Diospyros Kaki,

Buah kesemek bisa langsung dikonsumsi ketika matang atau bisa mengolesi garam terlebih dahulu supaya rasa sepat pada buah ini bisa hilang.

Buah kesemek dapat tumbuh di daerah dingin atau sejuk sehingga bisa ditemukan pada daerah tinggi seperti daerah Brastagi Sumatera Utara, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Buah kesemek selain mempunyai rasa yang manis, juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari kanal YouTube Dokter Fery TV, buah kesemek mempunyai kandungan vitamin A, B6, B12, C dan D, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, beta karoten dan kandungan lainnya. Serta mengandung antioksidan lutein, zeaxanthin, fisetin, tanin dan flavonoid.

Berikut manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh dikutip dari kanal YouTube Kunci Sehat:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kesemek merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, memproduksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi virus mikroba, jamur dan semacamnya.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Satu buah kesemek mengandung lebih dari setengah kebutuhan vitamin A harian. Selain itu kesemek juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Kedua antioksidan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan dan mencegah berbagai jenis penyakit mata seperti dehidrasi makula.

Dilansir dari laman alodokter, dehidrasi makula adalah gangguan penglihatan yang terjadi pada lansia, ditandai dengan buramnya penglihatan di dekat pusat penglihatan.

Degenerasi makula lebih sering terjadi pada wanita. Penderita akan mengalami gangguan dalam membaca, mengemudi, menulis dan mengenali wajah seseorang.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah esemek juga merupakan sumber serat yang baik, kandungan serat dalam kesemek dapat membantu memadatkan feses, merangsang gerakan peristaltik untuk memindahkan makanan ketika melewati saluran pencernaan, meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan menghilangkan gejala sembelit atau diare, jadi buah dengan serat tinggi ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kesemek dalam memelihara kesehatan jantung berasal dari kandungan antioksidan flavonoid dan tanin yang cukup tinggi.

Antioksidan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta mengurangi peradangan.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Buah kesemek mengandung senyawa alami fisetin, antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Senyawa fisetin mampu meningkatkan memori jangka panjang, mencegah kerusakan saraf dan mencegah penurunan kognitif terkait usia, tidak hanya itu buah kesemek diketahui bisa mengurangi kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke.

Fisetin dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh sehingga bisa mengurangi gejala depresif

6. Mencegah Penuaan Dini

Stres oksidatif dapat menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan keriput bintik-bintik penuaan dan kelelahan, sejumlah vitamin dan mineral dalam buah kesemek seperti vitamin A, beta karoten, lutein, lycopene dan zeaxanthin dapat mengurangi stres oksidatif sehingga bisa menunda penuaan dini.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Selain untuk mengurangi peradangan, antioksidan secara umum berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Fungsi antioksidan bermanfaat untuk mencegah terjadinya berbagai berbagai penyakit kronis termasuk kanker.

Berkat kandungan antioksidan beta karoten di dalamnya buah kesemek dapat menghambat pertumbuhan penyebaran sel kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker usus besar.

8. Turunkan Berat Badan

Buah kesemek yang memiliki berat 168 gram, mengandung karbohidrat sekitar 31 gram. Kesemek merupakan buah yang rendah kalori, sehingga buah kesemek cocok dan ideal untuk dijadikan konsumsi ketika sedang diet.

Tetap imbangi dengan berolahraga secara rutin dan konsumsi air putih yang cukup sehingga program penurunan berat badan yang kamu jalani akan lebih maksimal hasilnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #wajib #tahu #manfaat #buah #kesemek #untuk #kesehatan #tubuhmu #salah #satunya #baik #untuk #menurunkan #berat #badan

KOMENTAR