Pasien Odontektomi Wajib Tahu! Berikut Anjuran Makanan untuk Pasien Pasca Tindakan Odontektomi dan Tips Mempercepat Proses Pemulihan
Ilustrasi tindakan pencabutan gigi bungsu oleh dokter gigi. (freepik)
19:36
16 Maret 2024

Pasien Odontektomi Wajib Tahu! Berikut Anjuran Makanan untuk Pasien Pasca Tindakan Odontektomi dan Tips Mempercepat Proses Pemulihan

 Odontektomi merupakan prosedur bedah gigi yang melibatkan pengangkatan gigi bungsu atau gigi terpendam lainnya.

Proses ini umumnya dilakukan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut untuk mengatasi masalah kesehatan gigi yang serius, seperti infeksi, impaksi gigi (gigi yang terperangkap di bawah gusi), atau ketidakmampuan gigi untuk tumbuh dengan baik.

Odontektomi biasanya dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal atau umum, tergantung pada kompleksitas kasus dan preferensi pasien. Setelah operasi, pasien perlu mengikuti instruksi perawatan pasca operasi yang ditentukan oleh dokter gigi untuk memastikan pemulihan yang optimal.

Dilansir dari kanal YouTube Dokter Gigi Channel, drg. Juliatri menyampaikan bahwa terdapat beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pasca tindakan odontektomi, yang pertama adalah makanan lunak dan lembut seperti bubur, puding, oatmeal, telur orak arik, mashed potato, dan buah-buahan lembut seperti pisang dan alpukat. Mengkonsumsi makanan yang lembut atau lunak dapat mempermudah untuk proses menelan. Yang kedua adalah makanan cair atau berkuah seperti sup atau kaldu.

Berikutnya mengkonsumsi minuman segar seperti jus buah yang tidak asam juga dianjurkan setelah tindakan odontektomi dilakukan.

Tetapi saat meminum jus tersebut harus menggunakan gelas dan hindari penggunaan sedotan.

Karena hal tersebut dapat memberikan tekanan pada luka pencabutan gigi dan akan memperlambat proses penyembuhan. Selain itu, hal tersebut juga dapat beresiko mengenai luka pencabutan gigi.

Selain itu, makanan bertekstur keras yang sulit dikonsumsi, makanan pedas, makanan atau minuman panas, minuman yang berkarbonasi, merokok, dan minuman alkohol perlu dihindari untuk beberapa waktu kedepan agar tidak menghambat proses penyembuhan.

drg. Juliatri juga menyampaikan tips mempercepat proses penyembuhan pasca tindakan odontektomi, diantaranya adalah konsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter sesuai dengan aturan yang dianjurkan, lakukan pengompresan dengan kompres dingin selama 10 sampai 20 menit untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri, kumur perlahan dengan air garam hangat setelah 24 jam tindakan odontektomi untuk membantu mengurangi pembengkakan, mengatur posisi tidur dengan bantal yang lebih tinggi untuk mengurangi perdarahan, yang terakhir hindari menyentuh luka bekas pencabutan baik menggunakan tangan ataupun lidah karena hal tersebut dapat merangsang perdarahan kembali.

Dengan memperhatikan pola makan yang tepat dan mengikuti pedoman perawatan pasca operasi, pasien odontektomi dapat mempercepat proses pemulihan dan kembali ke aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk rekomendasi yang lebih spesifik sesuai kebutuhan Anda.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pasien #odontektomi #wajib #tahu #berikut #anjuran #makanan #untuk #pasien #pasca #tindakan #odontektomi #tips #mempercepat #proses #pemulihan

KOMENTAR