7 Daftar Sayur Pengganti Nasi, Alternatif Sumber Karbohidrat yang Lebih Kaya Serat dan Kaya Vitamin
7 Daftar Sayur Pengganti Nasi, Alternatif Sumber Karbohidrat yang Lebih Kaya Serat dan Kaya Vitamin (rawpixel.com / Monika)
12:15
19 Maret 2024

7 Daftar Sayur Pengganti Nasi, Alternatif Sumber Karbohidrat yang Lebih Kaya Serat dan Kaya Vitamin

 

 

 

 

 

Nasi sudah menjadi makanan pokok utama kebanyakan masyarakat Indonesia. Di Tengah tingginya harga beras yang kian tidak stabil, ternyata ada banyak alternatif pangan yang bisa menggantikan beras.

Sumber karbohidrat bukan hanya beras, ada alternatif pilihan sumber pangan lainnya yang memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dengan harga lebih murah.

Umbi-umbian telah umum dikenal sebagai sumber karbohidrat lain selain beras. Namun siapa sangka, terdapat beberapa jenis sayur mayur yang juga mengandung karbohidrat.

Kandungan karbohidrat dalam sayur mayur bisa menggantikan beras sebagai sumber karbohidrat harian.

Sayur-mayur pengganti beras ini juga memiliki kandungan serat dan vitamin yang memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.  

Dilansir JawaPos.com dari berbagai sumber pada Selasa (19/03), berikut ini daftar sayur mayur pengganti beras yang kaya akan serat dan vitamin yang bisa menjadi alternatif pengganti nasi.

  1. Buncis

Buncis merupakan jenis sayuran yang kaya akan serat dan hanya mengandung sedikit kalori. Buncis juga mengandung kandungan protein, vitamin C, dan zat besi.

Buncis bisa diolah dengan cara direbus dengan sedikit air atau ditumis menggunakan sedikit minyak. Buncis juga dipercaya bisa menggantikan beras sebagai pengganti nasi saat diet.

  1. Timun

Timun sebenarnya merupakan jenis buah yang sering dianggap sayur. Jenis buah ini bisa menggantikan nasi karena kandungan karbohidrat yang rendah dan tinggi dengan kandungan air.

Selain kenyang, timun bisa menyegarkan apabila dimakan dengan lauk-pauk yang bersifat pedas. 

Penyajian timun sebagai pengganti cukup sederhana, hanya dengan memotong timun kecil-kecil, timun sudah siap disantap dengan lauk.

  1. Kubis

Kubis sering dijadikan bahan lalapan dalam santapan nusantara. Ternyata kubis juga mengandung sejumlah 12 gram karbohidrat per satu cangkir.

Kubis memiliki sedikit kandungan karbohidrat. Kubis juga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K yang bagus untuk meregulasi pembekuan darah.

Kubis bisa disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil. Hasil potongan bisa terlebih dahulu direbus.

Jika suka dengan tekstur garing kubis, potongan kubis bisa langsung disajikan untuk disantap.

  1. Kembang Kol

Kembang kol sudah menjadi salah satu pangan populer pengganti nasi di kalangan pejuang diet.

Satu porsi kembang kol atau yang setara dengan 57 gram, memiliki kandungan 13 kalori. Dibandingkan dengan nasi dengan porsi yang sama, nasi memiliki kandungan 100 kalori.

Kembang kol dapat disajikan seperti nasi. Direbus terlebih dahulu, kemudian dicincang kecil-kecil seperti sajian nasi.

  1. Wortel

Wortel juga memiliki kalori rendah dan kandungan serat larut yang membuat tubuh kenyang lebih lama.

Selain kandungan karbohidrat, wortel memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata.

Wortel bisa disajikan dengan cara direbus dan dipotong kecil-kecil. Jika suka dengan yang segar, wortel bisa langsung disantap seperti cemilan.

  1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan gizi yang hampir mirip dengan kembang kol. Dalam satu porsi brokoli (57 gram) mengandung setidaknya 15 kalori.

Brokoli juga mengandung vitamin C dan serat. Penyajian brokoli cukup dengan direbus dan diberi sedikit garam agar tidak hambar.

  1. Labu Siam

Labu siam sering digunakan sebagai sayur pelengkap nasi, ternyata labu siam juga bisa dijadikan pengganti nasi itu sendiri.

Labu siam bisa membantu mengurangi glukosa dalam darah. Labu siam juga mengandung potasium yang baik untuk menjaga tekanan darah lebih stabil.

Penyajian labu siam cukup dengan mengukus hingga labu menjadi lunak. 

Demikian daftar sayur-mayur yang bisa dijadikan pengganti nasi. Ada sayur favoritmu? Selamat mencoba.

 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #daftar #sayur #pengganti #nasi #alternatif #sumber #karbohidrat #yang #lebih #kaya #serat #kaya #vitamin

KOMENTAR