Wajib Tahu!  5 Manfaat Berhenti Minum Alkohol untuk Kesehatan Tubuh, Penjelasan oleh dr. Nova Veronika
Manfaat Berhenti Minum Alkohol / Youtube @Nova_Veronika
04:06
16 Maret 2024

Wajib Tahu! 5 Manfaat Berhenti Minum Alkohol untuk Kesehatan Tubuh, Penjelasan oleh dr. Nova Veronika

meminum alkohol sudah menjadi kegiatan sehari-hari dan merupakan bagian dari banyak acara atau pertemuan, seperti pesta perayaan ajuga pertemuan bisnis.

Meskipun alkohol bagian dari tradisi sosial namun minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dikutip dari kanal YouTube @Nova_Veronika (3/8), menjelaskan manfaat berhenti minum alkohol untuk kesehatan tubuh.

1. Tidur lebih nyenyak

Berhenti minum alkohol membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Walaupun jika minum alkohol dapat tertidur dengan cepat seringkali menjadi dangkal dan terganggu.

Karena alkohol mengganggu siklus tidur alami khususnya tahap tidur REM yang penting untuk pemulihan fisik dan kognitif.

2. Peningkatan hidrasi

Meminum alkohol bisa membuat dehidrasi karena alkohol adalah diuretic yang menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak.

Tubuh memiliki hormon vasopresin yang menyerap kembali air dari ginjal. Ketika minum alkohol menghasilkan lebih sedikit vasopressin sehingga sedikit juga air yang diserap kembali.

3. Memperbaiki fungsi hati

Konsumsi alkohol secara terus-menerus mengakibatkan kerusakan hati dan berbagai masalah lainnya, seperti alcoholic hepatitis, sirosis hati dan fatty liver.

Berhenti minum alkohol dapat mengurangi tekanan dan beban kerja pada hari sehingga membantu mengurangi peradangan dan memungkinkan sel-sel hati untuk pulih dari kerusakan.

Pada kerusakan hati yang parah karena alkohol akan susah sembuh bahkan permanen.

4. Mengurangi resiko kanker

Alkohol menjadi salah satu carcinogen manusia dalam daftar bahan carcinogenic.

Ketika mengkonsumsi alkohol hati akan memecah alkohol menjadi asetaldehida, yaitu senyawa beracun dan berpotensi carcinogenic.

Asetaldehida berpotensi merusak DNA, meningkatkan tekanan oksidatif, juga mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Sehingga menghambat kemampuan tubuh untuk mengenali sel-sel prakanker dan kanker pada wanita, selain itu juga meningkatkan faktor resiko kanker payudara, kolorektal, tenggorokan, dan hati.

5. Fungsi otak

Ketika berhenti minum alkohol kemampuan otak untuk berkonsentrasi, berpikir jernih dan mengingat informasi akn pulih kembali.

Selain itu juga bisa membantu memulihkan daya ingat jangka pendek dan panjang serta membuat suasana hati dan kesejahteraan mental dapat meningkat lebih baik.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #wajib #tahu #manfaat #berhenti #minum #alkohol #untuk #kesehatan #tubuh #penjelasan #oleh #nova #veronika

KOMENTAR