Mantan Istri Sebut Kurnia Meiga Sakit Mata Karena Kecanduan Miras, Begini Penjelasan Medisnya Menurut Dokter
Kondisi mantan kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga yang mengalami gangguan pada penglihatannya./ TikTok Kurnia Meiga via Jawa Pos
15:36
12 Maret 2024

Mantan Istri Sebut Kurnia Meiga Sakit Mata Karena Kecanduan Miras, Begini Penjelasan Medisnya Menurut Dokter

- Azhiera Adzka Fathir, mantan istri eks kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga membeberkan bahwa penyakit mata yang diderita mantan suaminya itu merupakan akibat dari minuman alkohol.

Hal itu ia ungkap dalam podcast Curhat Bang Denny Sumargo. Kebiasaan Kurnia Meiga dalam hal menenggak minuman keras membuat mantan kiper Arema itu tidak bisa melihat dengan sempurna.

"(Kurnia Meiga sakit mata) itu bukan disantet, tapi dokter bilang karena (minuman) alkohol," tukas Azhiera Adzka Fathir seperti dikutip dari acara podcast Curhat Bang Denny Sumargo.

Jika didasarkan pada apa yang disampaikan oleh Azhiera tersebut, apakah benar minuman beralkohol dapat berakibat fatal pada berkurangnya penglihatan peminumnya?

Dikutip dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, miras memiliki kandungan metanol tinggi yang dapat menyebabkan kebutaan permanen.

“Metanol bila dicerna tubuh akan menjadi formaldehyde atau formalin yang beracun, dan berbahaya bagi kesehatan. Reaksinya dapat merusak jaringan saraf pusat, otak, pencernaan, hingga kasus kebutaan”, ujar dokter spesialis kejiwaan, dr. Eka Viora Sp.J(K) seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan.

Sementara itu, dokter spesialis mata RSUD Dr. Sarjito, dr. Hartono, SpM(K). menjelaskan bahwa tidak ketentuan yang pasti kapan seseorang akan mengalami dampak buruk yang fatal akibat minum minuman keras.

"Kerentanan setiap orang terhadap efek metanol sangat bervariasi tergantung dari sensitivitas individu” ujar dokter spesialis mata RSUD Dr. Sarjito, dr. Hartono, SpM(K).

Ia menambahkan gangguan penglihatan seringkali terjadi dalam waktu antara 18 sampai 48 jam setelah minum metanol, dalam hal ini minuman keras.

Gejala awal akibat metanol antara lain mual, muntah, pusing, sakit perut, sulit bangun tidur, shock, pandangan kabur, hingga bisa mengalami degup jantung cepat dan jatuh pingsan.

Saat sadar, maka gejala-gejala tersebut akan berkurang. Maka disarankan segera dibawa ke rumah sakit dan melakukan cuci darah untuk membersihkan racun di dalam tubuh.

Pengobatan akibat metanol atau minuman beralkohol tersebut tidak ada protokol khususnya. Cara yang ditempuh biasanya diberikan etanol untuk melawan atau menghambat racun metanol.

Selain mengakibatkan kebutaan atau gangguan penglihatan akut pada mata, terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa menurunkan kemampuan berpikir dan gangguan perilaku.

Jika konsumsi berlebihan, maka si peminum bisa hilang kesadaran, kejang, hingga meninggal dunia.

Penyakit serius lainnya yang disebabkan oleh minuman alkohol antara lain, tukak lambung, kerusakan pada hati, hingga komplikasi gangguan psikiatri berat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mantan #istri #sebut #kurnia #meiga #sakit #mata #karena #kecanduan #miras #begini #penjelasan #medisnya #menurut #dokter

KOMENTAR