Hindari Konsumsi Astaxanthin Jika Anda Termasuk dalam Kategori Ini! Ketahui Agar Tak Sebabkan Dampak yang Fatal
Ilustrasi suplemen astaxanthin./freepik/sosiukin
17:22
15 Maret 2024

Hindari Konsumsi Astaxanthin Jika Anda Termasuk dalam Kategori Ini! Ketahui Agar Tak Sebabkan Dampak yang Fatal

Astaxanthin adalah zat alami yang ditemukan di beberapa tumbuhan dan hewan. Biasanya, ganggang merupakan sumber alami dari astaxanthin.

Beberapa makanan laut juga mengandung astaxanthin, dimana zat ini yang memberi warna merah pada salmon dan lobster, serta warna merah muda pada bulu flamingo.

Astaxanthin memiliki sejumlah manfaat yang potensial. Sebagai antioksidan, zat ini dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dengan menangkal radikal bebas.

Selain itu, astaxanthin juga diketahui dapat melindungi jantung dengan mencegah penumpukan plak di arteri dan meredakan kerusakan otot jantung akibat kekurangan oksigen, dimana hal ini terjadi pada individu yang mengalami serangan jantung.

Astaxanthin juga dapat membantu melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Selain itu, dengan kemampuannya mengurangi peradangan dalam tubuh, astaxanthin juga bermanfaat untuk penyakit kronis seperti arthritis rematoid hingga dapat membantu melawan beberapa jenis kanker.

Astaxanthin, meskipun memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, namun, tidak selalu cocok untuk semua orang.

Dengan begitu, penting untuk memahami bahwa ada beberapa kelompok orang yang sebaiknya menghindari konsumsi astaxanthin karena dapat menyebabkan dampak yang tidak diinginkan.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen astaxanthin, penting untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam kategori yang sebaiknya menghindari astaxanthin ataukah tidak.

Dengan memahami siapa saja yang sebaiknya menghindari astaxanthin, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik terkait konsumsi suplemen ini untuk kesehatan Anda.

Dilansir dari WebMD pada Kamis (14/3), hindari mengonsumsi astaxanthin jika Anda alergi atau sensitif terhadapnya. Hindari juga astaxanthin jika Anda alergi atau sensitif terhadap:
● Karotenoid serupa
● Sumber astaxanthin, seperti alga yang memproduksinya

Wanita yang sedang hamil juga harus menghindari konsumsi astaxanthin. Astaxanthin dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda.

Dengan begitu, berhati-hatilah saat mengonaumsinya dan tidak disarankan untuk dikonsumsi jika Anda:

● Memiliki masalah autoimun
● Sedang mengonsumsi obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh Anda

Selain itu, berhati-hatilah juga menggunakan astaxanthin jika Anda memiliki:

● Kekurangan kalsium (kalsium rendah)
● Tekanan darah rendah
● Osteoporosis
● Masalah dengan kelenjar paratiroid
● Masalah hormon

Tak hanya itu saja, gunakan atau konsumsi dengan hati-hati jika Anda sedang mengonsumsi obat yang memengaruhi hormon, seperti inhibitor 5-alpha-reductase, atau jika Anda sedang mengonsumsi obat tekanan darah tinggi.

Konsultasikan dan beri tahu dokter Anda tentang suplemen apa pun yang Anda konsumsi, meskipun suplemen tersebut terbjat dari bahan alami.

Dengan begitu, dokter Anda dapat memeriksa potensi efek samping atau potensi interaksi yang kemungkinan terjadi dengan obat apa pun.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #hindari #konsumsi #astaxanthin #jika #anda #termasuk #dalam #kategori #ketahui #agar #sebabkan #dampak #yang #fatal

KOMENTAR