Kenali Jenis-Jenis Penyakit Kulit Menular, Waspada Penyebab dan Gejalamya
Ilustrasi pengobatan penyakit kulit. (Florida today)
21:24
13 Januari 2024

Kenali Jenis-Jenis Penyakit Kulit Menular, Waspada Penyebab dan Gejalamya

Penyakit kulit merupakan kondisi iritasi atau meradang, yang terjadi pada lapisan luar tubuh. Banyak jenis-jenis penyakit kulit menular maupun tidak menular.

Dilansir dari hellosehat.com, penyakit kulit menular lebih sering terjadi pada masyarakat Indonesia. Biasanya penyebab penyakit itu adalah infeksi jamur, virus, dan bakteri

Penyakit kulit menular terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi, udara, dan penggunaan barang secara bersama. Selain itu, sebagian penyakit berlangsung sementara dan sebagian bisa terjadi terus menerus atau permanen.

Berikut jenis-jenis penyakit kulit dan waspadai penyebab serta gejala yang sering muncul, dikutip dari beberapa sumber. 

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Menular

  1. Kurap

Kurap merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang menular, disebabkan oleh infeksi jamur. Kurap dapat terjadi pada kulit tubuh, kaki, kepala, hingga organ intim.

Penyakit ini terjadi pada bagian tubuh yang hangat dan lembap. Oleh karena itu, penting menjaga kebersihan kulit, khususnya di bagian yang lembap.

Gejala penderita kurap akan mengalami adanya bercak melingkar kemerahan pada kulit, tampak timbul jika dibandingkan dengan permukaan kulit sekitar, dan memiliki tepi yang kasar. 

  1. Cacar Air

Cacar air adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Penyakit ini dapat ditandai dengan munculnya ruam gatal di wajah, kepala, dan seluruh tubuh, biasanya disertai bintik merah muda.

Penularan cacar air dapat terjadi melalui sentuhan antar kulit, ludah maupun lendir yang terinfeksi, bahkan melalui batuk dan bersin. 

  1. Impetigo

Impetigo terjadi akibat infeksi bakteri tertentu di lingkungan sekitar. Biasanya terdapat di handuk, pakaian, tempat tidur, dan peralatan yang digunakan sehari-hari. Pertumbuhan Impetigo akan subur di tempat yang lembap dan hangat. 

Penderita impetigo memiliki gejala awal yaitu merasakan gatal, yang menimbulkan tindakan menggaruk. Tanpa disadari, dengan menggaruk, akan merusak permukaan kulit dan bakteri lebih mudah masuk. 

  1. Herpes

Penyakit kulit yang terjadi karena infeksi virus Herpes Simpleks (HSV), memiliki ciri utama yaitu munculnya luka melepuh di area mulut maupun kelamin.

Berdasarkan area terjadinya infeksi, herpes dibagi menjadi dua, yaitu Herpes Simpleks 1 (HSV-1) dan Herpes Simpleks 2 (HSV-2). 

  1. Cacar Api

Cacar api adalah penyakit kulit yang disebabkan virus Varicella-Zoster. Gejala penyakit ini diawali dengan sederet bintik merah yang terjadi pada bagian pada sisi tubuh, disertai rasa sakit, maupun rasa terbakar. 

Selain itu, gejala lain yang timbul seperti nyeri perut, demam, menggigil, sakit kepala, dan rasa geli di bawah kulit.   

  1. Kutil

Kutil merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan kulit yang berlebih. Penyakit ini terjadi akibat virus Human Papilomavirus (HPV), yang terdapat di atas lapisan kulit.

Pertumbuhan kutil dapat terjadi pada bagian tangan, kaki, dan area kulit yang sering dicukur. Selain itu, HPV dapat menular melalui hubungan seksual dan menginfeksi alat kelamin. 

  1. Kudis

Penyebab kudis berbeda dengan penyakit-penyakit sebelumnya, karena kudis disebabkan tungau kecil Sarcoptesscabei.

Sarcoptesscabei akan menyebar di luar lapisan kulit, menggali, dan menetaskan telur, sehingga kulit akan menjadi ruam disertai gatal. 

  1. Infeksi Jamur Ragi

Umumnya infeksi jamur ragi menyerang organ intim, baik pada laki-laki maupun perempuan. Pada laki-laki, infeksi terjadi di bagian kepala penis, sedangkan pada perempuan tumbuh di bagian vulva. 

Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur ragi yang tidak terkendali, sehingga memicu infeksi penyakit kulit.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #kenali #jenis #jenis #penyakit #kulit #menular #waspada #penyebab #gejalamya

KOMENTAR