Inilah Manfaat Minum Air Perasan Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh Termasuk Menurunkan Kolesterol loh!
Manfaat Buah Jeruk Nipis/ Youtube @Dokter_Fery_TV
18:35
10 Maret 2024

Inilah Manfaat Minum Air Perasan Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh Termasuk Menurunkan Kolesterol loh!

Jeruk nipis memiliki bentuk bulat kecil berwarna hijau berkulit lumayan keras dan permukaannya licin.

Pada umumnya jenis buah ini hanya digunakan untuk pelengkap suatu hidangan atau bahan untuk penghilang bau amis pada olahan hewan laut.

Jeruk nipis mempunyai nama latin citrus aurantifolia dan citarasa cenderung sedikit asam. Selain untuk bahan masakan, buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisinya ialah vitamin C, B1, B2, niasin, kalsium, fosfor, zat besi, tembaga dan berbagai macam zat antioksidan.

Dikutip dari kanal YouTube @Dokter_Fery_TV (22/6), menjelaskan manfaat air perasan jeruk nipis untuk kesehatan tubuh termasuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia merupakan kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah melampaui batas normal.

Kolesterol sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan.

Peningkatan kadar kolesterol dalam darah pada umumnya tidak memiliki gejala yang khas, untuk memastikannya harus melakukan pemeriksaan laboratorium.

Terdapat tiga jenis kolesterol, yaitu LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat, HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik, dan trigliserida.

Jenis kolesterol LDL dan trigliserida tidak boleh tinggi atau terjadi peningkatan. Karena beresiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Buah jeruk nipis bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sudah didukung oleh berbagai studi.

Tips mengenai bagaimana membuat air perasan jeruk nipis.

1. Siapkan 3 buah jeruk nipis yang sudah dicuci bersih kemudian potong menjadi dua bagian.

2. Peras jeruk nipis ke dalam gelas.

3. Tambahkan madu dan air hangat secukupnya.

4. Minum dua kali sehari.

Selain itu harus diimbangi dengan tidak merokok, begadang, hindari konsumsi makanan yang yang tinggi lemak, bahan pengawet serta olahraga dan istirahat yang cukup.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #inilah #manfaat #minum #perasan #jeruk #nipis #untuk #kesehatan #tubuh #termasuk #menurunkan #kolesterol

KOMENTAR